Ragam  

5 Cara Menghilangkan Ngantuk Waktu Belajar Daring

Paslen.com – hai pasleners untuk kamu yang sedang mengalami rasa mengantuk saat belajar sendirian maupun saat belajar di kelas beresama teman teman selalu merasakan ngatuk. mengantuk adalah salah satu hambatan utama bagi kebanyakan orang yang sedang fokus belajar, sering terjadi seperti ini setelah membaca materi pelajaran mata langsung merasakan ngantuk yang sangat berat, akan tetapi kalo membaca buku novel asik asik aja, ketika membaca mata pelajaran malah mengalami rasa ngatuk yang sangat berat disertai dengan menguap yang tak kunjung berhenti lalu adakah cara untuk permasalahan sering mengantuk saat belajar?


Tahukah kamu penyebab cepat mengantuk saat kita belajar sendirian ataupun belajar dikelas,Ternyata mengantuk saat kita sedang belajar memanglah sangat umum terjadi kalangan peserta didik dan berbagai usia, rasa ngantuk dapat terasa ketika sedang belajar sendirian sama teman teman bahkan ketika kita sedang berada dikelas sekolah juga sering terjadi fenomena rasa kantuk tak tertahan. Banyak hal yang mendasari rasa ngatuk ternyata teman teman, biasanya tingkat konsentarsi pelajar iu sekitar 15 menit selebihnya itu terkadang tingkat konsentrasinya cenderung menurun menjadi rasa ngantuk. berikut cara menghilangkan ngantuk waktu belajar daring

Inilah 5 Cara Menghilangkan Ngantuk Waktu Belajar Daring

1. Pakai lampu yang lebih terang

Untuk mengatasi ngantuk, cara pertama adalah memakai lampu yang lebih terang. Pasalnya, bagaimana mata bisa fokus jika Anda menggunakan lampu yang tidak begitu terang, kan? Bila perlu, nyalakan lampu ruangan juga selain lampu belajar untuk membuat Anda tetap terjaga.

Keadaan yang cenderung gelap atau setengah gelap terutama di malam hari, dapat membantu tubuh melepaskan hormon melatonin. Hormon ini yang membuat tubuh terasa nyaman dan rileks, lalu mengantuk dan akhirnya tertidur. Nah, ingin tetap terjaga saat belajar malam? Gunakan lampu yang lebih terang agar ruangan tidak temaram.

2. Dengarkan lagu-lagu favorit

Cara kedua yang juga dikenal ampuh sebagai cara menghilangkan ngantuk saat belajar malam adalah mendengarkan lagu-lagu favorit. Siapkan playlist yang berisikan banyak lagu-lagu kesukaan, lalu gunakan headset untuk mendengarkannya. Lakukan ini agar suasana tetap hening dan Anda tidak mengganggu waktu istirahat orang lain.

Namun ingat, jangan memutar lagu-lagu kenangan bersama kekasih yang kemudian malah membuat Anda melamun. Atau memutar lagu-lagu berirama syahdu karena Anda justru akan tertidur. Pilih yang berirama cepat, yang dapat membangkitkan semangat agar Anda tetap terjaga dan sanggup menyelesaikan tugas-tugas. Bagaimana kalau lagu-lagu perjuangan? Setuju?

3. Hindari makan malam berlebihan

Jika Anda harus mengerjakan tugas di malam hari, sebaiknya hindari makan malam berlebihan. Kondisi perut yang penuh atau kekenyangan akan membuat Anda kehilangan fokus belajar sehingga memilih tidur saja. Hindari juga mengonsumsi karbohidrat yang terlalu banyak seperti nasi, roti, mie dan sebagainya. Karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang dapat membuat Anda cepat mengantuk.

Kalaupun Anda ingin mengonsumsi karbohidrat, pilih yang berjenis karbohidrat kompleks karena lebih banyak serat seperti gandum, kentang, beras merah, ubi jalar, jagung, atau kedelai. Alternatif lain adalah perbanyak sayur dan buah pada saat makan malam. Serat pada sayur dan buah akan membuat Anda kenyang lebih lama dan lebih berenergi saat belajar malam.

Baca Juga : Peralatan dan Aksesoris Yang Mendukung Untuk Belajar Daring

4. Hindari olahraga berlebihan

Olahraga memang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan stamina, namun jika dilakukan secara berlebihan akan berdampak kurang baik bagi tubuh kita. Segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik, bukan? Olahraga yang berlebihan dapat menyebabkan Anda kelelahan bahkan mengalami nyeri otot dan sendi. Akibatnya, Anda akan malas melakukan sesuatu apalagi harus belajar di malam hari.

Karenanya, lakukan olahraga secukupnya saja untuk menjaga kebugaran. Tidak perlu sampai berlebihan dan mengakibatkan kelelahan. Alih-alih belajar, Anda malah tertidur pulas sampai pagi.

5. Jangan belajar sambil tiduran

Jika Anda memang serius ingin mengerjakan sesuatu atau belajar di malam hari, jangan pernah belajar sambil tiduran di kasur. Belajarlah dengan posisi yang benar. Duduk di meja belajar Anda atau gunakan meja belajar lipat. Gunakan lampu yang cukup terang lalu atur jarak pandang dengan buku agar mata tidak mudah lelah.Belajar sambil tiduran memang posisi yang paling nyaman, namun juga paling rawan karena Anda mudah sekali tertidur di atas empuknya bantal.

Baca Juga : Tips Belajar Daring Agar Tetap Efektif

Belajar di malam hari memang membutuhkan kemauan, niat dan konsentrasi yang tinggi. Karena tanpa itu maka bisa dipastikan Anda akan tertidur sebelum sempat mempelajari apa-apa. Banyak cara agar Anda tetap terjaga, tetapi pastikan dulu Anda memang mau belajar dan bukan karena ikut-ikutan atau terpaksa. 5 Cara Menghilangkan Ngantuk Waktu Belajar Daring Semoga bermanfaat ***

Leave a Reply

%d bloggers like this: