Cara Konfigurasi NAT Static di Aplikasi Cisco Packet Tracer

Paslen.com – Hallo pasleners yang sedang belajar Administrasi Infrastruktur Jaringan, kali ini kami akan berbagai tutorial konfigurasi Nat Static di Aplikasi Cisco Packet Tracer versi desktop maupun versi mobile android. Tahukah kamu apa itu NAT?

NAT (Network Address Translation) adalah sebuah proses pemetaan alamat IP dimana perangkat jaringan komputer akan memberikan alamat IP public ke perangkat jaringan local sehingga banyak IP private yang dapat mengakses IP public.

Dengan kata lain NAT akan mentranslasikan alamat IP sehingga IP address pada jaringan local dapat mengakses IP public pada jaringan WAN. NAT mentranslasikan alamat IP private untuk dapat mengakses alamat host di internet dengan menggunakan alamat IP public pada jaringan tersebut.

Tanpa hal tersebut (NAT) tidak mungkin IP private pada jaringan local bisa mengakses internet. IP local digunakan hanya untuk jaringan local saja , sedangkan IP Public digunakan secara umum, IP Public inilah yang digunakan untuk berkomunikasi di dunia internet karena dapat diakses dari mana pun.

Statis NAT (Static NAT) adalah jenis network address translation yang menerjemahkan semua alamat IP pribadi menjadi alamat publik meskipun alamat tersebut belum terdaftarkan.

Jenis NAT yang stasis ini umumnya digunakan untuk melakukan remote access ke komputer lokal. Nantinya Anda bisa mengakses semua komputer yang ada ada pada jaringan tersebut.

Akses ini pun bisa dilakukan melalui jaringan publik lho pasleners. Jadi siapapun bisa dengan bebas mengakses semua perangkat pada jaringan tersebut tanpa settingan tambahan.

Jenis static NAT adalah jenis yang paling mudah untuk digunakan. Namun, jenis ini memang mempunyai beberapa kekurangan pada keamanan dan terbatasnya alamat IP yang tersedia.

Berikut ini cara Konfigurasi NAT Static di Aplikasi Cisco Packet Tracer yang bisa kalian coba praktik kan sendiri, baik itu menggunakan versi desktop ataupun versi mobile, inilah langkah-langkahnya :

  1. Pertama Buatlah Topologi sesuai yang kamu inginkan, sebagai sample berikut ini kami contohkan :
    • 2 Router
    • 1 Switch 2950-24
    • 3 PC

Selanjutnya Beri Identitas Pada Masing-masing Perangkat.

  1. Isi IP Address, Subnet Mask, dan Gateway pada Masing-masing PC
    • PC0 : IP Address 192.100.99.2
      • Subnet Mask 255.255.255.0
      • Gateway 192.168.99.1
    • PC1 : IP Address 192.100.99.3
      • Subnet Mask 255.255.255.0
      • Gateway 192.168.99.1
    • PC2 : IP Address 192.100.99.4
      • Subnet Mask 255.255.255.0
      • Gateway 192.168.99.1
  1. Pada Router – NAT, Klik “CLI”. kemudian isi IP Address Pada “FastEthernet0/1” dan “FastEthernet0/0” Seperti Berikut :
  1. Pada Router – ISP, Klik “CLI”. Kemudian isikan IP Address dengan perintah Seperti Berikut :
  1. Tahap Selanjutnya adalah Melakukan Config di Router – NAT, kemudian Klik CLI. Lakukan Config seperti Berikut :
  1. Langkah konfigurasi selanjutnya ini (optional) kalau dirasa belum bisa terhubung ke Router ISP silakan bisa melakukan konfigurasi route ini pada Router – ISP, klik CLI. Lakukan Config seperti Berikut :
  1. Setelah Config, lakukan pengujian ping ke Router – ISP dengan Cara Klik “PC0” klik “command prompt ”. Jika Berhasil, maka akan tampil seperti berikut :

Silakan lakukan pengujian juga (ping) melalui “PC1” dan “PC2” ke Router ISP.

  1. Langkah terakhir adalah mengecek hasil konfigurasi NAT Static dengan cara masukan perintah “show ip nat translation” pada Router – NAT, maka akan tampil seperti gambar berikut ini :

Apabila sudah tampil seperti gambar diatas, berarti konfigurasi NAT Static sudah sukses dan selesai, kamu bisa melihat tabel NAT seperti IP Inside Global, Inside Local, Outside Global dan Outside Local.

Pelajari Juga : Cara Konfigurasi NAT Dynamic di Aplikasi Cisco Packet Tracer

Itulah Cara konfigurasi NAT Static yang bisa kamu coba praktikkan sendiri menggunakan aplikasi cisco packet tracer baik itu versi desktop maupun versi mobile android. Semoga tutorial ini bermanfaat, sampai jumpa dipembahasan dan materi-materi berikutnya dari kami. Terimakasih.

Leave a Reply

%d bloggers like this: