Inilah Spek Komputer yang Harus Kamu Miliki Jika Ingin Mengupgrade Windows 11

  • Share

paslen.com – Hai pasleners sobat teknolgi, kini microsoft akhirnya resmi meluncurkan windows 11, sistem oprasi teranyar penerus win 10 sistem oprasi anyar ini akan muali di rtilis secara bertahap, di muali pada akhir tahun 2021. Jika kamu memang ingin mengupgrade sistem oprasi windows 10 ke windows 11 ini kamu harus meiliki spek komputer yang lumayan, minimal CPU: System-on-Chip (SoC) atau CPU 64-bit dengan dua inti (dual core) atau lebih dengan kecepatan minimal 1 GHz . untuk kamu yang sangat mengnyukai dengan kemajuan teknologi sebentar lagi akan merasakan dari sistem oprasi windows 11 ini. Microsoft sendiri juga telah mengkonfirmasi, bahwa nantinya sistem oprasi windows 11 yang terbaru ini juga dapat diunduh secara cuma cuma oleh pengguna windows 10.

Namun, agaknya pengguna windows 10 harus menunggu lebih lama untuk mendaptkan windows 11 secara geratis, setidaknya hingga pertengahan 2020 bila mnau menunggu up[date optomatis dari microsoft, untuk pengguna windows 10 memang harus mempunyai kesabaran yah jikalau ingin diupdate secara gratis

Dikutip dari kompas.com Pasalnya, upgrade bertahap Windows 11 untuk pengguna Windows 10 saat ini baru akan dimulai pada awal tahun 2022. Sedangkan pada perilisan awal yang dimulai pada akhir tahun ini, agaknya hanya dikhususkan untuk komputer personal (PC) keluaran terbaru saja. Hal ini terungkap dari kicauan Windows di akun Twitter resminya.

“Windows 11 akan dirilis nanti pada tahun 2021 dan akan dikirimkan selama bertahap dalam beberapa bulan. Upgrade Windows 11 untuk perangkat Windows 10 yang digunakan hari ini, akan dimulai pada 2022 hingga paruh pertama tahun itu,” twit Windows.

“Windows 11 akan dirilis nanti pada tahun 2021 dan akan dikirimkan selama bertahap dalam beberapa bulan. Upgrade Windows 11 untuk perangkat Windows 10 yang digunakan hari ini, akan dimulai pada 2022 hingga paruh pertama tahun itu,” twit Windows.Karena diluncurkan secara bertahap, sebagian pengguna Windows 10 kemungkinan harus menunggu hingga satu tahun mendatang, atau hingga Juni 2022.

Ini mengingat pembaruan software otomatis Windows 11 akan diutamakan didistribusikan pada perangkat Windows 10 yang paling kompatibel terlebih dahulu. Tujuannya untuk mencegah pembaruan software terbaru di-install pada perangkat Windows 10 yang kemungkinan tidak kompatibel dan memiliki masalah.

Bila tak sabar menunggu pembaruan otomatis, pengguna Windows 10 yang kompatibel bisa mengunduh Windows 11 versi final secara manual melalui file ISO, sebagaiman dihimpun KompasTekno dari TechSpot, Selasa (29/6/2021).

Namun, sebelum melakukan proses instalasi, pengguna Windows 10 harus memastikan terlebih dahulu bahwa perangkat miliknya sudah memenuhi persyaratan spesifikasi minimum untuk menjalankan OS Windows 11.

Adapun kebutuhan spesifikasi komputer untuk Windows 11:

  • CPU: System-on-Chip (SoC) atau CPU 64-bit dengan dua inti (dual core) atau lebih dengan kecepatan minimal 1 GHz
  • RAM: 4 GB
  • Storage: 64 GB System
  • firmware: UEFI, mendukung Secure
  • Boot TPM: Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0
  • GPU: Mendukung DirectX 12 atau yang lebih baru dan driver WDDM 2.0
  • Display: Layar yang lebih besar dari 9 inci dengan resolusi HD (720p) yang mendukung sistem warna 8-bits per channel
  • Syarat lainnya: Koneksi internet dan akun Microsoft Atau, pengguna juga bisa dengan mudah memasang aplikasi PC Health Check dari Microsoft untuk mengetahui apakah perangkat mereka bisa dipasang Windows 11 atau tidak.

Langkah-langkah untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi tersebut bisa disimak di tautan berikut ini. Untuk tahap awal, Microsoft sebenarnya memberikan kesempatan bagi para pengembang untuk menguji Windows 11 melalui program Windows Insider Program. Mereka yang terdaftar di Windows Insider dapat mencicipi Windows 11 versi beta dalam waktu dekat. Build Windows 11 Insider pertama dijadwalkan rilis akhir pekan ini.

Baca Juga : Kabar Terbaru datang dari iPad Mini yang Kini Akan Menyematkan Teknologi Liquid Retina Display

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: