Tips Fotografi Smartphone Terbaru 2020

  • Share

Paslen.com – Smartphone sekarang sudah mempunyai teknologi yang bagus dan keren untuk memotret. fotografi smartpone sangat bisa sekali mendapatkan potretan yang bagus, karena kebanyakan smartphone di tahun 2020 ini sudah memiliki camera yang bagus bahkan bisa dibilang sangat bagus kalo smartphonenya diangka puluhuan juta.

Untuk kamu yang sangat senang dengan dunia fotografi menggunakan semrtphone ini harus memperhatikan beberapa tips untuk memiliki hasil poto yang keren, bukan hanya dengan menggunakan kamera smartphone yang bagus saja hasil poretannnya bisa bagus , akan tetapi ada beberapa tips lagi yang sangat penting untuk memaksimalkan hasil potretan yang menunjang. InilahTips Fotografi Smartphone Terbaru 2020

Pahami Komposisi Fotografi

Apa Itu Komposisi Foto?
Komposisi merupakan kesatuan yang harmonis dari elemen-elemen pendukung foto dengan meletakkan komposisi tepat pada tempatnya sehingga pas dan enak untuk dilihat.

Komposisi fotografi – seperti halnya komposisi dalam bidang seni apapun – adalah ibarat selera akan makanan, semua kembali ke preferensi masing-masing. Jadi sebenarnya tidak ada aturan baku dalam teknik komposisi di bidang fotografi. Bahkan Steve McCury mengatakan, untuk mendapatkan sesuatu yang kreatif, aturan yang ada malah harus dilanggar. Namun begitu, ada beberapa panduan yang bisa kamu pelajari untuk memperbaiki komposisi foto kamu agar foto terlihat lebih menarik dan kreatif.

Pastikan Cahaya yang Menerangi Objek Cukup

Minimnya cahaya akan memaksa kamera untuk mem-push ISO ke tingkat yang lebih tinggi. Imbasnya, foto akan terlihat berbintik dan buram atau istilahnya noise.Jadi, usahakan lokasi pengambilan foto tersedia cahaya yang cukup. Coba nyalakan lampu jika ada atau buka jendela agar sinar matahari bisa leluasa masuk ke dalam ruangan.Kalau tidak ada juga, aktifkan flash di kamera kamu.

Jangan Gunakan Digital Zoom, Mendekatlah ke Objek

Jadi gini, di dalam dunia fotografi – terutama jaman kamera pocket – ada yang namanya digital zoom dan optical zoom.

Digital zoom sebenarnya zoom bohong-bohongan yang merupakan fitur gimmick dari produsen kamera. Digital zoom “memaksa” objek mendekat dengan cara memperbesar foto secara digital, hasilnya foto bakal buram dan pecah.

Pada Kondisi Tertentu, Gunakan HDR

HDR merupakan singkatan dari High Dynamic Range, kalau diartikan secara sederhana artinya ada perbedaan tingkat kecerahan yang jauh antara bagian yang terang dan bagian yang gelap.

Pemotretan dengan mode Standard, hasil yang didapat bakal seperti gambar sebelah kanan di atas, sementara jika mode HDR diaktifkan, maka perbedaan gelap terang foto bisa diminimalisir sehingga hasilnya akan lebih detail seperti gambar sebelah kiri. Mode ini juga biasa digunakan saat pemotretan sunset atau sunrise.

Jangan Goyang, Pegang HP Sestabil Mungkin atau Gunakan Gimbal

Hampir semua lensa kamera DSLR memiliki fitur IS (Image Stabilizer) atau VR (Vibration Reduction). Fitur ini berguna untuk meminimalisir getaran atau guncangan saat pengambilan foto agar foto tidak kabur atau goyang (shake).

Sebagian kamera HP high-end ada yang menyematkan fitur ini meski hasilnya tentu tidak semaksimal DSLR/Mirrorless. Jadi, metode utama untuk menghindari foto kabur, usahakan pegang HP sestabil mungkin. Jangan memegang Smartphone terlalu jauh dari posisi tubuh, tapi dekatkan sedikit ke dada agar tangan ada topangan atau penyangga.

Pahami Kapan Perlu Menggunakan Lampu Flash

Kamera HP telah disematkan teknologi yang cukup fantastis dalam pengambilan foto dengan kondisi minim cahaya, jadi kamu tidak selalu membutuhkan flash dalam situasi ini.

Penggunaan flash yang tidak tepat terkadang malah bisa merusak hasil foto karena terbentuknya bayangan atau kecerahan foto yang tidak merata. Jadi saran saya, cobalah bereksperimen dulu, gunakan Mode Malam, jepret foto dengan flash dan tanpa flash, lihat manakah hasil yang terbaik meski terkadang penggunaan flash adalah satu-satunya pilihan.

Tapi sekali lagi, tak ada salahnya untuk bereksperimen, tak jarang foto dengan nuansa gelap dan moody malah jauh lebih menarik dibanding foto terang benderang terkena cahaya flash.

BACA JUGA

Belajar Fotografi Menggunakan Smartphone Otodidak di Rumah

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: