Ragam  

Benarkah Pendaftaran PPPK Guru Tahap 3 Sudah Dibuka? Inilah info terbaru Kemendikbudristek

Avatar

Paslen.com – Hallo pasleners para pejuang PPPK Guru yang sedang menunggu pelaksanaan seleksi Tahap 3, pastinya sudah menunggu kapan dilaksanakannya bukan? Saat ini ternyata di akun SSCASN nya sudah muncul menu untuk daftar seleksi tahap 3 dan memilih formasi bagi guru yang belum lolos seleksi ditahap 1 dan 2, baik yang lulus passing grade maupun yang belum lulus.

Namun menu tersebut masih belum bisa digunakan, mungkin karena masih proses syncronisasi dan masih menunggu pengumuman resminya untuk pelaksanaan seleksi PPPK Guru Tahap 3.

Jadi pertanyaan sekarang kapan seleksi PPPK Guru tahap 3 dilaksanakan?

Seperti diketahui, seharusnya tahap 3 syarat yang bisa mengikuti tahap 3 adalah

Bagi Pelamar yang tidak lulus Ujian Seleksi Kompetensi II dapat memilih kembali formasi di seluruh wilayah Indonesia. Seleksi kompetensi III dapat diikuti oleh:

  • a. Guru non-ASN yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh instansi daerah dan terdaftar sebagai guru di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi II;
  • b. Tenaga Honorer Eks Kategori II sesuai database Tenaga Honorer Badan Kepegawaian Negara yang tidak lulus seleksi kompetensi II;
  • c. Guru Swasta yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat dan terdaftar sebagai guru di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi II; dan
  • d. Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang belum menjadi guru dan terdaftar di database lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemdikbudristek yang tidak lulus seleksi kompetensi II.

Ujian Seleksi Kompetensi III

Pelamar melaksanakan Ujian Kompetensi III sesuai Formasi yang dipilih.

Nah, Minggu 20 Februari 2022 ini heboh di medsos jika pendaftaran PPPK Guru tahap 3 sudah dibuka.

Di grup facebook Info Guru PPPK, sejumlah nitizen mengunggah informasi pendaftaran PPPK tahap 3.

“Apakah ini benar, PPPK Guru tahap 3 sudah dibuka,” tulis salah satu nitizen.

Jadi apakah benar sudah dibuka?

Belum ada informasi resmi terkait pembukaan PPPK Guru tahap 3.

Di laman resmi gurupppk.kemdikbud.go.id juga belum ada informasi soal tahap 3.

Sebelumnya, Sekretaris Ditjen Guru, Tenaga (GTK) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nunuk Suryani menyebutkan jika sampai saat ini belum ada informasi pendaftaran PPPK guru tahap 3.

“Terkait banyak pertanyaan tentang NI ujian 1 dan 2, silahkan ditanyakan di BKD masing-masing. Terkait ujian ke 3, belum ada info,” tulisnya dalam akun instagram awal Februari lalu.

Ada juga informasi beredar bahwasanya pelaksanaan PPPK Guru Tahap 3 akan dilaksanakan bersamaan atau masuk kedalam rangkaian seleksi PPPK Guru 2022 dan untuk yang sudah Passing Grade tidak dapat formasi tidak perlu ujian lagi atau boleh ikut lagi jika ingin memperbaiki nilainya. Untuk itu kita tunggu saja ya pengumuman resminya dari Kemdikbudristek dan juga Panselnas terkait pelaksanaan seleksi PPPK Guru Tahap 3 dan PPPK Tahun 2022, semoga saja benar ada regulasi terbaru dan terbaik untuk semua guru non ASN di Indonesia.

Sambil menunggu pengumuman resminya, lebih baik kita persiapkan diri semaksimal mungkin untuk menghadapi seleksi baik PPPK Guru Tahap 3 maupun PPPK 2022, semoga pada saat pelaksanaannya nanti diberikan kemudahan, kelancaran bisa lolos dan mengisi formasi. Sampai jumpa di pembahasan dan informasi-informasi berikutnya dari kami. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: