Ragam  

Inilah Berapa Dana JHT yang Diterima PPPK Ketika Pensiun? Begini Penghitungannya

Avatar

Paslen.com- Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) telah menerbitkan Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua (JHT). Di dalam beleid tersebut, diatur peserta yang diperbolehkan mencairkan JHT. Pada Pasal 3, tertulis manfaat JHT akan diberikan kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) berusia 56 tahun.

Disalain dari jpnn.com Mulai bulan ini sejumlah daerah sudah memberlakukan pemotongan dana jaminan hari tua (JHT) bagi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) angkatan 2019. Besarannya 3,25 persen dari gaji pokok dan tunjangan. Ketua Forum PPPK Kabupaten Jember Susiyanto mengungkapkan, dana JHT ini dikelola PT Taspen sehingga diharapkan ketika pensiun, mereka akan mendapatkan uang yang bisa dimanfaatkan untuk hari tuanya.

Baca Juga : Inilah Perubahan Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Administrasi dan Tabel Linieritas PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

“Jadi, dana JHT ini akan kami terima sekaligus dan tidak dibayarkan per bulan,” kata Susiyanto kepada JPNN.com, Minggu (13/2). Lantas berapa dana JHT yang diterima PPPK nanti saat pensiun? Susiyanto mengungkapkan, berdasarkan simulasi yang dijelaskan PT Taspen Kabupaten Jember, nilainya mencapai puluhan juta rupiah. Berikut simulasinya untuk golongan IX:

  • Jika PPPK usia 40 tahun, dengan gaji Rp 3.820.900.
  • Potongan JHT 3,25 persen. – Masa kerja 20 tahun (pensiun PPPK guru 60 tahun) dikali 12 bulan maka totalnya 240 bulan.
  • Potongan 3,25 persen dikalikan Rp 3.820.900, totalnya Rp 124.179,25. Ini potongan bulanan PPPK.Iuran JHT (Rp 124.179,25) ini kemudian dikalikan 240 bulan sehingga totalnya Rp 29.803.020. “Jadi, ketika pensiun akan mendapatkan JHT kurang lebih 29 jutaan. Ini hanya simulasi karena bisa saja lebih dari itu kalau gaji dan tunjangan PPPK lebih besar,” tuturnya.

Baca Juga : Inilah Perkembangan Penetapan NI PPPK dan NIP CPNS Terbaru di Wilayah Kerja Kanreg III BKN Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: