Alexa Rank Ditutup?

  • Share

Paslen.com – Hai pasleners Sesuai namanya, Alexa Rank adalah global ranking system yang mengukur peringkat jutaan situs web berdasarkan popularitas. Ranking sebuah website dihitung berdasarkan dari perkiraan pengunjung unik harian rata-rata dan jumlah pageviews selama 3 bulan terakhir. Penasaran bagaimana Alexa Rank menentukan peringkat sebuat website, bagaimana cara menghitung atau meningkatkan ranking website, dan apakah penghitungannya akurat dan apakah benar Alexa Rank situs global ini akan ditutup?

Alexa Rank pertama kali diperkenalkan pada tahun 1998. Ini adalah salah satu anak perusahaan Amazon.com yang menggunakan data trafik web untuk membuat daftar website paling populer. Secara harfiah, Alexa Rank memberi peringkat jutaan situs web dalam urutan popularitas. Menurut blog resmi Alexa, semakin rendah peringkat website kamu di Alexa, maka tingkat popularitas website kamu kian tinggi.

Bagaimana Cara Kerja Alexa Rank? Peringkat Alexa dihitung dengan menggabungkan taksiran trafik website serta keterlibatan pengunjung (engagement) selama tiga bulan sebelumnya. Trafik dan keterlibatan diperkirakan dari data yang disediakan oleh toolbar. Ini memonitor perilaku penjelajahan pengguna yang bertindak sebagai sampel dari semua pengguna internet.

Jika kamu ingin menyumbangkan data ke peringkat, kamu hanya perlu mengunduh dan menginstal toolbar Alexa.

Bagaimana Alexa Rank Dihitung? ,Menurut situs web resmi Alexa, peringkat dihitung menggunakan kombinasi taksiran rata-rata pengunjung unik harian ke situs dan taksiran jumlah tampilan laman (pageviews) di situs selama 3 bulan terakhir. Data untuk sistem peringkat didasarkan pada trafik yang disediakan oleh “panel data global”. Data ini dikumpulkan dari pengguna internet yang menggunakan salah satu ekstensi browser yang tersedia untuk Google Chrome, Firefox, Internet Explorer, dan lainnya.

Algoritme peringkat Alexa mengaudit situs dan menghitung frekuensi kunjungan. Jika pengguna yang sama mengunjungi situs web lebih dari sekali pada hari yang sama, itu dihitung sebagai satu kunjungan.Toolbar akan menampilkan Alexa Rank dari website yang dikunjungi, juga akan mengirim data trafik ke server pusat, merekam alamat IP dan URL yang kamu kunjungi.

Alexa Rank Ditutp?

Dikutip dari cnn.com , Anak perusahaan Amazon, Alexa.com akan menghentikan layanannya pada 1 Mei 2021. Alexa.com merupakan salah satu website pengukur ranking situs yang sudah eksis selama 25 tahun.
Selain menjadi pengukuran ranking situs secara global, Alexa.com juga menyediakan tools untuk analisis kompetitor dan Search Engine Optimization (SEO) yang berbayar. Alexa.com dibentuk Amazon pada 1996 untuk membantu pengguna internet mencari, mencapai, dan mengkonversi audiens digital melalui serangkaian perangkat analisis yang dimilikinya.

Perusahaan ini didirikan oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat pada 1996 dan diakuisisi Amazon tiga tahun kemudian. Pendirinya menamai situs tersebut untuk menghormati Library of Alexandria, salah satu perpustakaan terbesar di zaman kuno.

Alexa bekerja dengan melakukan perkiraan traffic yang didasarkan pada data dari panel traffic global milik mereka. Data tersebut merupakan sampel dari jutaan pengguna Internet yang menggunakan salah satu dari sekian banyak ekstensi yang terhubung ke peramban.

Selain itu, Alexa mengumpulkan data traffic dari sumber langsung dalam bentuk situs yang telah memilih untuk memasang skrip Alexa di situs mereka. Namun, pemilik situs selalu dapat memilih untuk merahasiakan metrik tersertifikasi milik mereka. Kemudian sistem peringkat global yang dibuat Alexa menggunakan metodologi yang menggabungkan perkiraan rata-rata pengunjung harian situs dan perkiraan jumlah tampilan halaman selama 3 bulan terakhir.

Dilansir dari Tech Target, secara garis besar Alexa memiliki beberapa fungsi, yakni melihat data situs-situs teratas, melihat data traffic seperti ranking dan bounce rate (untuk situs yang tidak berada di daftar teratas), mengunduh Alexa toolbar untuk melakukan analisis, dan membuat toolbar terkustomisasi.

Sedangkan Alexa Pro, layanan berbayar yang disediakan Alexa menyediakan tiga tingkatan. Pada tingkatan yang lebih tinggi, pengguna mendapatkan tools yang lebih canggih untuk melakukan analisis, seperti kehadiran fitur audit situs secara periodik.

Dengan tutupnya Alexa pada Mei mendatang, membuat sejumlah pengguna yang menggunakan layanan mereka perlu mencari platform alternatif. Berikut daftar platform serupa Alexa.com:

  • similarweb.com
  • semrush.com
  • ahrefs.com
  • moz.com
  • compete.com
  • trafficestimate.com
  • statbrain.com
  • statsaholic.com
  • internettrafficreport.com
  • comscore.com

Baca Juga
8 Unsur Yang Penting Dalam Membuat Website
Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsinya
Tips Membangun Website Yang Menarik Punya Sendiri

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: