Benarkah Swab Antigen & Vaksinasi Peserta Seleksi PPPK Guru Ditanggung Kemenkes? Berikut Penjelasannya

  • Share

Paslen.com – Hai pasleners bagaimana kabarnya hari ini? Semoga dalam keadaan sehat ya dan senantiasa diberikan kelancaran dalam setiap aktivitasnya. Tidak terasa hal yang ditunggu-tunggu para calon pelamar PPPK 2021 yang akan mengikuti seleksi ternyata sudah ada jadwal dan lokasi tesnya. Namun untuk mengikuti seleksi ternyata banyak syarat yang harus dipenuhi juga, salah satunya harus melakukan swab antigen dan vaksinasi H-1 sebelum pelaksanaan seleksi berlangsung.

Tentunya ini menjadi hal yang membuat para pelamar PPPK yang mengikuti seleksi menjadi dilema dan khawatir apakah ada pelaksanaan swab sebelum hari H seleksi dan berapa biayanya? Dan Alhamdulillah terjawab sudah kekhawatiran itu, pasalnya Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akhirnya menyediakan fasilitas swab antigen dan vaksinasi bagi seluruh peserta seleksi PPPK guru.

Fasilitas swab antigen dan vaksinasi Kemenkes tersebut berlaku bagi peserta seleksi PPPK guru di seluruh Indonesia dan dipertegas dalam surat bernomor SR.04.01/II/2309/2021.

Surat itu ditandatangani Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Maxi Rein Rondonuwu pada 6 September 2021.

Surat tersebut ditujukan kepada seluruh kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) provinsi, kabupaten, dan kota seluruh Indonesia.

Menurut Maxi, pemberian fasilitas tersebut sebagai tindak lanjut atas surat Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbudristek Iwan Syahril perihal permohonan bantuan swab antigen dan vaksinasi kepada seluruh peserta seleksi PPPK 2021 formasi guru.

“Pemeriksaan swab antigen dan vaksinasi untuk peserta agar difasilitasi Dinkes di daerah sesuai daerah asal peserta menggunakan RDT antigen dan vaksin yang sudah didistribusikan Kemenkes,” tutur Maxi dalam suratnya.

Dinkes provinsi diminta segera mendistribusikan RDT antigen pada Dinkes kabupaten/kota yang sudah tidak memiliki ketersediaan RDT antigen atau jumlahnya sudah terbatas.

Selain itu, dinkes provinsi yang tidak memiliki ketersediaan RDT antigen atau jumlahnya terbatas untuk didistribusikan ke kabupaten/kota segera menyampaikan permintaan ke Kemenkes.

Lebih lanjut dikatakan Dinkes provinsi diminta segera meneruskan informasi mengenai kebijakan untuk peserta seleksi PPPK guru secara berjenjang pada dinkes kabupaten/kota dan puskesmas.

“Hal-hal teknis yang berkaitan dengan pemeriksaan swab antigen dan vaksinasi bisa diatur oleh masing-masing dan berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Daerah dan Dinas Pendidikan Kebudayaan daerah masing-masing,” tutup Maxi. “Dikutip dari jpnn”

Itulah informasi seputar swab antigen dan vaksinasi peserta seleksi PPPK 2021, yang Alhamdulillah akan difasilitasi dan ditanggung kemenkes. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan, kemudahan dan kelancaran dalam menghadapi seleksi PPPK ini serta bisa lulus menjadi ASN Tahun ini. Jangan lupa untuk terus berlatih dan berdoa yang terbaik ya teman-teman. Bagikan informasi ini kepada teman-teman, saudara kita siapa tahu ada yang membutuhkan, boleh share juga di media sosial. Sukses buat kita semuanya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: