5 Fitur Terbaru Google di Perangkat Android

Paslen.com – Kali ini akan membahas 5 Fitur Terbaru Google di Perangkat Android, dimana akhir tahun ini google memberikan update terbarunya untuk fitur di Android. Google adalah perusahaan raksasa yang menguasai teknologi, hampir semua orang diseluruh penjuru dunia mengenal Google. Terutama dalam halam mesin pencarian, Google termasuk mesin pencari number one yang sudah tidak asing lagi dikalangan penggunanya.

Ingin mencari dan belajar apapun, saat ini kita tinggal tulis saja digoogle dan langsung muncul yang kita cari tersebut. Cukup hebat bukan, jadi bisa dikatakan google ini sebagai perpustakaan maya. Yang bisa kita akses dengan teknologi Internet dari Smartphone / laptop. Google bukan hanya sekedar mesin pencari saja, tapi youtube, Google map, g-drive, Google meet, email, blogger dan masih banyak lagi yang lainnya merupakan bagian dari Google.

Dan saat ini Google mengeluarkan fitur terbarunya untuk Android, berikut ini 5 Fitur Terbaru Google di Perangkat Android yang perlu kamu ketahui :

  • Penambahan Jumlah Emoji di Emoji Kitchen

Google akhirnya meningkatkan jumlah stiker emoji khusus yang tersedia di Gboard. Dari jumlah sebelumnya yang hanya ratusan, kini berkembang menjadi lebih dari 14 ribu. Nantinya, pengguna dapat mengetuk dua emoji untuk melihat kombinasi yang telah disarankan, atupun menggandakan satu emoji untuk melihat variasi yang lebih instens. Google menyampaikan bahwa aplikasi ini dapat digunakan bagi mereka yang menggunakan minimal Android 6.0 dan akan tersedia dalam beberapa minggu mendatang.

  • Narator Baru di Play Book

Google akhirnya meningkatkan narator pada layanan Play Book, jika dahulu tidak semua buku tersedia dalam bentuk audio, kini dengan peningkatan narator, maka akan semakin banyak audio buku di Play Store. Fitur Narator baru ini telah tersedia dalam versi beta dan akan tersedia di semua penerbit pada awal 2021.

  • Navigasi Voice Access

Penyempurnaan fitur juga diterapkan pada Voice Access. Dengan bantuan pembelajaran mesin, menungkinkan elemen UI seperti tombol dan label akan lebih mudah dimanipulasi dengan suara. Fitur ini telah tersedia di Android 11 dan semua perangkat yang menjalanakan minimal Android 6.0. Dengan adanya fitur ini diharapkan dapat memudahkan pengguna yang memiliki keterbatasan dan dapat memanfaatkan suara untuk penggunaan ponsel. Voice Access saat ini versi beta telah tersedia dan dapat digunakan.

  • Go Tab

Go Tab merupakan fitur yang terdapat pada Maps. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk petunjuk arah ke berbagai tempat di area sekitar pengguna dengan lebih cepat. Semua riwayat perjalanan pengguna di Maps akan tersimpan dan memudahkan fitur untuk menganalisis lokasi tujuan anda dengan lebih cepat.

Dengan tab Mulai maka akan muncul petunjuk arah, gangguan serta kondisi lalu lintas dan perkiraan waktu kedatangan. Bagi pengguna transportasi umum, pengguana dapat memasang pin pada rute untuk melihat waktu keberangkatan serta kedatangan ataupun penundaan. Google juga menyarankan para penggunanya untuk menyematkan opsi mengemudi dan transportasi umum ke tujuan yang sama untuk melihat mana yang akan lebih cepat ke tujuan.

  • Nearby Share

Pengguna Android kini akan semakin mudah saat ingin mengirim aplikasi ke perangkat lain. Dengan fitur Nearby Share, maka pengguna dapat mengirimkan aplikasi dengan metode apapun yang paling cepat oleh kedua ponsel meskipun tidak sedang terhubung ke jaringan internet. Seperti Bluetooth, Bluetooth Low Energy, WebRTC, atau Wi-Fi peer-to-peer.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, pengguna harus membuka menu “Bagikan Aplikasi” pada “Kelola Aplikasi dan Game” lalu pilihlah aplikasi yang akan dibagikan. Jika pengguna lain menerima aplikasi yang masuk, maka aplikasi akan terkirim. Pembaruan ini nantinya akan dimulai dalam beberapa minggu mendatang.

Dilansir dari The Verge, diluar dari kelima fitur baru yang tengah dikembangkan. Saat ini Google juga tengah mengembangkan Android Auto di lebih dari 36 negara baru. Layanan ini nantinya dapat menghadirkan aplikasi serta layanan favorit pengguna dari ponsel ke layar mobil. Ponsel dengan Android 10 atau yang lebih baru dapat disambungkan ke mobil. Sedangkan untuk ponsel Android 9 atau versi lama, dapat mengunduh aplikasi Android Auto.

Itulah 5 Fitur Terbaru Google di Perangkat Android, semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi bahan referensi buat kamu. Pastikan perngakat Android kamu terupdate ya, agar bisa menikmati fitur-fitur terbaru dari Google. Sampai disini dulu ya pembahasannya, jangan sampai ketinggalan informasi-informasi terupdate berikutnya. Sampai jumpa.

Leave a Reply