Agar Tidak Lemot dan Cepat Rusak Beginilah Cara Merawat Laptop

  • Share

Paslen.com- Laptop adalah salah satu teknologi atau alat yang memang sangat di perlukan untuk pelajar, karena dengan seiringnya perekebangan jaman ke jaman belajar juga semakin uptodate dulu munging kita mengenal yang namanya luring tapi sekarang belajar juga daring jadi tak jarang para siswa kini mengerjakan banyak tugas biasanya menggunakan laptop. Tak hanya mengerjakan tugas daring atau belajar daring laptop sangat membantu produktivitas bagi pelajar, pekerja kantoran ataupul freelance sekarang kebanyakan menggunakan laptop.

Laptop yang nyaman adalah laptop yang nggak lemot dan lancar, setiap pemakaian laptop sebenearnya ada bebrapa cara agar laptop tidak lemot dan cepat rusak, dengan pemakaian yang baik dan benar laptop yang kamu miliki akan awet !!! Jadi untuk pelajar ataupun yang memang sering beraktifitas menggunakan laptop, simak beberapa cara untuk menjaga laptop kamu agar tidak lemot dan cepat rusak sehingga bisa digunakan dalam jaka waktu yang lama, dan bisa kamu sharekan ke teman teman kamu untuk membatu menjaga asetnya.

Cara Merawat Laptop

Pribahasa Mencegah lebih baik daripada mengobati memang benar sekali, jika kamu bisa merawat laptop yang kamu miliki, kamu akan mempunyai aset yang awet dengan cara pemakaian yang baik.

Baca Juga : Inilah 10 Laptop Gaming Murah Berkualitas Tahun 2020

Matikan Laptop dengan Benar

Salah satu kebiasaan yang memang sangat seple akan tetapi memang sangat berpengaruh terhadap kinerja laptop nantiya,salah salatu perawatan yang sepele akan tetapi tidak banyak yang tahu terkait dengan cara memetikan laptop yang benar harus menggunakan sistem shitdown dari laptopnya , jangan menggunkan button off. Jika Anda akan bepergian, jangan lupa matikan laptop dengan Shutdown, bukan Sleep atau Standby. Terlalu sering membawa laptop dalam keadaan Sleep akan membuat hard disk mudah rusak karena HDD akan tetap bekerja dalam kondisi tidur. Jika sudah rusak, data yang Anda miliki bisa ikut rusak. Maka sangat tidak disarankan untuk membawa laptop dalam keadaan Sleep. Namun, hal ini tidak berlaku untuk laptop yang menggunakan penyimpanan SSD. Satu lagi yang harus Anda perhatikan yaitu jangan mematikan laptop paksa dengan melepas baterai.

Perhatikan Tempat Anda Menyimpan laptop

Cara menyimpan laptop yang baik , ini juga kebiasan yang harus diperhatikan untuk kamu yang memang seprti aku , ngak rapi dan tulaten, dari mulai saat ini kamu harus belajar menyimpan laptop yang baik, takutnya nanti laptop kamu dimainin oleh anak kecil dan menyebankan kerusakan, woow. hal sepele tapi memang berpengaruh bengt sih dan mencegah beberapa data agar tidak hilang juga, kalo udah hilang waduhhh . paniklah masa enggak!!!

  • Simpan di tempat yang tidak lembab
  • Letakkan pada tempat yang datar
  • Hindari tempat dengan suhu terlalu panas atau terlalu dingin. Jangan letakkan laptop di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau di dalam mobil yang terparkir di bawah matahari karena akan membuat laptop panas dan beberapa komponen luar mengeras atau warnanya memudar.
  • Jangan letakkan laptop dekat dengan peralatan yang memiliki medan magnet kuat seperti TV, speaker, dan kulkas. Anda bahkan harus menghindari meletakkan HP di atas laptop saat keduanya sedang aktif digunakan.

Rajin membersihkan laptop

Kebiasan yang sepele lagi, membersihkan laptop dari debu adalah salah satu pekerjaan yang sepele tapi sering sekali kita melupakannya, bukan kita sih aku merasa seperti itu. tapi karena kau baik dan pengen share agar laptop kamu tidak lemot dan cepet rusak makannya aku sarankan agar berishkan laptop kamu dari segala kotoran yang ada terutama debu sih dan minyak gorengan yang nempel di lcd jangan lupa di lap yah pasleners. Kebersihan laptop adalah hal paling dasar yang harus Anda jaga. Tidak sedikit masalah laptop rusak karena masalah kotor, apalagi di bagian kipas. Bagian laptop yang harus kamu bersihkan adalah layar, keyboard, baterai, port usb dan lubang sirkulasi lainnya. Debu atau kotoran yang menempel pada laptop akan membuat laptop menjadi cepat panas dan kinerjanya melambat.

Gunakan laptop di permukaan yang datar

Masih kebiasan yang sepele yang sering aku lakukan tapi semenjak aku ingin aset aku awet dan laptop tidak lemot dan cepet rusak, sekarang aku perhatikan banget pemakain laptop dari permukaan permukan yang memang salah satu musuh laptop yang biasanya banyak debunya yaitu kasur dan kursi. Jangan menggunakan laptop di permukaan yang lembut seperti di atas kasur, sofa, tumpukan baju, dan lainnya karena akan menghambat sirkulasi pada laptop sehingga udara panas dalam laptop tidak keluar dan menyebabkan laptop lebih cepat panas. Sebaiknya, gunakan laptop di atas meja atau permukaan datar. Jika ingin menggunakan laptop di atas kasur, lebih baik menggunakan meja portable atau tambahkan cooling pad.

Baca Juga : Ngeselin Rom Habis , Inilah Cara Hapus Aplikasi Yang Bikin Penuh Ruang

Alat Alat Untuk Membersihkan Laptop Agar tidak Lemot dan Cepat Rusak

Untuk pasleners harus tahu alat alat untuk memebrsihkan laptop yah, nggak banyak peralatnnya akan tetapi alat alat ini memang sangat membatu banget dalam membersihkan laptop kita.

Kanebo

Kamu pasti sudah tidak asing dengan alat pembersih yang satu ini. Dengan karkteristik yang lembut sperti busa padat, kamu bisa membersihkan berbagai komponen komputer seperti:

  • Casing komputer
  • Tuts Keyboard
  • Pengeras suara
  • Printer dan scanner
  • Hardware eksternal lainnya

Kain Microfiber

Alat ini bukanlah alat pembersih biasa. Seratnya yang lebih kecil dari sutra sangat baik untuk menghilangkan debu. Jika kain lap bersifat mengenyahkan, kain yang satu ini bersifat menyerap debu. Dengan sifat ini, kamu bisa membersihkan area berdebu tanpa takut mengotori area sekitarnya. Meskipun begitu, kain ini akan cepat kotor karena siftanya yang menyerap. Namun, kamu bisa membersihkannya dengan mencucinya seperti kain pada umumnya.

Blower Karet

Alat yang satu ini berfungsi untuk membersihkan area-area di perangkat komputer yang sulit dijangkau. Blower ini terbuat dari karet yang pemakaiannya juga mudah. Tekan saja bagian karet kemudian arahkan ke area yang hendak dibersihkan agar udara yang keluar dari tekanan langsung mengarah tepat. Alat ini biasa digunakan untuk membersihkan bagian seperti keyboard laptop dan komputer juga casing komputer.

Cairan Pembersih atau Alkohol

Selain alat-alat di atas, yang juga penting untuk membersihkan perangkat kesayangan di rumah adalah cairan pembersih. Seperti sebutannya, barang ini berbentuk cairan atau juga gel. Nah, untuk merawat layar laptop atau komputer, kamu bisa menggunakan cairan pembersih ini. Cairan ini berguna mengangkat debu-debu yang tidak mudah terangkat hanya dengan blower saja. Biasanya alat penunjang cairan pembersih ini adalah kain microfiber. Tinggal semprotkan cairan ke layar, kemudian bersihkan dengan kain, dijamin layar monitor kesayangan akan kinclong dan terlihat seperti baru lagi.

Penyedot Debu Mini

Jika kamu ingin menggunakan alat yang lebih praktis untuk membantu membersihkan perangkat kesayangan di rumah, alat yang satu ini wajib kamu miliki. Alat penyedot debu ternyata bukan hanya tersedia untuk membersihkan debu di ruangan loh, namun juga ada versi mininya yang cocok banget digunakan untuk membersihkan debu-debu di sela-sela yang susah dijangkau. Pada ujung alat mulut alat ini juga terdapat sikat halus. Contohnya kamu dapat membersihkan keyboard laptop atau komputer dengan penyedot debu mini ini, hasil yang diperoleh pun jauh lebih bersih dan memuaskan.

Baca Juga : 7 Laptop Spek Gahar Mempunyai Performa Untuk Editing Video dan Game

Nah, itulah beberapa cara agar laptop tidak cepat rusak yang bisa kamu lakukan supaya laptop perusahaan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. dan ada beberapa alat juga untuk melakukan perawatan. *** Semoga Bermanfat 🙂

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: