Ragam  

7 Tips Agar Bisnismu Berkah Melimpah

Avatar

Paslen.com – Hai pasleners banyak orang yang membuka usaha, akan tetapi sulit sekali untuk memulai, hal ini disebabkan karena tidak punya mental pengusaha. akan tetapi ketika kita mempunyai mental pengusaha bismillah dan niatkan karena allah dan untuk menafkahi keluarga tercinta.
Ketika kita sudah memberanikan diri dan membuka usaha , maka jangan lupa kita usaha bukan sekedar usaha akan tetapi dalam pandangan islam, usaha yang bagus adalah usaha yang memiliki keberhkahaan didalamnya.

Banyak orang yang ingin membuka usaha, tetapi sulit untuk memulai. Hal ini disebabkan karena adanya rasa takut akan kegagalan. Padahal, menjadi seorang pengusaha yang sukses itu harus berani untuk gagal. Sebab, kegagalan merupakan awal dari sebuah kesuksesan. Tentunya, Anda harus mempersiapkan mental yang kuat untuk menghadapi kenyataan itu.

Ketika Anda sudah memberanikan diri untuk membuka usaha, maka jangan hanya sekadar usaha. Anda juga perlu melakukan trik-trik khusus untuk mensukseskan usaha Anda. Nah, sebagai seorang Muslim, sukses saja tidak cukup. Perlu juga adanya keberkahan yang diperoleh dari usaha Anda. Inilah tips agar bisnismu berkah melimpah

Luruskan Niat Karna Allah Swt

Perlu diingat bahwa segala aktivitas yang kita lakukan tujuannya untuk ibadah dan mencapai keridhaan Allah. Begitupun dalam berwirausaha, harus meluruskan niat yang baik agar hasilnya baik pula.

Bahkan menurut salah satu potongan Hadits potongan yang menyatakan innamal ‘amalu biniyyat yang artinya sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Jadi, jangan lupa untuk luruskan lagi niat baiknya untuk menjemput rezeki yang halalan thayyiban.

Membulatkan Tekad yang Kuat

Tekad yang kuat merupakan salah satu sifat yang paling penting untuk meraih kesuksesan dalam hidup. Dalam berwirausaha perlu membulatkan tekad yang kuat untuk bisa memulai dan bergerak.

Jika memiliki tekad yang kuat, maka akan mampu menghadapi segala rintangan. Ketika mengalami kegagalan, maka segera bangkit.

Jika melakukan kesalahan, maka segera memperbaikinya demi hasil yang baik baik.

Baca Juga : 5 Modal Utama Jadi Pengusaha Sukses

Dalam Bidang yang Halal

Perlu mengetahui terlebih dahulu tentang halal haramnya suatu produk atau jasa yang akan dijual. Pastikan bidang usaha memenuhi syariat Islam.

Menjual barang cacat atau rusak hukumnya haram dan tidak diperbolehkan dalam islam. Secara tidak langsung jual beli tersebut termasuk penipuan.

Tidak hanya itu, seperti dalam menimbang barang tidak sesuai takarannya juga termasuk unsur penipuan.

Mengajak atau Mencari Partner Usaha dengan Visi yang Sama

Dalam berwirausaha perlu mengajak atau mencari partner usaha dengan visi yang sama. Mengapa demikian? Karena untuk mencapai kesuksesan dalam berwirausaha.

Tugas kali ini adalah mencari partner tepat. Partner yang dapat membangun usaha dengan jujur, ulet, dan tentunya menerapkan nilai-nilai keislaman.

Ingat, visi berwirausaha itu untuk ibadah. Ya, bersama partner perlu membangun usaha dengan tujuan yang baik untuk dunia maupun akhirat.

Menentukan Strategi yang Tepat dan Halal

Mendapatkan keuntungan merupakan buah hasil dari berwirausaha. Tapi, strategi usaha sudah tepat dan halal belum? Lakukan strategi usaha yang halal sesuai dengan syariat Islam.

Hindari strategi usaha yang menyimpang dari islam, seperti menghalalkan segala cara. Karena islam mengatur semua kegiatan manusia termasuk dalam melakukan usaha.

Perbaiki Ibadah

Salat adalah salah satu ibadah yang utama, makanya memperbaiki salat itu dianjurkan. Bahkan saking utamanya salat, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda salat adalah ibadah yang pertama kali akan diperhitungkan di akhirat.

Rasulullah SAW berkata, “Apabila salatnya baik maka seluruh amalnya pun baik. Apabila salatnya buruk maka seluruh amalnya pun akan buruk”. Allah SWT juga berfirman soal keutamaan salat dalam surat Al-Ankabut ayat 45 yang berbunyi, “dirikanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah perbuatan keji dan munkar”.

Jauhi Hutang + Riba

Riba merupakan aktivitas pemberian pinjaman dengan menerapkan bunga yang sangat tinggi kepada peminjam. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mengumpulkan kekayaan, namun dengan cara yang membuat pihak peminjam menderita.

Praktik riba masih banyak kita temukan di sekitar kita. Padahal, riba adalah suatu kegiatan yang seharusnya kita jauhi. Kenapa? Karena, riba membuat hidup tidak tenang.Bagaimana Cara Melunasi Utang Riba? Anda harus memilih cara melunasi utang riba yang efektif dan halal. Pelunasan tidak akan terjadi tanpa kesungguhan untuk mengakhirinya dan kepercayaan pada Allah yang Maha Kuasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: