Daftar Password Terbanyak Dan Terlemah, Inilah Tips Membuat Password

  • Share

Paslen.com – Password terbanyak dan terlemah yang ada di tahun 2021. Kamu memiliki akun dan passeordnya 123456 ? ganti sekarang juga dengan kata sandi yang rumit agar tidak peretasaan, atau memudahkan orang lain menyusupi ruang akun kamu. Menurut laporan mengenai daftar password terbanyak dan terburuk pada tahun ini sudah dirilis. Lagi lagi , seperti tahun lalu sebelumnya, password “123456” menjadi urutan paling atas yang banyak digunakan.

Kata sandi (Password) terbanyak dan terburuk bahkan terlemah kedua adalah ‘123456789” dan menyusul diurutan ketiga yaitu ‘piture1’ data ini diperoleh dari laporan penyedia solusi password manager nodPass. Mereka mengenalisa yang menggunakan password terbanyak terlemah dan terburuk ada sebanyak 275.699.516 password yang bocor selama 2020.

Menurut nordpass, sepertu yang dilansir dari ZDNet (11/19/20), Para penjahat siber hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 atau 2 detik membobol akun yang memakai krednisial-kredinisial lemah. Lanatas untuk password sejenis ‘piture1” butuh waktu sekitar 3 jam untuk meretasnya serangan brute-froce, atau juga hanya memakan waktu beberapa detik jika memakau Teknik dicionary script.

Kendati memakan wakttu beberapa jam, password dengan kombinasi huruf dan angka seperti “picture1” masih dikategorikan dengan kata sandi yang paling lemah. Agaknya, kombinasui password apapun tetapi masi dikategorikan segai kata sandi yang masi sangat mudah diingat, tidak cukup untuk melindungi data pengguna meskipun sudah di campur dengan angka, hurif besar, atau karakter.

Selain ketiga password umum diatas , password umum lainnya yang lima besar adalah ‘’Password” urutan ke-4 dan 123456” di nomor 5. Atrar lengkap password terbanyak dan terburuk di tahun 2020 bisa di lihat di situs web resmi nordpass.

Tips Membuat Password

Password yang Aman Untuk menghindari serangan brute force dan dictionary, pengguna membutuhkan password yang kuat namun juga mudah diingat. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan pengguna agar lebih bisa melindungi data dari serangan penjahat siber. Dikutip dari blog resmi Avast selaku perusahaan keamanan siber, demikian beberapa tips yang dimaksud: Jangan memakai angka atau huruf yang sekuensial dan jangan membuat password yang memasukkan data personal seperti nama atau tanggal lahir. Buat password yang panjang, minimal 15 karakter. Kombinasikan berbagai karakter (huruf besar, huruf kecil, angka, simbol). Namun menilik dari laporan NordPass di atas, buat kombinasi yang sulit dan tidak mudah diingat. Hindari angka yang menjadi pengganti huruf, misalnya SELAMAT menjadi S3L4M4T. Jangan pula memakai urutan huruf atau angka yang ada di keyboard, misalnya “qwerty”.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: