Ragam  

Jadwal Liga 1 Persib Bandung, Jadwal Terbaru Liga Indonesia Pasca Bebas Sanksi FIFA

Paslen.com- Berikut jadwal Liga 1 2022 Persib Bandung, Selasa (11/10/2022). Sejumlah jadwal Liga 1 alami perubahan, termasuk jadwal jadwal Liga 1 2022 Persib Bandung. Tak hanya Persib Bandung, perubahan jadwal Liga 1 juga berpengaruh ke sejumlah klub peserta divisi teratas Liga Indonesia pasca sepak bola Indonesia bebas sanksi FIFA.

Pelaksanaan Liga 1, Liga 2, maupun Liga 3 sebelumnya dihentikan menyusul tragedi Kanjuruhan usai laga antara Arema FC dan Persebaya Surabaya. Beberapa pertandingan Liga 1 2022 yang ditunda pelaksanaannya di antaranya duel Persib Bandung vs Persija Jakarta.

Begitupun laga antara PSIS Semarang vs Bhayangkara FC, Barito Putera vs PSM Makassar, dan lainnya. Kini kelanjutan jadwal Liga 1 begitupun kompetisi Liga Indonesia lainnya berada di tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden Jokowi dalam pernyataan terbarunya resmi mengumumkan keputusan FIFA untuk sepak bola Indonesia. Dengan putusan tersebut, Indonesia bebas dari sanksi FIFA.

“Berdasarkan surat tersebut, Alhamdulillah sepakbola Indonesia tidak dikenakan sanksi oleh FIFA,” kata Presiden Jokowi dalam video yang diunggah akun Instagram @jokowi.

Menurut Kepala Negara, keputusan tersebut adalah tindaklanjut dari hasil pembicaraannya dengan Presiden FIFA Gianni Infantino pada 3 Oktober 2022 lalu. Dari hasil pembicaraan usai terjadinya tragedi Kanjuruhan itu, Jokowi akhirnya menerima surat dari FIFA pada Jumat (7/10/2022).

Dalam putusannya, induk sepak bola dunia memutuskan tak menjatuhkan sanksi untuk Indonesia. FIFA bersama pemerintah Indonesia selanjutnya akan membentuk tim transformasi untuk membenahi persepakbolaan Tanah Air.

“FIFA bersama-sama dengan pemerintah akan membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia dan FIFA akan berkantor di Indonesia selama proses-proses tersebut,” jelasnya.

Hanya saja, Presiden Jokowi belum merinci hingga kapan proses transformasi tersebut selesai. Seperti diketahui, penghentian Liga 1 2022, Liga 2, hingga Liga 3 Indonesia dilakukan sampai Presiden menyatakan kondisi persepakbolaan di Indonesia bisa dinormalisasi.

Hal itu disampaikan Ketua Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) tragedi di Stadion Kanjuruhan, Mahfud MD.

Bentuk normalisasi itu, kata Mahfud, akan bergantung pada hasil kerja TGIPF yang saat ini sedang berjalan. “(Dihentikan) Sampai Presiden menyatakan bisa dinormalisasi setelah tim ini menyampaikan rekomendasinya untuk seperti apa normalisasi itu harus dilanjutkan,” ujarnya pada Rabu (5/10/2022) lalu.

Baca juga: Pemain PSIS Semarang Titus Bonai Tuai Sorotan saat Latihan Bersama Tim, Gara-gara Lakukan Ini, Kompetisi Liga 1 2022, Liga 2, Liga 3 Indonesia dihentikan menyusul terjadinya tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 lalu.

Tragedi usai laga Arema FC dan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Malang itu menyebabkan 131 korban meninggal dunia.

Liga Indonesia Masih Dihentikan

Mahfud MD menyampaikan keputusan menghentikan Liga 1 2022, Liga 2, dan Liga 3 Indonesia tersebut sebelumnya menjadi penekanan TGIPF dan disetujui oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

“TGIPF ini juga menekankan dan disetujui oleh Menpora, bahwa semua kegiatan yang berpayung PSSI, terutama Liga 1, 2, dan 3 supaya dihentikan,” jelasnya dikutip TribunnewsSultra.com dari Kompas.com.

Pada Kamis (6/10/2022), Menpora Zainudin Amali, juga menggelar rapat koordinasi terkait evaluasi dan perbaikan sepak bola Indonesia di Auditorium Kemenpora, Jakarta Selatan.

Pertemuan dihadiri Wakil Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Iwan Budianto dan Sekretaris Jenderal atau Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Usai tragedi kanjuruhan usai laga Arema FC vs Persebaya, duel Persib vs Persija ditunda. (Handover)
PT Liga Indonesia Baru (LIB), Kemenkes, Kemendagri, Polri, BNPB, 18 klub Liga 1, dan perwakilan suporter.

Zainudin menjelaskan dalam rapat tersebut seluruh perwakilan tersebut menyampaikan aspirasinya. Semua pihak juga sepakat untuk memperbaiki pelaksanaan seluruh kompetisi di Indonesia seperti Liga 1 2022, Liga 2, hingga Liga 3.

“Hal yang kami diskusikan adalah pertama kita sepakat evaluasi menyeluruh dari penyelenggaraan kompetisi sepak bola nasional,” katanya dikutip TribunnewsSultra.com dari BolaSport.com.

“Tentu bukan hanya Liga 1 tapi juga Liga 2 dan Liga”3,” jelas politisi Partai Golkar tersebut menambahkan,

Menurutnya, masukan yang disampaikan peserta rapat tersebut cukup mewakili situasi yang terjadi saat ini. “Selanjutnya juga ada satu hal yang penting yang selama ini belum tersentuh serius yakni tentang suporter itu juga menjadi hal yang kita dengarkan masukannya,” ujarnya.

Apalagi, katanya, suporter dalam undang-undang keolahragaan sudah ada pasal-pasal yang mengatur hak dan kewajibannya. Tapi mungkin belum tersosialisasikan dengan baik kepada para suporter maupun penonton.

“Maka itu jadi tugas dari PSSI dan elemen-elemen terkait untuk lakukan langkah-langkah agar bisa tersosialisasi dan ke depan tidak terjadi lagi hal-hal yang selama ini,” katanya. “Saya senang hari ini, saya dapat komitmen dari suporter,” lanjut pria kelahiran Gorontalo tersebut.

Baca Juga: Apakah Benar? Timnas Indonesia U-17 Disebut Gantikan Laos di Piala Asia U-17 2023

Keputusan Resmi FIFA

Presiden Jokowi dalam pernyataannya mengatakan pihaknya telah menerima surat keputusan dari Federation Internationale de Football Association (FIFA). Keputusan tersebut adalah tindak lanjut dari hasil pembicaraan dirinya dengan Presiden FIFA Gianni Infantino pada 3 Oktober 2022 lalu melalui telepon.

Presiden Jokowi langsung menghubungi Gianni usai terjadinya tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober lalu.

“Dan berdasarkan surat tersebut, Alhamdulillah sepakbola Indonesia tidak dikenakan sanksi oleh FIFA,” katanya. “Dan FIFA bersama-sama dengan pemerintah akan membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia,” jelasnya menambahkan.

Perwakilan induk organisasi sepak bola dunia tersebut bahkan akan berkantor di Indonesia selama proses-proses tranformasi itu.“Selain itu, akan dilakukan langka-langkah kolaborasi antara FIFA, AFC, dan pemerintah Indonesia,” ujar Jokowi.

Kolaborasi tersebut pertama yakni membangun standar keamanan stadion di Indonesia. Kedua, memformulasikan standar protokol dan prosedur pengamanan yang dilakukan oleh pihak kepolisian berdasarkan standar keamanan internasional.

“Yang ketiga, melakukan sosialisasi dan diskusi dengan klub-klub bola di Indonesia termasuk perwakilan suporter untuk mendapatkan saran dan masukan serta komitmen bersama,” kata Presiden.

Keempat, pengaturan jadwal pertandingan yang memperhitungkan potensi-potensi dan resiko yang ada, serta kelima yakni pendampingan dari para ahli di bidangnya.

Presiden Jokowi langsung menghubungi Gianni usai terjadinya tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober lalu. “Dan berdasarkan surat tersebut, Alhamdulillah sepakbola Indonesia tidak dikenakan sanksi oleh FIFA,” katanya.

“Dan FIFA bersama-sama dengan pemerintah akan membentuk tim transformasi sepak bola Indonesia,” jelasnya menambahkan.

Perwakilan induk organisasi sepak bola dunia tersebut bahkan akan berkantor di Indonesia selama proses-proses tranformasi itu. “Selain itu, akan dilakukan langka-langkah kolaborasi antara FIFA, AFC, dan pemerintah Indonesia,” ujar Jokowi.

Kolaborasi tersebut pertama yakni membangun standar keamanan stadion di Indonesia. Kedua, memformulasikan standar protokol dan prosedur pengamanan yang dilakukan oleh pihak kepolisian berdasarkan standar keamanan internasional.

“Yang ketiga, melakukan sosialisasi dan diskusi dengan klub-klub bola di Indonesia termasuk perwakilan suporter untuk mendapatkan saran dan masukan serta komitmen bersama,” kata Presiden.

Keempat, pengaturan jadwal pertandingan yang memperhitungkan potensi-potensi dan resiko yang ada, serta kelima yakni pendampingan dari para ahli di bidangnya.

“Nanti Presiden FIFA akan datang ke Indonesia pada Oktober atau November untuk berdiskusi dengan pemerintah,” jelasnya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: