Inilah Tips Lulus Seleksi CPNS atau PPPK Tahun 2021

  • Share

Paslen.com – Saat ini Lulus CPNS atau PPPK adalah dambaan bagi setiap orang yang menginginkan menjadi pegawai pemerintah. Namun tidaklah mudah untuk bisa lulus pada tahap selesi cpns atau pppk, karena banyak sekali hal yang memang harus dipersiapkan oleh peserta tes sebelum menghadapi tes seleksi cpns atau pppk ini. Apa saja sih hal-hal yang harus dilakukan agar kita memeliki peluang lulus seleksi CPNS atau PPPK 2021.

Berikut ini adalah tips yang bisa di lakukan sebagai bagian dari ikhtiar kita, agar bisa lulus CPNS atau PPPK Guru Tahap 3 tahun 2021-2022 dan semoga dengan tips ini keinginan menjadi pegawai negeri dapat terwujud.

  1. Berdoa, Kerja Keras  dan Berusaha
    Utama dan yang paling utama dilakukan adalah di poin pertama ini. Berdoa tanpa berusaha nol, dan usaha tanpa berdoa juga nol. Semuanya wajib seimbang agar anda bisa mencapai apa yang sobat inginkan. Mintalah kepada tuhan apa yang terbaik untuk anda sendiri. Minta restu dari orang tua, kerabat terdekat, kawan dan orang di sekitar kamu. Kita bukan apa apa tanpa Allah swt. Jadi, perbanyak doa kamu dan juga tingkatkan kinerja kerja keras untuk memahami semua materi yang di uji.
  1. Memahami Semua Materi Yang di Uji
    Apalagi sekarang sudah mudah, sudah ada google, dan sudah ada youtube. Dan media belajar online yang akan memudahkan kita untuk mencari referensi kemudian mempelajarinya dengan baik. Jadi, tidak ada alasan lain kamu tidak paham dengan materi yang di uji. Tinggal niat dan usaha kamu saja mencari dan mengumpulkan semua materi menjadi satu dan belajar habis habisan agar dapat lulus seleksi cpns tahun ini.
  1. Jangan Berpikir Asal Ikut Sekedar Mengadu Nasib
    Ini adalah yang sering ada di pikiran orang saat mengikuti seleksi cpns. Mengadu nasib tidak akan mengubah anda. Menunggu semua dengan instant jatuh dari awan dan ikut alur hidup anda sendiri. Keluarlah dari zona nyaman ketika ada sesuatu yang ingin kamu kejar. Menurut saya pribadi, kalau hanya sekedar mengadu nasib, itu akan melelahkan diri anda sendiri untuk melengkapi persyaratan saat melamar dan ujung ujung nya hasilnya nol juga. So siapkan strategi sebaik dan semaksimal mungkin ya.
  1. Terus Ikuti Simulasi CAT & Try Out Online Baik yang Free ataupun Bimbel Berbayar
    Di jaman sekarang yang canggih ini, sudah banyak yang menyediakan simulasi CAT dan Try Out Online. Coba ikuti beberapa website yang menyediakan try out online, dan kurang lebih soal yang diambil berdasarkan tahun tahun dahulu. Jadi, persentase jenis soal pasti akan sama. Di media sosial seperti instagram pun sekarang sudah ada juga akun akun besar untuk persiapan seleksi cpns. Jadi, jangan sampai ketinggalan info info baru try out yang diadakan bersama.
  1. Tetap Konsisten
    Kelima adalah harus Tetap konsisten. Konsisten artinya setiap hari dilakukan, jangan sehari tidak, besok iya, besok lagi tidak. Kamu harus konsisten untuk mendapatkan sesuatu. Jika tidak konsisten, kamu akan kehilangan dan lupa beberapa materi dan tujuan kamu. Percaya atau tidak, mengulang itu penting dan harus dilakukan hampir setiap hari. Buatlah jadwal yang cukup untuk membuat diri anda lebih teratur lagi.

Baca Juga : Apakah Benar lowongan CPNS cuma 700.000 ?

  1. Persiapkan Semuanya Jauh Sebelum Jadwal Tes Tiba
    Penting sekali mempersiapkan segala sesuatu jauh sebelum hari tes tiba. Mungkin ada beberapa tipe orang seperti ini, dan ada juga yang suka menunda nunda. Semakin kita menunda nunda pekerjaan, maka akan ada begitu banyak pekerjaan yang menumpuk. Al hasil semuanya dilakukan bersamaan dan tidak ada hasil yang maksimal. Ada yang mempersiapkan tes cpns ini satu tahun sebelum tes diadakan, dan ada juga yang mempersiapkan beberapa bulan menjelang tes. Alangkah lebih baiknya berlatih jauh-jauh bulan bahkan tahun sebelum waktu tes tiba.
  1. Habiskan Waktu Anda Untuk Terus Belajar
    Usahakan belajar itu sesuai dengan passion kamu, karena belajar dengan terpaksa itu sangat beda sekali rasanya. Kalau kamu ingin berkecimpung ke dunia ini, maka kamu wajib memahami beberapa hal yang di uji. Latihlah diri anda untuk belajar setiap hari karena itu sangat penting.
  1. Lakukan Riset Strategi Cara Tercepat & Tepat Untuk Menjawab Soal
    Ada beberapa orang yang pintar menggunakan teknik cepat untuk menjawab soal. Kurang lebih waktu ujian itu singkat, berkisar sekitar 90 – 120 menit. Kalau saya pribadi.
    Cara menjawab soal tercepat adalah dengan membaca pertanyaan dahulu baru dibaca pernyataan lalu dilanjutkan dengan opsi jawaban.
    Meski beberapa orang ada yang berbeda dari saya, tetap temukan bagaimana kamu menjawab soal dengan cepat. Ini akan membantu menghemat kamu untuk fokus ke mata pelajaran yang lain. Disana waktu akan tetap terus berjalan, jadi hematlah waktu anda sebaik baiknya untuk menjawab soal dengan cepat sekaligus bisa mengkoreksi 2x untuk konfirmasi.
    Dan teknik seperti ini yang saya lakukan saat saya mengikuti ajang cpns ini : Jawab TKP dulu agar tidak kehilangan fokus, Kemudian TIU untuk pembukaan nalar, Lalu dilanjutkan dengan TWK.

Baca Juga : Sudah Tau Syarat Pendaftaran CPNS 2021? Semoga Pada Lulus Yaaaa

  1. Percaya Pada Kualitas di Diri Anda
    Selanjutnya kamu harus percaya pada diri sendiri. Kalau kamu saja sudah tidak percaya dengan diri kamu, bagaimana kamu bisa untuk melewati hal ini. Tingkatkan kualitas serta pengetahuan anda mengenai materi, lalu tetap percaya bahwa diri anda bisa untuk melakukan hal ini.
    Kepercayaan diri akan membantu anda menarik sugesti positif dan akan dipermudah untuk segala urusan yang akan anda hadapi saat ujian cpns. Percaya diri bukan berarti sombong atau takabur, melainkan mengukur diri bahwa kita mampu untuk mejalani tes.
  1. Kurangilah Waktu Bermain
    Seperti waktu bermain juga harus kita tinggalkan untuk meningkatkan fokus kita. Kalau ingin mengejar sesuatu, kamu harus mulai meninggalkan kebiasaan kebiasaan bermain seperti setiap hari. Ingat bahwa umur kita sudah terlalu tua, dan bukan sudah waktunya lagi untuk bermain. Masih banyak hal hal yang seharusnya kamu kerjakan dan diselesaikan.
    Bukan berarti bermain itu gak boleh, ya boleh saja sebagai hiburan. Tetapi jangan terlalu berlebihan karena gak baik. Maka dari itu, buatlah jadwal untuk kamu yang ingin mengatur kegiatan yang akan dilakukan.
  1. Harus Fokus
    Sebagaimana kita akan menghadapi tes. Latihlah fokus anda untuk satu, yaitu lolos cpns tahun ini. Bukan hanya sekedar omongan, tetapi bukti bahwa kamu sudah menguasai materi yang selama ini kamu pelajari selama ini. Dan anggaplah diri kamu pantas untuk mendapatkan nilai yang tinggi.
    Fokus dengan apa yang ada di depan kamu, dan selesaikan apa yang selama ini belum kamu selesaikan. Banyak sekali orang yang plin plan dalam tujuan mereka.
  1. Tinggalkan Hal – Hal Yang Tidak Penting
    Mulai sekarang, hal hal yang tidak penting itu semua di tinggalkan. Jangan sampai kamu menginggalkan hal penting demi hal yang tidak penting. Apa aja sih contohnya ?, yaps gak perlu saya jawab mah kamu sudah tahu sendiri. Sialahkan analisa sendiri hal apa yang menurut kamu gak penting, mulai kurangi dan pilah pilah apa yang harus dilakuin.

Baca Juga : Inilah Bocoran Tes dan Rincian Soal Ujian PPPK Tahun 2021

  1. Kurangi Penggunaan Sosial Media dan Bermain Gadget Yang Tidak ada Hubungannya dengan Tes Seleksi
    Penggunaan sosial media yang berlebihan juga tidak baik bagi kita. Saat ini, sosial media bagaikan kebutuhan. Persepsi inilah yang menurut saya seperti kesalahan, kamu boleh anggap sosmed itu kebutuhan apabila pekerjaan kamu sudah selesai. Jangan gabungkan waktu kerja atau belajar dengan bermain sosial media. Itu akan mengganggu fokus kamu dan akhirnya hasilnya akan buruk.
    Gunakan smartphone secukupnya saja, dan hanya sebagai media untuk belajar. Apabila sudah waktunya kamu selesai, silahkan gunakan sosial media sesuka kamu. Bukan saya memaksa kamu, tetapi ubahlah mindset yang selama ini mengganggu kamu untuk sukses.
  1. Jangan Hanya Sekedar Baca Motivasi
    Suka baca motivasi bukan? Motivasi menurut saya adalah omongan belaka jika tanpa dilakukan. Hanya berandai andai hanya akan membuat anda hancur sendiri tenggelam dengan rasa. Motivasi itu penting, tapi penting juga dilakukan. Ada banyak pepatah yang mengatakan apa dan bagaimana keadaan kamu sekarang ini tergantung dari apa yang kamu buat setelah melepaskan audio motivasi tersebut.
    Jadi, gunakan motivasi dan tetap gunakan dirimu sendiri untuk melakukan sesuatu. Seperti halnya untuk mengikuti tes cpns seperti ini, tidak membutuhkan banyak motivasi, melainkan banyak geraknya kamu dalam mempelajari sesuatu yang di uji.
  1. Mulai Sekarang
    Tanpa berlama lama lagi, mulailah sekarang juga. Jangan hanya membaca artikel ini kemudian kamu lepas fokus lagi. Mulai sekarang bentuk diri anda untuk menjadi pribadi yang konsisten. Karena konsisten merupakan salah satu kunci kesuksesan. Untuk dapat sukses dan lulus dari cpns ini sangat mudah. Tidak perlu mengalahkan orang lain, tetapi bagaimana kamu melawan diri kamu sendiri untuk mencapai tujuan kamu.
  1. Mintalah Doa Restu dari Kedua Orang Tua, Istri/Suami dan Orang Terdekatmu
    Doa restu dari orang tua dan orang-orang terdekatmu itu juga tidak kalah penting, maka mintalah doa restu dari mereka. Bisa jadi doa mereka sebagai pendorong kuat dikabulkannya keinginan dan harapanmu.

Nah itulah tadi sekilas tentang strategi atau cara yang harus dipersiapkan dan dilakukan dalam menghadapi tes seleksi CPNS atau PPPK 2021. Tetap semangat dan terus berusaha, yakinlah apabila kita sudah berusaha dan memaksimalkan semuanya, pasti akan indah pada waktunya. Semoga apa yang dicita-citakan dapat terwujud dan bisa menerima apapun hasil akhirnya. Sampai jumpa dipembahasan dan informasi berikutnya ya. Terimakasih.

Baca Juga : 

Inilah Latihan 45 Soal dan Pembahasan Tryout PPPK Tahun 2021
Akhirnya BKN Resmi Buka Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Hari Ini!
Inilah Kisi-kisi Materi Soal SKD CPNS 2021 dalam Permenpan RB No 27 Tahun 2021
Inilah Instansi yang Buka Formasi CPNS dan PPPK 2021 Paling Banyak!
Dikuningan Jawa Barat Seleksi CPNS dan P3K Terancam Tertunda?
Guru PPPK Berpeluang Menjadi CPNS, Apa Kriterianya?
Cara Daftar, Syarat dan Jadwal Seleksi Guru PPPK Tahun 2021

Jangan Lewatkan Pelajari Juga Soal dan Kunci Jawaban Tryout Pedagogik berikut ini:

  1. Soal dan Jawaban Tryout Pedagogik Pembelajaran 1 Teori Belajar
  2. Soal dan Jawaban Tryout Pedagogik Pembelajaran 2 Karakteristik Peserta Didik
  3. Soal dan Kunci Jawaban Tryout Pedagogik Pembelajaran 3 Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
  4. Soal dan Kunci Jawaban Tryout Pedagogik Pembelajaran 4 Desain Pembelajaran
  5. Soal dan Kunci Jawaban Tryout Pedagogik Pembelajaran 5 Dasar Komunikasi
  6. Soal dan Kunci Jawaban Tryout Pedagogik Pembelajaran 6 Konsep Penilaian
  7. Soal dan Kunci Jawaban Tryout Pedagogik Pembelajaran 7 Pengembangan Potensi Peserta Didik

Kumpulan Materi :

Download Kumpulan Materi Pedagogik Disini

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: