Konfigurasi Firewall Jaringan di Cisco Packet Tracer – AIJ

Paslen.com – Hallo pasleners, pada pembahasan kali ini kami akan berbagi tutorial tentang konfigurasi firewall menggunakan aplikasi cisco packet tracer. Sebelum memasuki langkah-langkah konfigurasi tentunya kamu sudah tahukan apa yang dimaksud firewall itu?

Firewall adalah sistem keamanan jaringan komputer yang digunakan untuk melindungi komputer dari beberapa jenis serangan dari komputer luar. Firewall merupakan suatu cara untuk memastikan bahwa data pada komputer atau server Web yang terhubung tidak akan bisa diakses siapa saja di Internet. Pihak lain yang mengakses informasi pribadi atau mengubah situs Web anda akan di blokir oleh Firewall.

Firewall juga merupakan seperangkat program yang saling terhubung, yang berada di server gateway jaringan, yang berfungsi untuk melindungi sumber daya dari jaringan pribadi dari pengguna dari jaringan lain. Dengan intranet suatu perusahaan memungkinkan pekerjanya mengakses ke Internet lebih luas menginstal firewall untuk mencegah orang luar mengakses sumber daya pribadi untuk mengendalikan data.

Firewall, pada dasarnya bekerja sama dengan program router yang memeriksa setiap paket jaringan supaya dapat menentukan apakah akan maju ke arah tujuannya. Firewall juga bekerja dengan proxy server yang membuat permintaan jaringan atas nama pengguna workstation. Komputer yang dirancang khusus terpisah dari sisa jaringan sering diinstal Firewall, sehingga tidak ada permintaan yang masuk bisa langsung pada sumber daya jaringan pribadi.

Berikut ini langkah-langkah konfigurasi firewall jaringan di cisco packet tracer yang bisa kamu coba praktikkan :

Itulah langkah-langkah dan cara konfigurasi firewall jaringan pada aplikasi cisco packet tracer baik itu versi mobile ataupun versi desktop (komputer). Sampai jumpa dipembahasan dan materi-materi berikutnya. Terimakasih.

Leave a Reply

%d bloggers like this: