Belajar Desain Jaringan Menggunakan Cisco Packet Tracer Mobile

  • Share

Paslen.com – Pasleners kali ini kita belajar sama-sama yuk, membuat desain jaringan komputer menggunakan aplikasi simulasi jaringan yang bernama Cisco Packet Tracer Mobile. Dimana saat ini telah tersedia untuk Smartphone Android yang bisa didapatkan di playstore dan untuk iPhone di Appstore, silakan tinggal download dan install aplikasinya.

Awal mulanya aplikasi untuk belajar membuat desain dan konfigurasi jaringan ini bernama Cisco Packet Tracer dan hanya tersedia diperangkat Komputer dan Laptop saja. Aplikasi Cisco Packet Tracer sampai sekarang juga masih tetap digunakan dikomputer dan Laptop. Namun seiring berkembangnya teknologi, saat ini banyak sekali pengguna Smartphone Mobile baik yang berbasis Android maupun iPhone. Dan akhirnya perusahaan pembuat aplikasi Cisco Packet Tracer, merilis aplikasi dalam versi mobile bernama Cisco Packet Tracer Moblie. Berikut ini sekilas tentang aplikasi Cisco Packet Tracer.

Cisco Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

Fungsi dan Kegunaan Cisco Packet Tracer

Packet tracer berfungi sebagai perangkat simulator jaringan komputer yang telah banyak digunakan oleh universitas, sekolah hingga developer untuk melakukan pembelajaran dan penelitian. Dengan harga perangkat asli yang masih relatif mahal, aplikasi ini bisa menjadi solusi untuk melakukan percobaan.

Dengan kapasitas aplikasi yang tidak lebih dari 200 MB, dapat di pasang pada berbagai jenis sistem operasi maupun type dari sistem operasi baik 32/64 bit untuk windows.

Packet tracer juga berguna untuk pemahaman abstrack terhadap konsep jaringan seperti, Enchanced Interior Gateway Routing Protocol (EIGRP) dengan mengaktifkan unsur-unsur dalam bentuk visual atau animasi. Dalam dunia pendidikan juga bisa digunakan sebagai fungsi sistem authoring protocol jaringan simulasi untuk penilaian.

Pada dasarnya baik aplikasi cisco versi desktop (Komputer/Laptop) ataupun veris mobile (Android/iPhone) fungsinya sama saja dan tidak jauh berbeda, yaitu untuk belajar mendesain dan mengkonfigurasi jaringan secara virtual tanpa menggunakan perangkat fisiknya. Hanya saja ada perbedaan dibagian antar muka (interface) dan tampilan menu-menunya. Berikut ini penampakan dari aplikasi cisco versi dekstop dan versi mobile.

Cisco Packet Tracer (Versi Desktop)
Cisco Packet Tracer (Versi Mobile)

Berikut ini akan lebih dalam mengulas dan mengenal aplikasi Cisco Packet Tracer Mobile (Versi Mobile Android dan iPhone)

Tampilan awal dari cisco packet tracer mobile, silakan lakukan login menggunakan akun yang sudah dimiliki atau menggunakan guest login :

Setelah berhasil login, kita akan dibawa ke halaman PT Mobile ada menu New File, Open File dan Facebook Netacad, silakan pilih new untuk membuat file baru :

Selanjutnya kita akan dibawa pada halaman utama atau workspace Packet Tracer Mobile :

Tampilan Setelah Login Dengan Akun Netacad

Tampilan pada halaman utama atau workspace Packet Tracer Mobile dalam mode guest login, dimana terlihat dibagian bawah workspace terdapat tulisan mode guest login. Menggunakan guest login tentunya ada kekurangan yaitu penyimpan file hasil konfigurasi hanya bisa dilakukan 2-3 kali saja, setelah itu tidak bisa lagi menyimpan file berikut tampilan workspace nya :

Tampilan Setelah Login Dengan Guest Login

Untuk memulai menambahkan devices, kita hanya perlu melakukan ‘tap’ pada area workspace. Maka akan muncul beberapa pilihan devices yang dapat digunakan. Dalam versi mobile, device yang ditawarkan pun hampir sama dengan versi desktop, antara lain End Device, Routers, Switches, Wireless, WAN, Security, Hubs, Note, dan Multi Select.

Contoh kita buat dua buah End Device PC maka nanti PC yang kita pilih muncul pada workspace seperti tampilan berikut ini :

Kita coba hubungkan kedua PC tersebut menggunkan kabel pastikan kita klik salah satu PC kemdudian muncul tampilan seperti berikut ini, silakan klik/tap Connect :

Setelah tampilannya seperti berikut ini kita tinggal klik/tap dikomputer yang satunya lagi :

Pilih klik / tap choose cable :

Kita gunakan kabel yang sesuai kebutuhan, karena kita akan menghubungkan perangkat yang sama (PC ke PC) sama dari segi jenis dan fungsinya, maka kita guna jenis pengkabalan Cross Over Cable :

Pilih tap/klik pada port interface yang akan digunakan, contoh yang sudah ada warna hijau pada PC0 berarti sudah diklik atau dipilih :

Selanjutnya lakukan tap/klik pada port interface yang akan digunakan pada PC1 maka akan terlihat kabel telah tersambung dengan baik :

Lakukan tap/klik pada tanda/icon topologi yang berada dibagian menu atas seperti tampilan berikut ini, maka akan masuk ke workspace kembali dan sekarang komputer PC0 dan PC1 telah terhubung menggunkan kabel cross over :

Baca Juga : Praktik Konfigurasi VLAN pada Cisco Packet Tracer Mobile

Itulah cara atau membuat desain jaringan menggunkan aplikasi cisco packet tracer mobile. Silakan buat sesuai keinginan, sampai disini dulu ya, untuk selanjutnya silakan konfigurasi jaringan dengan pengisian alamat IP Address, Subnetmask pada PC0 dan PC1. Sampai jumpai ditutorial dan informasi-informasi berikutnya. Salam sukses untuk seluruh pasleners dimanapun berada. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: