Inilah Cara Mengatasi Error not valid JSON Pada WordPress

  • Share

Paslen.com – Hay pasleners bagaimana kabarnya hari ini, semoga selalu diberikan kesehatan dan kelancaran dalam setiap aktivitasnya ya. Ok kali ini kami akan kembali membahas seputar tutorial.

Pada tutorial kali ini kami akan membahas seputar cara mengatasi Error not valid JSON pada WordPress ketika mau memposting artikel terbaru atau meupdate postingan sebelumnya. Mungkin ada diantara pasleners yang mengalami hal yang sama pada saat membuat postingan terbaru tiba-tiba tidak bisa diposting atau di save draf.

Ok ga usah berlama-lama lagi langsung saja, inilah cara yang bisa pasleners coba untuk mengatasi atau memperbaiki error wordpress seperti yang sudah disampaikan kami diatas, silahkan ikuti beberapa cara berikut ini :

1. Edit File .htaccess
Cara pertama yang bisa kalian coba adalah dengan mengedit file .htaccess yang biasanya sudah terdapat di root domain kalian yang sudah terinstall wordpress. Silahkan copas kode dibawah ini dan letakkan diantara BEGIN WordPress dan #END WordPress. Apabila sebelumnya sudah terdapat kode yang mirip, hapus saja dan ganti dengan kode di bawah ini.

<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ – [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
SecFilterEngine Off
SecFilterScanPOST Off
</IfModule>

Biasanya, cukup dengan menambahkan baris kode diatas ke dalam file .htaccess, problem error WordPress not valid JSON harusnya sudah dapat teratasi. Namun apabila masih belum berhasil, kalian bisa mencoba cara berikutnya.

2. Check URL Website
Cara kedua yang bisa kalian coba adalah dengan mengecek url website kalian masing-masing. Caranya adalah dengan masuk ke tab setting > general. Pastikan WordPress Address (URL) dan Site Address sudah sama. Pastikan juga kalau sudah mendukujng protocol HTTPS bagi kalian yang memang menggunakannya.

3. Check Content Mixer
Cara kedua yang bisa kalian coba adalah dengan mengecek apakah ada masalah dengan content mixer. Yang dimaksud dengan content mixer disini adalah dimana ada beberapa bagian dari halaman website yang belum support HTTPS.

Biasanya problem ini terjadi ketika kalian sudah menggunakan SSL untuk HTTPS namun ada beberapa elemen dari website yang masih bersumber dari source non-HTTPS. Untuk mengatasinya, saya menuliskan tutorial terpisah yang bisa kalian baca disini : cara mengatasi masalah content mixer di wordpress.

4. Menonaktifkan Plugin
Penyebab permasalahan error valid JSON response WordPress juga bisa disebabkan oleh beberapa plugin yang sudah kalian install. Silahkan kalian coba untuk menonaktifkan plugin satu-persatu atau langsung semua sekaligus. Check aakan masih ada error yang terjadi.

5. Debugging WordPress
Untuk mengetahui secara detail tentang masalah yang terjadi didalam wordpress, kalian bisa melakukan debugging. Untuk melakukannya kalian bisa meng-copas baris kode berikut ini ke dalam file wp-config.php

define(‘WP_DEBUG’, true);
define(‘WP_DEBUG_LOG’, true);
define( ‘WP_DEBUG_DISPLAY’, false );
Biasanya di file wp-config.php sudah ada kode define( ‘WP_DEBUG’, false );. Silahkan kalian ganti ‘false’ menjadi True, dan berikkan tambahan kode seperti di atas. Kalian nanti bisa menemukan file debug.log di folder wp-content. Didalam file tersebut nanti kalian akan menemukan letak error dengan kalimat seperti PHP Fatal error: ………().

Apabila error sudah teratasi, jangan lupa untuk mengembalikan settingan kembali menjadi define ( ‘WP_DEBUG’, false );’

6. Gunakan Plugin Classic Editor
Beberapa problem pada wordpress terbaru bisa diatasi dengan cara menginstall plugin classic editor, Plugin ini akan menggantikan tampilan text editor terbaru (Gutenberg) menjadi tampilan text editor versi lama.

Itulah cara yang bisa pasleners coba lakukan untuk mengatasi atau memperbaiki error not valid JSON pada WordPress, semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi buat pasleners. Sampai jumpa di pembahasan dan tutorial-tutorial kami berikutnya. Terimakasih.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: