Ragam  

Benarkah Peluang Guru Honorer Lebih Besar Pada Seleksi PPPK 2022?

Avatar

Paslen.com – Hallo pasleners para pejuang PPPK Guru baik yang belum lulus passing grade maupun yang sudah lulus passing grade belum dapat formasi, tetap semangat ya semoga saja diberikan yang terbaik pada seleksi tahap berikutnya. Khususnya bagi yang sudah lulus passing grade tidak dapat formasi, semoga diberkan formasi tanpa harus mengikuti tes lagi.

Ketum DPP Forum Honorer Nonkategori Dua Indonesia (FHNK2I) Raden Sutopo Yuwono menyampaikan hasil pertemuan terbatas dengan dua pejabat Kemendikbudristek pada 26 Januari 2022.

Berdasarkan informasi yang kami kutip dari jpnn, Dirjen Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbudristek Iwan Syahril, Sekretaris Ditjen GTK Kemendikbudristek Nunuk Suryani dalam pertemuan via zoom dengan pengurus inti FHNK2 terungkap soal kuota PPPK 2022. “Kami sangat berterima kasih kepada Dirjen GTK yang menyampaikan untuk kuota PPPK 2022 sudah diperjuangkan 740 ribu,” kata Sutopo.

Kuota tersebut lanjutnya, bukan hanya untuk guru honorer di bawah Kemendibudristek, tetapi juga Kementerian Agama. Yang menggembirakan lagi, menurut Sutopo, Kemendikbudristek menjamin honorer yang lulus passing grade, tetapi tidak mendapat formasi langsung diangkat begitu formasinya dibuka. “Jadi, teman-teman tidak perlu tes lagi,” ujarnya.

Sutopo juga menyampaikan pesan dari Dirjen Iwan agar mendekati Pemda masing-masing untuk meminta kuota PPPK 2022. Sebab, anggarannya sudah disediakan Kementerian Keuangan. Dana PPPK tidak bisa digunakan untuk keperluan lain. “Dalam pertemuan terbatas kami sempat meminta modul untuk guru honorer non-K2 PAI. Bapak Dirjen berjanji menanyakan kepada Kementerian Agama,” ucapnya.

Dia berharap semua honorer K2, K1, dan non-K2 baik di Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbudristek) lulus tes makin lega dengan adanya proses penetapan NIP dan SK PPPK pada Maret 2022.

Begitu juga honorer non-K2 guru kelas, mata pelajaran (mapel) dan pendidikan agama Islam (PAI) baik di SD, SMP, SMA/SMK negeri yang sudah lulus tes PPPK tahap 1 dan 2, tetapi belum mendapat formasi bisa makin tenang.

Sutopo menyarankan tetap fokus meminta kepada Pemda masing-masing agar ketika ada usulan formasi PPPK 2022 non-K2 PAI langsung ditempatkan. “Kami mendengar langsung dari Bapak Dirjen GTK bahwa yang sudah lulus tes dan tidak mendapat formasi tidak perlu tes. Kuota PPPK sebanyak 740 ribu kuota 2022 sudah termasuk untuk guru agama,” pungkas Sutopo.

Semoga saja bisa berjalan sesuai harapan ya, khususnya bagi yang sudah lulus passing grade tidak dapat formasi bisa langsung diberikan formasi tanpa harus tes lagi dan baru dilanjutkan pelaksanaan seleksi tahap 3 bagi yang belum lulus passing grade.

Mudah-mudahan semua yang ikut tes tahun ini diberikan kemudahan dan kelancaran bisa lolos dan mengisi formasi. Aamiin Ya Rabbal Aalamiin. Sampai jumpa di pembahasan dan informasi-informasi berikutnya dari kami. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: