Ragam  

Resep Masakan Olahan Terong Ungu Yang Menggoda

Paslen.com– Ngomong ngomong kamu tahu nggak terong itu sayur apa buah? hayo ternyata terong ini bukan termasuk sayur loh dan bagian dari golongan buah buahan. Buah terong ini ada ada beberapa jenis ada terong ungu dan terong hijo yang suka dijadikan lalaban. Olahan terong ungu yanng menggoda ini bisa jadi reperensi kamu masak untuk keluarga dirumah dengan berbagai macam acara sepertinya olahan terong ini masih tetep masuk karena kelezatannya yang memang tiada tanding haahaa

Terong ungu ini bisa diolah dengan berbagai macam masakan yang menggoda, bisa di olah menjadi terong kripsi, balado dan pedas banget. Itu bisa sekali yang terpenting kamu masaknya dengan hati hehe. Youk kamu bisa kok masak olahan terong ini menjadi menggoda dan pastinya disukai oleh banyak orang dan pestinya yang terpenting adalah keluarga.

Cara memasak terong ungu pun cukup mudah dan nggak butuh waktu lama. Pasalnya, jika dimasak terlalu lama terong akan menjadi lembek teksturnya. Saat membuat tumis terong ungu pedas, kamu juga mengkreasikan dengan berbagai bahan yang bikin rasanya makin lengkap. Berikut Resep Masakan Olahan Terong Ungu Yang Menggoda

Terong sambal teri pete

Bahan:
400 gram terong di goreng dulu dan sisihkan
3 papan pete
Sengenggam teri ukuran kecil, cuci dan goreng dulu
1 butir tomat
Garam, gula dan minyak secukupnya
Air bersih secukupnya

Bumbunya:
Cabe merah 13 butir buang bijinya
Bawang merah 6 butir

Cara:
Tumis bumbu hingga harum, masukkan pete, dan tomat tumis bentar lalu masukkan terong goreng dan garam serta gula ksh air sedikit, diamkan bentar smp meresap baru taburkan teri..
Test rasa, angkat sajikan
Selamat mencoba, semoga bermanfaat ya 😍😘
Oh iya ini masakkannya gak pedes ya, klo suka pedes boleh tambahkan cabe rawit..
Dan bumbunya jg enak loh dicocol sama daun selada.

Terong Balado

Bahan:
500gr terong
3 daun jeruk, buang tulang tengah
1 tomat, potong2 kecil
100ml air
Garam dan gula secukupnya

Bumbu, ulek kasar:
10 cabe merah keriting
6 bawang merah
4 bawang putih
1sdt terasi bubuk

Rendaman terong:
1sdt garam
1sdm cuka beras (pake cuka yg biasa juga bisa, tapi harus dikurangi ya takarannya)
Air secukupnya

Cara:
~ Cuci bersih terong, potong2, rendam 10 menit. Tujuannya supaya warna terong tetep bagus setelah digoreng. Angkat dan tiriskan.
~ Goreng terong hingga matang, angkat dan sisihkan.
~ Panaskan minyak di wajan, tumis bumbu sampai harum, masukkan tomat dan daun jeruk, tumis sampai tomat layu.
~ Tambahkan air, garam dan gula, masak sampai agak mengental.
~ Masukkan terong, aduk rata. Siap disajikan 😋.

TERONG BALADO TERI

Bahan:
3 buah terong ungu
1 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
Garam secukupnya
Gula merah secukupnya
Minyak goreng

Bumbu halus:
4 siung bawang merah
4 siung bawang putih
5 buah cabe merah
Sedikit terasi

Topping: teri goreng

Cara membuat:

  1. Potong-potong terong, lalu goreng sampai layu, angkat & tiriskan.
  2. Tumis bumbu halus sampai matang, masukkan garam, gula merah, daun salam & daun jeruk, aduk. Masukkan terong, aduk-aduk sebentar lalu angkat. Sajikan dengan taburan teri goreng.

Balado Terong Teri Menggoda

Bahan :
3 buah terong ungu, potong-potong
100 gr teri medan, goreng
1 sdt kaldu jamur (optional)
Garam dan gula secukupnya

Bumbu uleg :
20 buah cabe merah
5 buah cabe rawit merah
6 butir bawang merah
1 buah tomat buang bijinya

Cara membuat :
1. Goreng terong hingga matang, tiriskan
2. Panaskan minyak sisa menggoreng secukupnya, tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan kaldu jamur, garam dan gula. Aduk rata tumis hingga matang.
3. Masukkan terong aduk rata, masukkan teri goreng. Aduk rata, angkat dan sajikan. 

Baca Juga: Resep Cibay Isi Pedas Lumer dan Mantap

BALADO TERI PETE TERONG

Bahan:
1 lonjor pete
50 gr teri
2 bh terong ungu, belah dua lalu potong²
50 gr cabe merah keriting
Cabe rawit, ( tergantung seleranya)
7 btr bawang merah
1 bh tomat
Garam, gula dan penyedap secukupnya.
.
Cara membuatnya:
1. Potong bagian samping kulit pete yang keras, lalu kerik kulitnya pakai pisau, buang kalau ada bagian yang hitam, potong dua bersama kulitnya. Cuci bersih lalu tiriskan.

2. Rendam teri dengan air garam sebentar, lalu cuci, tiriskan.

3. Goreng masing², pete , terong dan teri.
( jangan sekaligus )

4. Uleg/ blender kasar cabe , bawang dan tomat, beri garam.

5. Lalu tumis sampai harum & cabe matang tidak bau langu, beri gula dan penyedap, aduk rata, baru masukkan pete, terong dan teri, aduk sampai rata.
Koreksi rasa. Angkat, sajikan 

Baca Juga : Resep Serba Olahan Telor Yang Menggoda

BALADO TERONG ALA PADANG⁣

BAHAN :⁣
4 buah terong ungu ukuran kecil, cuci, tangkainya gak usah dibuang, belah 2 jgn sampe putus, lalu goreng⁣
2 lembar daun salam⁣
2 lembar daun jeruk⁣
Secukupnya garam dan kaldu jamur⁣
Sejumput gula pasir⁣
1 sdm air asam jawa/kandis⁣
6 sdm minyak goreng utk menumis⁣
.⁣
BUMBU DIREBUS :⁣
7 buah cabe merah kriting⁣
5 buah cabe rawit merah⁣
2 siung bawang putih⁣
5 siung bawang merah⁣
1 buah tomat⁣
.⁣
CARA MEMBUATNYA :⁣
1. Ulek bumbu yg sudah direbus, jangan ampe halus ya biar ada tekstur cabenya⁣
2. Panaskan minyak, kemudian tumis bumbu, daun salam dan daun jeruk sampai matang dan mengeluarkan minyak, beri garam, gula pasir, kaldu jamur, air asam jawa. Aduk, matikan kompor⁣
3. Tata terong diatas piring saji, lalu lumuri terong dengan bumbu balado⁣ 

Daiatas adalah Resep Masakan Olahan Terong Ungu Yang Menggoda yang bisa kamu masak dan sajikan di berbagai macam acara, semoga bermanfaat dan lezat teru masakannya 🙂

Leave a Reply

%d bloggers like this: