Cara Menggunakan Mikhmon Untuk Wifi Voucher Mikrotik

Avatar

Paslen.com – Hallo pasleners bagaimana kabarnya hari ini, semoga selalu diberikan kesehatan dan kelancaran dalam setiap aktivitasnya ya. Pada kesempatan ini kami akan berbagi kembali seputar tutorial, yaitu cara menggunakan Mikhmon untuk membuat Voucher Wifi di MikroTik.

Mikhmon (MikroTik Hotspot Monitor) adalah aplikasi berbasis web (MikroTik API PHP class) untuk membantu manajemen Hotspot MikroTik. Khususnya MikroTik yang tidak mendukung User Manager.
Mikhmon bukan radius server, jadi tidak harus selalu aktif. Mikhmon dapat diaktifkan saat dibutuhkan atau sesuai kebutuhan.

Dengan bantuan Mikhmon ini tentunya bisa meringankan kita dalam pembuatan voucher, karena akan sangat menyita waktu kalau pembuatan voucher dilakukan secara manual. Misal kita ingin buat 500 voucher sekaligus, masa iya kita bikin satu persatu, nah dengan bantuan Mikhmon kita bisa melakukan pembuatan voucher secara otomatis berapapun yang kita butuhkan/inginkan. Hanya tinggal isi berapa voucher yang akan dibuat, misal 1000 voucher dengan hanya beneran klik saja langsung jadi 1000 voucher.

Tidak hanya itu, kita juga bisa mengatur masa aktif voucher, mengatur kecepatan (bandwidth) upload/download dan juga mengatur harga vouchernya. Selain Mikhmon sebenarnya ada lagi aplikasi yang lainnya untuk pembuatan wifi voucheran, seperti aplikasi bawaan mikrotik yaitu User Manager. Namun untuk user manager ini tidak semua RB mikrotik support, hanya RB mikrotik dengan type tertentu saja.

Dan rata-rata masih banyak menggunakan RB yang belum support user manager seperti RB941-2nD-TC (hAP-Lite2) karena meski belum support RB ini cukup menghemat biaya dengan harga yang paling terjangkau.

Ok langsung saja, kita masuk ke Tutorial Menggunakan Mikhmon + Webserver untuk pembuatan voucher mikrotik :

  1. Download dan extract [mikhmonv3ws].
  2. Jalankan [MikhmonServer] / Run as administrator.
  3. Klik Open Mikhmon atau buka http://127.0.0.1 di browser (disarankan menggunakan Google Chrome).
  4. Login menggunakan user password default [user:mikhmon pass:1234].
  5. Klik Add Router
  6. Isikan IP, user dan password MikroTik, kemudian save dan klik Connect untuk tes koneksi ke MikroTik.
    [IP bisa menggunakan ip yang di ether1, cek dari Winbox : ip->address->ether1].
  7. Buat User Profile baru, atau update User Profile lama dengan memilih Expired Mode. Sesuikan dengan kebutuhan.
  8. User Profile sudah siap, selanjutnya sudah bisa add user atau generate user dan cetak voucher.

Silakan bisa juga kamu ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. setelah download lalu buka

2.Lalu masuk memaki username (mikhmon) dan pasword (1234)

3. ini yaitu user login mikhmon bisa di ubah sesuai keinginan sendiri

4. Ini yaitu berkas atau riwayat setting

5. Jika belum ada maka add router

6. lalu isi sesuai yang di cantumakan > connect akan terbuka dasboard mikhmon , ( sebelum connect save terlebih dahulu lalu baru connect)

7. ini adalah tampilan Dasboard pada mikhmon

Selanjutnya kamu sudah bisa memulai pembuatan vouchernya, silakan bisa menentukan tarif voucher, masa aktif, kecepatan (bandwidth) upload/download dan berapa banyak voucher yang akan dibuat.

Untuk sementara pembahasannya sampai disini dulu ya, nanti kita lanjutkan ke proses pembuatan vouchernya secara lengkap hingga voucher siap dicetak. Sampai bertemu di pembahasan dan tutorial berikutnya. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: