Ragam  

Daftar Bisnis Online Tanpa Modal 2021 Yang Harus Kamu Tahu

Paslen.com – Memulai usaha online tanpa modal. Wah, di tengah kondisi saat ini siapa ya yang tidak tertarik dengan hal satu ini? Tenang, hal satu ini benar-benar mungkin kamu wujudkan, kok!

Meski saat ini banyak orang yang disulitkan dengan adanya pandemi, namun laju perkembangan teknologi di tengah kita, ternyata bisa dimanfaatkan untuk meraih pundi-pundi rezeki. Ya, hanya dengan bermodalkan internet, smartphone, kreativitas dan niat yang tinggi.

Pasleners kamu ingin memeulai bisnis online tanpa modal ? ya… kamu bisa menjalankan bisnis ini tapi kamu juga harus memiliki modal sabar dan modal kerja keras membangun segala sesuatunya dangan hati. segala sesuatu yang di bangun dangan rasa sabar dan dengan hati yang teguh bisa menghasilkan buah yang bagus, atau hasil yang bagus.

Salah satu hal yang membuat orang-orang enggan berbisnis ialah tingginya modal yang diperlukan. Beruntungnya, tersedianya koneksi internet pada zaman sekarang memungkinkan kamu memulai bisnis online tanpa modal! Tentunya kamu membutuhkan komputer dan koneksi internet, namun selain itu, yang kamu butuhkan ialah kegigihan serta kreativitas kamu.

Tidak ingin mengeluarkan uang sepeserpun namun ingin berbisnis dengan menggunakan internet? Bisa! Nah, bisnis online seperti apa, sih, yang tidak memerlukan modal? Berikut ialah daftar 12 bisnis online tanpa modal yang bisa kamu coba!

Menjadi YouTuber

Salah satu bisnis online tanpa modal yang paling umum ialah melalui video. Pastinya kamu sering menonton video di beberapa website video seperti YouTube, bukan? Nah, dengan menjadi pembuat video di YouTube atau YouTuber, kamu dapat memperoleh penghasilan yang tidak sedikit! Yang perlu kamu miliki hanyalah komputer dan koneksi internet yang mumpuni.

Pertama-tama, pastinya kamu harus memiliki akun di website video yang diminati. Dalam kasus YouTube, kamu dapat membuat akun secara gratis. Setelah itu, gunakan kreativitas kamu untuk membuat video yang menarik. Kamu dapat membuat video dengan webcam yang sudah terdapat pada laptop, atau bahkan dengan kamera smartphone kamu.

Jika kamu ingin kualitas video yang lebih baik lagi, kamu harus mengeluarkan uang untuk membeli kamera berkualitas tinggi, namun itu tentunya tidak bersifat wajib untuk membuat video online. Setelah video direkam, kamu dapat meng-edit video tersebut dengan beberapa perangkat lunak gratis seperti Windows Movie Maker, Lightworks, Shotcut, dan Avidemux.

Setelah video selesai dibuat, kamu tinggal mendaftarkan akun YouTube kamu untuk dimonetisasi. Pastikan kamu membuat video-video berkualitas, karena jika YouTube menganggap video buatan kamu tidak sesuai, video kamu dapat tidak dimonetisasi. Yang dimaksud dengan monetisasi adalah disertakannya iklan dalam video kamu, sehingga ketika orang mengklik atau menonton iklan tersebut, kamu akan mendapatkan sejumlah uang. Semakin banyak orang yang menonton video kamu dan mengklik iklan pada video tersebut, semakin tinggi pendapatan yang dapat kamu hasilkan.

Usaha dropship

Dropship adalah tipe bisnis yang memungkinkan Anda untuk menjual suatu produk tanpa harus menyetok barang fisiknya terlebih dulu. Nantinya supplier yang akan mengirimkan produk tersebut setelah pembeli menyelesaikan transaksi.

Apakah kamu pernah mendengar istilah dropshipping? Ini adalah jenis usaha di mana kamu menjual barang atas nama kamu, tetapi barangnya dikirimkan oleh pihak lain. Misalnya, kamu memberitahu teman kamu bahwa kamu menjual jaket. Ketika teman kamu berminat untuk membeli jaket yang kamu jual, ia akan membayar sejumlah uang kepada kamu. Kemudian, kamu membeli jaket secara online dari pihak lain dan mereka akan mengirimkan jaketnya ke teman kamu. Tentunya, harga yang kamu tentukan bakalan lebih tinggi dibandingkan dengan harga aslinya supaya memperoleh keuntungan.

Dengan semakin banyaknya perusahaan e-commerce seperti ShopBack di Indonesia saat ini, kamu dapat dengan mudah mengajak salah satu atau bahkan beberapa perusahaan untuk bekerjasama denganmu. Yang menarik dari usaha dropshipping ini adalah, kamu tidak perlu meng-stock barang untuk dapat memulai usaha sendiri. Sehingga, kamu bisa menghemat biaya membeli barang-barang untuk dipajang maupun biaya sewa tempat untuk menyimpan barang-barang tersebut. Dengan keuntungan-keuntungan tersebut, tidak heran jika usaha dropshipping ialah salah satu bisnis online tanpa modal yang paling diminati.

Kalo kamu seorang penulis (konten kreator blog) kamu bisa menjadi penulis yang bayaranya lumayan , memulailah membuat blog kamu sednri dan bangunlah blog kamu dengan tulisan tulisan yang bagus dan membuat informasi yang di butuhkan oleh banyak netizen.

Begini penjelasannya. Ketika Anda memiliki blog, Anda tentu akan menulis konten yang tidak hanya menarik tapi juga bermanfaat. Lalu, pengunjung akan datang ke blog Anda untuk mendapatkan informasi berkualitas yang mereka perlukan.

Semakin banyak pengunjung datang, semakin besar penghasilan yang akan Anda dapatkan. Dari mana? Banyak sumbernya. Anda bisa mendapatkan penghasilan dari iklan. Contohnya dengan bergabung ke platform Google Adsense. Selain itu, tak jarang bisnis yang berani membayar Anda untuk menulis sponsored post. Dan, masih banyak cara lain seperti afiliasi atau menjual produk digital Anda sendiri. Yang tak kalah menarik, Anda bisa memulai bisnis ini tanpa modal sepeser pun.

Apabila Anda jago coding, membuka jasa pembuatan website bisa menjadi bisnis online yang menjanjikan. Alasannya, banyak orang mulai memahami pentingnya website tapi belum mampu membuat website sendiri.

Langkah awal di bisnis ini, bangunlah website yang unik sebagai media promosi dan identitas online Anda. Jangan lupa, bangun branding yang kuat atas keahlian Anda tersebut. Selain itu, Anda perlu lebih jeli dalam memilih target pasar dan menyesuaikan tarif jasa yang dikenakan.

Bisnis online ini bisa Anda lakukan tanpa modal. Pun demikian, menjanjikan keuntungan yang berlipat karena Anda bisa melakukan berbagai pengembangan usaha. Salah satunya, dengan menjadi reseller hosting.

Membuka Jasa Desain Grafis

Seperti halnya dalam hal penulisan, keahlian desain grafis sangat diperlukan oleh dunia bisnis. Contohnya, desain logo, desain kemasan produk, desain brosur dan lainnya.

Membuka jasa desain grafis bisa menjadi ide bisnis online bagi Anda yang memiliki skill desain yang tinggi. Apalagi pekerjaan ini bisa dilakukan dari rumah atau remote.

Untuk mendapatkan konsumen, Anda bisa juga bergabung ke platform freelancer. Di Indonesia, ada Sribu.com yang menjadi salah satu marketplace desain grafis terbesar. Jika ingin menjajal pasar luar negeri, 99designs bisa menjadi pilihan untuk Anda.

Namun, Anda tetap perlu membangun reputasi online Anda melalui sebuah website portofolio. Inilah yang akan menjadi bukti keahlian desain Anda. Selain itu, calon klien tidak akan ragu lagi menggunakan jasa Anda setelah mengetahui hasil karya desain yang ditampilkan.

Menjual informasi

Tidak hanya barang-barang fisik yang bisa dijual, informasi-informasi bermanfaat juga bisa! Melalui blog atau website, kamu dapat menjual berbagai informasi. Salah satu contohnya ialah menjual buku elektronik (e-book) yang kamu tulis mengenai suatu topik tertentu.

Dalam kasus ini, setelah kamu menulis, kamu dapat mengubah hasil tulisan kamu menjadi format PDF atau format lainnya supaya mudah diakses dan tidak dapat dimodifikasi oleh pihak lain. Kemudian, kamu hanya perlu memajangnya dalam website kamu dan mempromosikan tulisan kamu. Jika ada yang tertarik, kamu tinggal mengirimkan file tersebut melalui e-mail kepada yang berminat. Tidak hanya tulisan, kamu juga dapat menjual video pembelajaran yang telah kamu buat!

Menjadi freelancer

Menjual jasa juga dapat menjadi salah satu bisnis online tanpa modal yang menguntungkan. Tergantung kemampuan kamu, kamu bisa menawarkan jasa kamu untuk sejumlah bayaran. Suka menulis? Kamu bisa jadi penulis lepas. Suka coding? Programmer lepas bisa menjadi pilihan. Apapun kemampuan yang kamu banggakan, kamu dapat mengubahnya menjadi sumber pendapatan.

Untuk meningkatkan kemungkinan orang-orang menggunakan jasa kamu, kamu dapat menggunakan website khusus pencari freelancer seperti Sribulancer. Selain itu, kamu juga dapat bergabung dalam grup-grup freelancer di berbagai media sosial. Jika kamu baru memulai, sebaiknya mulai dulu dengan pekerjaan-pekerjaan sederhana dengan bayaran yang tidak terlalu tinggi. Setelah pengalaman kamu semakin banyak, orang-orang akan semakin percaya akan kemampuan kamu, dan kamu dapat mulai mencoba pekerjaan-pekerjaan yang lebih sulit dengan bayaran yang pastinya lebih tinggi!

Bisnis-bisnis online tanpa modal di atas dapat dilaksanakan hanya dengan komputer dan koneksi internet. Namun, jika kamu bersedia mengalokasikan sedikit dana anda untuk fasilitas pendukung seperti kamera yang lebih baik atau domain untuk situs kamu, kamu dapat meningkatkan kemungkinan sukses bisnis kamu secara signifikan.

Jual jasa konsultasi

Merasa jago di sebuah bidang? Ini saatnya kamu menjual kahlianmu, nggak perlu malu karena cara ini bisa menambah pundi-pundi tabunganmu. Contohnya kamu ahli dan mengerti mengenai SEO atau Search Engine Optimization, keahlianmu ini bisa berharga mahal. Kamu bisa menawarkan jasa konsultasi online-mu ini lewat berbagai channel lho.

Penerjemah

Bisnis yang satu ini juga bisa kamu lakukan tanpa modal, kamu hanya perlu keahlianmu saja. Sekarang ini banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penerjemah bahasa baik dari bahasa asing ke bahasa Indonesia ataupun sebaliknya. Kalau kamu lulusan sastra keahlianmu yang satu ini bisa dimanfaatkan nih. Nggak perlu ribet soal jam kerja karena kamu bisa mengatur jam kerjamu sendiri. Merasa kurang yakin dengan kemampuan? Coba tawarkan dulu keahlianmu ini ke kerabat terdekat, kumpulkan portofolio setelah yakin tawarkan jasamu ke perusahaan yang membutuhkan.

Fotografi

Sama seperti desain, fotografi juga salah satu keahlian yang bisa menghasilkan uang di zaman sekarang ini. Seperti yang kamu ketahui hampir setiap momen dan acara bisa diabadikan dengan sebuah foto. Makanya nggak salah kalau kamu memikirkan hal yang satu ini sebagai bisnis tambahan. Walaupun nggak seratus persen tanpa modak, keahlian fotografi ini sangat bisa menguntungkan lho.

Admin sosial media

Pernah terpikirkan untuk menjadi mimin sosmed? Kalau kamu suka bermain sosial media nggak ada salahnya memberanikan diri mencoba menjadi admin sosial media. Pekerjaan yang satu ini memang terbilang baru tapi sangat dibutuhkan lho. Apalagi sekarang sudah mulai menjamur akun-akun sosial media untuk berjualan. Kamu hanya perlu mengasah keahlian untuk membuat konten menarik.

Beginilah Daftar Bisnis Online Tanpa Modal 2021 Yang Harus Kamu Tahu, semoga kamu bisa mengambil ilmu yang bermanfaat dari paslen.com . selamat mencoba dan selamat menjalankan bisnis online tanpa modal yang bisa kamu lakukan.

Leave a Reply