Ragam  

Hal-hal Yang Dapat Membatalkan Puasa

Paslen.com – Hai pasleners sahur pertama sudah kita laksanakan dini hari, dan tahukah kamu hal hal yang dapat membatalkan puasa kamu? dan pastinnya kamu juga sudah tahu kali ini paslen.om akan mengulas lagi sebagai pengingat admin dan semoga kita bisa menghindari hal hal yang dapat membatlkan puasa.

Sekarang kita berada Bulan Ramada. Itu artinya, setiap umat Islam wajib menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh untuk menjalankan perintah Allah SWT. Perintah menjalankan ibadah puasa sudah tertulis dalam Alquran surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi sebagai berikut.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Yā ayyuhallażīna āmanụ kutiba ‘alaikumuṣ-ṣiyāmu kamā kutiba ‘alallażīna ming qablikum la’allakum tattaqụn.”

Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Namun, saat menjalankan puasa, kamu harus berhati-hati. Jangan sampai kamu melakukan sembilan hal yang dapat membatalkan puasa Ramadan ataupun Sunnah. Apa saja?

Inilah Hal-hal Yang Dapat Membatalkan Puasa

Makan dan minum dengan sengaja

Hai Pasleners Saat berpuasa, kita diwajibkan untuk menjaga diri dari hawa nafsu serta tidak makan dan minum sejak imsak hingga waktu berbuka. Namun, jika kamu melakukan makan dan minum dengan sengaja, maka puasa yang sedang kamu lakukan batal. Kamu tidak dapat melanjutkan puasa dan berhutang puasa yang bisa kamu ganti di hari lain.

Tapi, jika kamu lupa kemudian makan dan minum dengan tidak sengaja, puasa kamu tidak batal. Kamu bisa segera melanjutkan puasa kembali.

Bersetubuh atau melakukan hubungan suami-istri di siang hari

selanjutnya pasleners Hal yang dapat membatalkan puasa adalah bersetubuh atau melakukan hubungan suami-istri di siang hari dalam keadaan puasa. Melakukan hubungan suami-istri di bulan Ramadan tetap diperbolehkan asalkan dilakukan setelah waktu berbuka atau di malam hari.

Pasleners Selanjutnya Melakukan hal yang dapat memicu muntah atau mengeluarkan kembali makanan dari perut melalui mulut secara sengaja dapat membatalkan puasa. Namun, jika kamu muntah dalam keadaan tidak disengaja, puasa kamu tidaklah batal.

Merokok dengan sengaja

Pasleners selanjutnya Selain makan dan minum, merokok dengan sengaja di siang hari juga dapat membatalkan puasa. Sebab, dalam proses merokok, kita memasukan asap ke dalam tubuh. Hal ini tentu membatalkan puasa.

Memasukan benda ke dalam lubang tubuh dengan sengaja

Selanjutnya Pasleners hal yang membatalkan puasa Bukan hanya merokok, memasukan benda apapun ke dalam lubang tubuh dengan sengaja juga menyebabkan batalnya puasa kita. Lubang yang dimaksud adalah mulut, telinga, hidung, qubul, dan dubur.

Haid atau nifas

Bagi pasleners yang cantik hal yang membatalkan puasa Bagi perempuan, jika di siang hari tiba-tiba saja keluar darah haid atau melahirkan, maka puasa yang sedang dilakukan menjadi batal. Selama masa haid dan nifas, perempuan tidak diperbolehkan untuk berpuasa. Kita diperbolehkan berpuasa kembali setelah masa haid dan nifas selesai. Untuk mengganti puasa yang batal tersebut, kita bisa membayarnya dengan berpuasa di hari lain.

Hal yang membatalkan puasa bagi pasleners laki-laki yang dengan sengaja mengeluarkan air mani atau ejakulasi, maka puasa yang dilakukannya batal. Ia wajib mengganti puasa yang batal itu dengan berpuasa di hari lain.

Itulah hal hal yang membatlkan puasa yang harus kamu hindari yah, jagalah hati dan pikiran dengan hal hal yang positif kamu bisa melakukan hal hal yang positif saat menjalankan ibadah pusa.

Baca juga

Inilah Amalan Utama di Bulan Suci Ramadan

Leave a Reply