Guru PPPK Berpeluang Menjadi CPNS, Apa Kriterianya?

  • Share

Paslen.com – Kali ini akan membahas Guru PPPK yang berpeluang menjadi CPNS, dilihat dari kinerjanya, apabila kinerja nya baik bisa dipertimbangkan menjadi CPNS. Semoga saja bisa tercapai ya keinginannya untuk menjadi abdi negara di Tahun ini.

Pernyataan itu disampaikan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Iwan Syahril dalam acara Taklimat Media Awal Tahun 2021. Dikutip dari kompas.com.

Kata Iwan “Kinerja guru PPPK baik akan jadi pertimbangan penting saat melamar jadi CPNS” . Maka dari itu, kata Iwan, jangan dilewatkan proses seleksi satu juta guru PPPK.

Adanya penyeleksian satu juta guru PPPK, bilang dia, untuk meningkatkan kesejahteraan dan status para guru honorer saat ini. Bahkan, kata Iwan, formasi CPNS guru masih akan tetap ada. Proses formasi itu akan sejalan dengan rekrutmen PPPK.

“Saya luruskan dan tegaskan lagi, bawa formasi CPNS guru tetap akan ada, kebijakan formasi guru CPNS ini akan saling melengkapi,” tegas Iwan. Dengan perekrutan guru PPPK, maka akan mengisi kebutuhan guru yang ada di tiap daerah.

Iwan juga telah mensosialisasikan seleksi guru PPPK ini bersama Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Beliau mengatakan “Kita telah melakukan dialog dengan pemda di seluruh provinsi”. Artinya itu sudah ada perbincangan antar setiap daerah guna pemenuhan rekrutmen PPPK.

Dan barang tentu harus lulus seleksi Administrasi dan Tes masuk PPPK baru bisa menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Mas Mentri Nadiem Makarim telah menegaskan, hanya guru honorer yang lulus seleksi bisa menjadi PPPK. Meski kapasitasnya mencapai 1 juta PPPK.

“Yang diangkat jadi PPPK itu bagi guru honorer yang lulus tes, dari seleksi 1 juta orang,” kata Nadiem.

Sebagai contoh apabila satu juta orang yang lulus seleksi, maka satu juta orang yang lulus itu berhak menjadi PPPK. “Namun apabila cuma 200 ribu yang lulus, itu yang bisa jadi PPPK. Bahkan kalau yang lulus 100 ribu orang, itu yang akan diangkat menjadi PPPK,” tegas Nadiem.

Rekrutmen PPPK ini akan dilakukan di 548 pemerintah daerah (Pemda). Maka dari itu, semua guru honorer harus mempersiapkan dengan matang proses seleksi tersebut. Kesempatan menjadi PPPK, kata Nadiem, sangat besar. Karena, proses seleksi yang diberikan sampai tiga kali.

“Jadi bukan hanya satu kesempatan yang diberikan di tahun ini, tapi sampai tiga kali. Bisa tahun depan maupun di tahun berikutnya untuk menjadi PPPK,” jelas Nadiem.

Sampai disini dulu ya informasinya, jangan sampai ketinggalan informasi-informasi terupdate berikutnya. Semoga bisa lulus seleksi ASN tahun ini ya buat semuanya, baik itu lulus seleksi PPPK ataupun CPNS. Selamat mengabdi untuk negeri. Sukses.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: