Inilah Kriteria Daftar Seleksi PPPK Tahap 2, Bagi Guru Honorer Calon Guru ASN PPPK

  • Share

Paslen.com – Halo pasleners dimanapun berada, semoga semuanya selalu dalam lindungi dan ridho-Nya serta selalu dimudahkan dalam segala urusannya. Tidak terasa waktu itu begitu singkat dan cepat berlalu. Saat ini mungkin banyak di antara pasleners yang telah menunggu-nunggu pelaksanaan seleksi PPPK Guru Tahap 2.

Dan akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu itupun kini datang, dimana dari kemarin sudah menunggu pemilihan formasi tahap 2, dan hari ini adalah hari dimana pemilihan formasi untuk tahap 2 itu baru bisa dilakukan pagi tadi. Semoga di tahap 2 ini pasleners bisa memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya, memilih formasi sesuai jurusan dan tempat yang di inginkan serta memiliki peluang yabg besar bagi pasleners.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) kembali membuka seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Pengumuman dan Pemilihan Formasi Tahap 2 dimulai 15-19 November 2021.

Sekretaris Ditjen Guru Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud Ristek Nunuk Suryani mengatakan seleksi Tahap 2 terbuka bagi para guru untuk berkompetisi seluruhnya.

“Afirmasi untuk sekolah induk hanya diberikan di ujian tahap 1. Sedangkan ujian tahap 2 sudah terbuka berkompetisi seluruhnya dan dilihat nilai tertingginya. Baik guru induk atau noninduk, lulusan guru PPG, individu yang memiliki sertifikat guru, dan belum mengajar. Seleksi kedua boleh memilih sekolah lain dan bukan sekolah sendiri tetapi masih dalam satu daerah kewenangan,” terang Nunuk, dilansir dari laman Kemdikbud. 

Mekanisme ujian, dipastikan Nunuk, masih sama dengan seleksi tahap 1.

“Bagi peserta yang belum maupun sudah lulus melewati NAB tetapi belum mendapat formasi, silakan daftar lalu memilih formasi lagi di SSCN BKN,” ujar Nunuk.

Jika yang dipilih mata pelajaran dan jenjang yang sama, maka nilai yang sudah diperoleh di ujian 1, yang sudah melebihi ambang batas, itu masih bisa digunakan. “Tetapi tetap harus daftar lagi untuk sebagai bukti sebagai peserta ujian kedua dan lalu nanti akan mendapat lokasi dan jadwal ujian,” jelas Nunuk.

Kriteria pendaftar seleksi guru PPPK Tahap 2

Sementara, untuk mendaftar seleksi guru PPPK Tahap 2, ada empat kriteria guru honorer yang dapat mengikuti seleksi PPPK tahap 2. Adapun kriteria yang dimaksud di antaranya:

  • Guru non-ASN yang mengajar di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh instansi daerah dan terdaftar sebagai guru di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi I.
  • Tenaga Honorer Eks Kategori II sesuai database Tenaga Honorer Badan Kepegawaian Negara yang tidak lulus seleksi kompetensi I.
  • Guru Swasta yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat dan terdaftar sebagai guru di Dapodik.
  • Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang belum menjadi guru dan terdaftar di database lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemdikbudristek.

Terkait seleksi PPPK tahap II, beberapa waktu lalu Nunuk juga berujar semua guru honorer terbuka untuk berkompetisi. Sebab, afirmasi guru honerer induk di sekolah negeri tidak akan berlaku untuk PPPK tahap II.

Pelamar tetap diminta selalu memantau perkembangan informasi pada laman resmi PPPK guru milik Kemendikbudristek di https://gurupppk.kemdikbud.go.id

Jadwal seleksi PPPK guru tahap II tahun 2021

  • Pengumuman dan Pemilihan Formasi: 15-19 November 2021
  • Pengumuman daftar peserta, waktu, dan tempat seleksi PPPK: 2 Desember 2021
  • Cetak Kartu Peserta Seleksi PPPK Guru:
  • 2-5 Desember 2021
  • Pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK Guru tahap II: 6-10 Desember 2021
  • Pengumuman hasil Seleksi Kompetensi PPPK Guru tahap II: 16 Desember 2021
  • Masa Pengajuan Sanggah II: 17-19 Desember 2021
  • Masa Jawa Sanggah II: 19-25 Desember 2021
  • Pengumuman usai sanggah: 30 Desember 2021

Itulah kriteria daftar seleksi PPPK Guru Tahap 2 dan jadwal seleksi Tahun 2021, semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan referensi dalam menghadapi Seleksi GURU PPPK Tahap 2. Mudah-mudahan apa yang diinginkan bisa terwujud menjadi ASN PPPK Guru dan bisa mengabdi kepada negeri ini dengan sebaik-baiknya.

Terus semangat dengan tetap belajar semaksimal mungkin disertai doa yang kuat kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Esa agar kita semuanya diberikan kemudahan dan kelancaran serta bisa lulus Tahap 2. Aamiin… Sampai jumpa di pembahasan dan informasi-informasi berikutnya dari kami.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: