Ragam  

Inilah Keistimewaan dan Keutamaan Bulan Rajab (Rojab)

Paslen.comBulan Rojab bagi umat muslim diseluruh dunia adalah bulan yang sangat bersejarah, karena terdapat peristiwa besar yaitu Isra Mi’raj (Isro Mi’roj) Baginda Nabi Muhammad SalallohuAlaihiWassalam.

Peristiwa dimana baginda Nabi diperjalankan untuk berjumpa langsung dengan Alloh SWT. dan mendapatkan perintah untuk mendirikan sholat, yang saat ini kita kenal dengan sholat 5 waktu (shubuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya).

Perintah melaksanakan sholat adalah oleh-oleh dari Isra Mi’raj Baginda Nabi berjumpa dengan Alloh SWT. dimana sebelumnya sempat beberapa kali baginda Nabi bolak balik ke sidrotulmuntaha, bernegosiasi jumlah sholat dalam sehari semalam dan akhirnya didapatkan sholat 5 waktu dengan jumlah 17 rakaat dalam sehari semalam.

Oleh sebab itu sudah tidak diragukan lagi kalau bulan rajab ini banyak sekali keutamaan-keutamaannya. Pada tahun ini bulan Rojab jatuh pada hari Rabu, 2 Februari 2022, Bulan Rajab dalam penanggalan Islam merupakan bulan ketujuh Tahun Hijriah.

Bulan Rajab pun termasuk ke dalam daftar bulan-bulan yang dimuliakan, karena beberapa kemuliaan yang terkandung di dalamnya.

Hal itu sebagaimana Firman Allah SWT dalam Q.S At-Taubah ayat 36 yang berbunyi:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ – ٣٦

Artinya: “Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram.

Rajab asal katanya tarjib artinya terhormat, ada juga yang mengartikan rajab sebagai bulan pencurahan dimana didalam bulan itu Allah mencurahkan rahmat dan ampunannya kepada orang-orang yang mau bertobat di bulan ini.

Di bulan Rajab terdapat beberapa keistimewaan diantaranya banyaknya pahala jika melakukan puasa di bulan Rajab, seperti sabda Rasulullah SAW “Sesungguhnya zaman berputar seperti keadaan hari, Allah ciptakan langit dan bumi, satu tahun adalah 12 bulan, diantara 12 bulan itu ada 4 bulan mulia, yaitu bulan Zulqoidah, bulan Dzulhijah, bulan Muharam dan bulan rajab yang berada diantara bulan jumadil akhir dan sya’ban”.

Dikutip dari Kabar Banten, berikut keistimewaan atau keutamaan-keutamaan bulan Rojab:

1. Bulan Rojab adalah bulan harom atau bulan yang diistimewakan

Ulama terdahulu Al Qodhi Abu Ya’la menerangkan bahwa “Bulan Rajab dinamakan bulan haram karena di bulan itu terdapat keistimewaan dan diharamkan berbagai pembunuhan” orang jahiliahpun meyakini di bulan itu dilarang melakukan hal terlarang karena mulianya bulan tersebut.

Arti dari bulan haram disini yaitu haram untuk saling menyakiti dan saling menumpahkan darah kecuali jika dari pihak musuh yang pertamakali melakukannya maka kita boleh membalasnya, selain itu pula di bulan ini harus bersih dari perbuatan dosa karena dosa itu lebih besar azabnya dari pada bulan lainnya kecuali bulan ramadhan.

2. Bulan Rojab adalah bulan yang dekat dengan bulan Ramadhan

Bulan Rojab dan bulan ramadhan hanya terpisah oleh satu bulan yaitu bulan sya’ban, dan dari sejak bulan rajab para ulama sudah mempersiapkan untuk menyambut bulan ramadhan, dan diabadikan dalam sebuah do’a “Allahuma bariklana firojabi wa sya’bana wa balighna romadhona” artinya berkahilah kami di bulan rajab dan sya’ban serta berkahi dan sampaikan kami kedalam bulan ramadhan” (H.R Ahmad).

Itulah do’a yang sering diucapkan oleh para ulama dengan harapan agar bulan ramadhan bisa kita raih dengan kesempurnaan taqwa.

3. Bulan Rojab adalah bulanya isra mi’raj

Bulan Rojab adalah bulan istimewa karena didalamnya terdapat peristiwa yang dahsyat yakni peristiwa isra mi’raj, yang jadi jembatan perintah salat secara langsung dari Allah kepada Nabi Muhamad SAW.

Jika perintah lainya hanya melalui perantara malaikat jibril maka perintah salat langsung Allah tunjukan kepada Rosulullah sebagai bukti bahwa salat merupakan ibadah yang utama dan lebih diutamakan.

4. Bulan Rojab adalah bulan taubat

Bulan Rajab ini adalah bulan yang tepat bagi kita untuk bertaubat kepada Allah dengan memperbanyak istighfar.

Dan Allah SWT membuka luas pintu ampunannya di bulan rajab bagi siapa saja yang mau bertobat dan memohon ampunan dengan memperbanyak istighfar, membaca tasbih, sholawat, bersedekah dan malakukan puasa sunat Rojab.

Itulah keistimewaan dan keutamaan bulan rojab yang perlu kamu ketahui sebagai seorang muslim, semoga bermanfaat dan sampai jumpa dipembahasan dan informasi-informasi berikutnya. Terimakasih.

Leave a Reply

%d bloggers like this: