Spesifikasi dan Harga dari PlayStation 5 (PS5) dan PS5 Digital Edition 2020

  • Share

Paslen.com – Pada ulasan kali ini akan membahas sekilas tentang PlayStation 5 produk teranyar yang akan di rilis oleh Sony. Sekian Lama sudah ditunggu-tunggu oleh para pecinta gamers, khusunya pecinta PlasyStation, dan Sony akhirnya resmi mengungkap harga dan waktu peluncuran dari duo konsol next-gen PlayStation 5 ( PS5) dan PS5 Digital Edition.

Yakni tersedia PS5 versi “reguler” memiliki banderol harga sebesar 499 dollar AS atau senilai Rp 7,3 juta, dan untuk PS5 versi digital, Sony mematok harga yang lebih terjangkau, yakni 399 dollar AS (Rp 5,9 juta).

Kedua model konsol tersebut akan diluncurkan secara perdana pada 12 November mendatang di sejumlah negara, seperti Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan. Menyusul satu pekan setelahnya, yakni pada tanggal 19 November, barulah konsol penerus PS4 tersebut akan dijual secara global. Di luaroptical drive Blu-ray yang absen di versi digital, PS5 reguler dan Digital Edition memiliki spesifikasi yang serupa.  Keduanya sama-sama dibekali prosesor AMD Zen 2 dengan 8 inti CPU (16 thread)berkecepatan 3,5 GHz, beserta RAM 16 GB (GDDR6/256-bit).

Pengolah grafisnya mengandalkan GPU AMD Radeon RDNA 2 custom yang memiliki 36 Compute Units (CU) berkecepatan 2,23 GHz dengan daya komputasi sebesar 10,28 Teraflops. Sony turut mengganti jenis komponen media penyimpanan PS5, kini menggunakan SSD (solid-state drive) yang memiliki kecepatan write/read lebih ngebut dibanding HDD. SSD PS5 dibuat khusus oleh Sony untuk PS5 dan memiliki kapasitas 825 GB yang masih bisa diperluas lagi dengan SSD tambahan.

Dengan demikian, PS5 diklaim menyelesaikan loading game hanya dalam hitungan detik, jauh lebih gegas dibanding PS4 yang masih mengandalkan HDD (hard-disk drive). Demi meningkatkan pengalaman gaming yang lebih nyata, konsol ini juga telah mendukung resolusi hingga 8K, meningkat dari PS4 yang mendukung resolusi maksimal 4K.

Perbedaan utama antara PS5 versi reguler dan versi digital terlihat pada versi reguler adanya drive cakram, sedangkan pada PS5 Digital Edition tidak memiliki slot/drive cakram optik di bagian depan. Artinya, pengguna PS5 Digital Edition tidak dapat memainkan game menggunakan cakram Blu-ray fisik, melainkan hanya dapat menjalankan game versi digital yang diunduh lewat PS Store. Ini turut berdampak pada segi desain. Dengan menghilangkan drive cakram optik, PS5 versi digital memiliki bodi yang lebih ramping dibandingkan dengan PS5 versi reguler. Tidak ada bagian yang “menggembung” di tempat slot Blu-ray berada.

Tombol-tombol yang menghiasi bodi PS5 versi digital juga akan lebih sedikit. Hanya ada tombol daya saja untuk menyalakan/mematikan konsol, tidak ada tombol Eject untuk mengeluarkan cakram Blu-ray.

Berikut ini ulasan lebih lengkapnya spesifikasi beserta harga darri PlayStation 5 dan PS5 Digital Edition :

Itulah ulasan singkat spesifikasi dan Harga PlayStation 5 (PS5) dan PS5 Digital Edition produk dari Sony. Sebelum pasleners memutuskan untuk membeli, silakan pilih sesuai kebutuhan dan  budget yang cocok, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi. Terimakasih.

Dikutip dari tekno kompas pada 05/11/2020.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: