Ragam  

Syarat Pengajuan NUPTK dan Manfaatnya Bagi Guru dan Tenaga Kependidikan

Paslen.com – Hallo pasleners para guru dan tenaga kependidikan disekolah yang sudah lama mengabdikan dirinya. Mungkin sampai saat ini masih ada diantara bapak ibu guru dan tenaga kependidikan (Staf TU) yang belum memiliki NUPTK. Sebenarnya apa sih NUPTK itu dan untuk apa manfaatnya?

NUPTK yaitu Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan merupakan Nomor Induk bagi seorang Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK). NUPTK ini diberikan kepada seluruh GTK baik PNS maupun Non-PNS yang memenuhi persyaratan dan ketentuan sesuai dengan surat Direktur Jenderal GTK sebagai Nomor Identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan. 

Nah, untuk bisa mendapatkan NUPTK ini apa sih yang harus dilakukan oleh Guru atau Tenaga Kependidikan? Berikut ini adalah Syarat dan kriteria untuk mendapatkan NUPTK :

1. Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) terdata aktif dalam pendataan Dapodik

2. Belum memiliki NUPTK

3. Bertugas di satuan pendidikan yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)

4. Nomor Induk Kependidikan (NIK) dan data PTK yang tercatat pada verval PTK di laman https://vervalptk.kemdikbud.go.id sudah valid dukcapil.

5. Persyaratan calon penerima NUPTK dapat diunggah di https://vervalptk.kemdikbud.go.id.

6. Memiliki ijazah dengan kualifikasi pendidikan terakhir sesuai dengan jenis PTK yang diampu di satuan pendidikan.

7. Memiliki surat penetapan/ketentuan pengangkatan dan penugasan disesuaikan dengan satuan pendidikan negeri/ swasta.

8. Untuk guru sekolah negeri minimal harus memiliki SK setingkat Kab/Kota/Provinsi (tidak bisa menggunakan SK Kepala Sekolah), sedangkan untuk sekolah swasta cukup dengan SK GTY dari Yayasan.

9. Untuk lebih jelasnya silakan bisa komunikasikan dengan operator disekolahnya masing-masing, karena biasanya operator sudah lebih dulu tahu dan mengerti terkait syarat untuk pengajuan NUPTK.

Jadi, itulah persyaratan dan juga kriteria bagi Guru dan Tenaga Kependidikan yang bisa mendapatkan NUPTK. NUPTK ini memiliki berbagai manfaat bagi Guru dan Tenaga Kependidikan, dan berikut ini adalah manfaat dari NUPTK.

Beberapa manfaat penting NUPTK 2022 sebagai berikut :

Pertama, NUPTK merupakan syarat pembayaran honor guru dengan dana BOS.

Kedua, NUPTK menjadi syarat utama pemanggilan PPG.

Ketiga, syarat pencairan TPG (tunjangan profesi guru).

Selain itu, manfaat lainnya yaitu :

1 Memeroleh nomor identifikasi resmi dan berpartisipasi secara resmi dan nasional dalam berbagai program atau kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat atau daerah.

2. Memperoleh tunjangan

3. Mendapatkan beasiswa pendidikan

4. Berpartisipasi dalam proses atau mekanisme pengumpulan data nasional untuk membantu pemerintah dalam perencanaan berbagai program peningkatan kesejahteraan bagi para pendidik.

Itulah syarat untuk bisa melakukan pengajuan NUPTK dan manfaat memiliki NUPTK, bagi bapak/ibu yang sudah memenuhi persyaratan, silakan segera mengajukan dan melakukan komunikasi dengan operator disekolahnya masing-masing. Semoga informasi ini bermanfaat dan bapak/ibu guru serta staf TU yang belum memiliki NUPTK bisa segera memilikinya.

Sampai juga di pembahasan dan informasi-informasi berikutnya dari kami. Terimakasih.

Leave a Reply

%d bloggers like this: