Tips Meningkatkan Imunitas Dengan Liburan

  • Share

Paslen.com – Hai pasleners ternyata pergi berlibur selama 2 minggu selepas bekerja bisa meningkatkan imunitas tubuh loh, untuk kamu yang mau liburan dan suntuk dengan keadaan yang sekarang, tetap hati hati dan jaga protokol kesehatan. yang terpenting kondisi tubuh kamu sedang keadaan fit yah.

Berlibur dari segala kegiatan pekerjaan selama dua minggu bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu melawan berbagai macam infeksi. Para ilmuwan menemukan, pergantian tempat hidup menghasilkan perubahan dramatis pada sel darah putih, dan membuat tubuh lebih cenderung memliki perlindungan terhadap efek inflamasi.

dikutip dari liputan6.com Penelitian yang dilakukan di Queen Mary University of London (QMUL) memberikan bukti pertama bahwa sebuah lingkungan yang memiliki banyak pengaruh terhadap fungsi T-cell–sebuah tipe sel darah putih yang sangat penting untuk daya tahan tubuh.Sel ini bisa melawan virus HIV, rheumatoid arthritis, dan penyakit kronis lainnya.

Adapun Tips Menjaga Imun Saat Travelling Di Masa Pandemi

Liburan atau travelling ketika masa pandemi sebenarnya bisa dilakukan dengan aman jika sesuai protokol kesehatan, dalam kondisi kesehatan yang bagus dan memilih tempat berlibur yang jauh dari kerumunan. Beberapa tipe liburan di masa pandemi yang bisa dicoba:

  1. Menginap di hotel atau villa

Travelling atau liburan tidak harus pergi ke tempat yang banyak pengunjungnya misalnya taman hiburan atau kebun binatang karena yang penting kegiatan ini membuat pikiran jadi lebih segar dan bisa lepas dari rutinitas walau sesaat. Untuk menghindari kerumunan, liburan di hotel atau villa yang bagus dapat menjadi satu alternatif untuk dipertimbangkan (2). Hotel dengan pelayanan yang memuaskan plus kamar yang nyaman dengan desain kekinian bisa membawa kesegaran bagi fisik dan mental.

Menghabiskan waktu di hotel atau villa bersama keluarga atau pasangan juga memberikan kesempatan untuk melakukan quality time yang semakin mendekatkan hubungan. Tapi, jangan lupa memastikan terlebih dahulu bahwa hotel tujuan melakukan protokol kesehatan yang ketat dan selalu menjaga kebersihan tempat, fasilitas serta makanannya (1).

  1. Rekreasi ke pantai

Kerumunan akan lebih mungkin terjadi di tempat wisata yang mudah dijangkau atau di ruangan tertutup. Beda halnya dengan alam terbuka apalagi yang tempatnya membutuhkan waktu lebih untuk dijamah, misalnya saja pantai. Rekreasi ke pantai bisa menjadi ide travelling seru untuk dilakukan di tengah masa pandemi. Selain tidak bertemu banyak orang, kegiatan refreshing di alam bebas juga bisa membuat tubuh dan pikiran lebih segar dan sehat (2).

Merasakan hembusan angin, melihat ombak yang bergulung-gulung dan merasakan belaian lembut pasir pantai menjadikan rekreasi kali ini sangat berkesan. Yang penting, pastikan membawa hand sanitizer dan spray disinfektan untuk menjaga tangan dan benda di sekeliling bebas kuman dan bakteri.

  1. Staycation di rumah kerabat

Jika masih khawatir bertemu dengan orang lain yang mungkin saja sedang tidak sehat, jenis liburan di masa pandemi lainnya yang bisa dilakukan adalah staycation atau menginap di rumah kerabat yang jarang dikunjungi (2). Tentu saja akan lebih baik untuk pergi ke sana dengan kendaraan pribadi karena tidak harus bersentuhan dengan orang lain sesama penumpang. Ide liburan ini juga lebih aman karena Anda pasti tahu riwayat kesehatan anggota keluarga tersebut sehingga kekhawatiran akan infeksi penyakit bisa ditekan. Jauh dari laptop dan pekerjaan, bernostalgia dengan cerita masa kecil dan menikmati hidangan yang dipesan dari resto sekitar akan menjadi momen menyenangkan lagi aman dan sehat.

Baca Juga : Inilah Makanan dan Minuman Penambah Imun Tubuh

Liburan ketika pandemi ternyata juga bisa dilakukan dengan sehat dan nyaman, bukan? Supaya lebih aman dan terhindar dari segala macam penyakit, selalu terapkan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, menjaga kebersihan tangan hingga menghindari kerumunan baik dalam perjalanan maupun di tengah liburan. Dan supaya ketahanan tubuh lebih terjaga serta senantiasa sehat, beberapa tips berikut akan bermanfaat.

  1. Istirahat yang cukup

Menjelang liburan yang menyenangkan pastikan mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Begitu pula ketika asyik travelling, jangan lupa bahwa jam tidur yang ideal menjadikan tubuh lebih berstamina dan kuat. Dengan tidur yang cukup, ketahanan tubuh meningkat.

  1. Makan makanan bernutrisi

Memenuhi kebutuhan gizi saat liburan wajib hukumnya karena untuk meningkatkan sistem imun tubuh dibutuhkan berbagai nutrisi penting misalnya protein, mineral dan juga vitamin terutama vitamin C. Jika diperlukan, jangan ragu untuk meminum suplemen penambah daya tahan tubuh yang tinggi kandungan vitamin C dan zinc supaya imun tubuh terjaga dan selalu prima. Jangan kendor jaga imun saat liburan, ya.

  1. Olahraga teratur

Olahraga teratur bukan hanya membantu proses detoks yang menjadikan tubuh lebih sehat dan segar, namun juga meningkatkan imun tubuh. Pasalnya, ketika tubuh aktif bergerak, asupan oksigen ke dalam sel-sel tubuh jadi lebih lancar dan begitu pula dengan peredaran darah yang membawa nutrisi serta hormon tertentu yang dibutuhkan untuk tetap bugar. Beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan selama liburan adalah jogging di pagi hari, melakukan beberapa set push up dan sit up, yoga, dan senam dengan diiringi lagu yang disuka. Dengan begini, liburan tetap jalan dan tubuh tetap kuat dan sehat.

#Semoga Bermanfaat ***

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *