Inilah Cara Mengecek Secara Online Bantuan dari Kemensos RI (BPNT, BST, PKH, PBI) Sudah Tahukah Caranya?

  • Share

Paslen.com – Hallo pasleners bagaimana kabarnya hari ini? Semoga senantiasa diberikan kesehatan panjang umur dan dimudahkan rezekinya. Aamiin… 🙏🏻

Efek pandemi yang saat ini mungkin masih belum usai, membuat perekonomian masyarakat melemah. Banyak sekali masyarakat yang terkena imbas dari adanya pandemi dengan sepinya orderan ataupun orang yang membeli dagangan mereka. Sehingga banyak sekali masyarakat yang mengeluh dari mulai pedagang, ojek online dan bahkan pekerja yang dirumahkan.

Kita berdoa bersama, mudah-mudahan pandemi ini segera berakhir dan kita semuanya bisa beraktivitas seperti sedia kala. Tetaplah semangat berikhtiar semaksimal mungkin dengan menjalakan protokol kesehatan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap sesama.

Disamping itu pemerintah juga tidak tinggal diam, pemerintah berusaha untuk memberikan bantuan kepada warganya yang terkena dampak pandemi melalui Kementrian Sosial RI. Pemerintah memberikan bantuan diantaranya Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunasi (BST), Program Keluarga Harapan (PKH), Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Sudahkah pasleners tahu bagaimana cara mengecek bantuan tersebut? Siapa tahu diantara pasleners juga ada yang termasuk kategori penerima manfaat dari Kemensos RI. Berikut ini langkah-lngkah cara mudah untuk melakukan pengecekannya secara online :

  1. Kunjungi web resmi kemensos yang bisa diakses pada halaman web berikut ini https://cekbansos.kemensos.go.id/.
  2. Silakan pasleners klik halam web tersebut, maka nanti akan diarahkan ke halaman seperti gambar berikut ini :
  1. Silakan Masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan
  2. Masukkan nama PM (Penerima Manfaat) sesuai KTP
  3. Ketikkan 8 huruf kode (dipisahkan spasi) yang tertera dalam kotak kode
  4. Jika huruf kode kurang jelas, klik icon  untuk mendapatkan huruf kode baru
  5. Klik tombol CARI DATA
  6. Maka Sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari Nama PM (Penerima Manfaat) sesuai Wilayah yang Anda inputkan.
  7. Apabila termasuk kategori penerima manfaat akan ditampilkan sesuai data yang di inputkan, namun apabila belum masuk kategori penerima manfaat juga nanti ada keterangannya. Selesai.

Itulah langkah-langkah cara mengecek secara online bantuan pemerintah yang disalurkan melalui Kementrian Sosial Republik Indonesia. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi buat pasleners yang ingin mencoba mengecek siapa tahu terdata sebagai penerima manfaat. Sampai jumpa di pembahasan dan informasi-informasi berikutnya dari kami. Terimakasih.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: