Inilah Tanaman Janda Bolong Yang Viral Ternyata Punya Banyak Manfaat

  • Share

paslen.com– Beberapa bulan lalu tanaman ini adalah tanaman yang viral karena harganya melonjak naik dan mempunyai harga jual yang pedes haha. karena tanaman ini dulunya itu kalo dikampung saya banyak banget dan memang aga rada susah untuk mencari tanaman ini harus rada kehutan sedikit. karena ke viralan tanaman ini selain mempunyai harga yang menakjubkan hehe, ternyata tanaman janda bolong ini mempunyai banyak manfaat loh sahabat paslener.

Janda bolong memiliki banyak jenis. Dua di antaranya yang populer adalah Monstera obliqua dan Monstera adansonii. Tanaman ini masih sekeluarga dengan monstera dan biasa difungsikan sebagai dekorasi di rumah. Janda bolong memiliki daun lebar berlubang-lubang. Ia juga dikenal dengan nama keju Swiss dan tanaman lima lubang.

Tanaman ini tersebar luas di sebagian besar Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Selain itu janda bolong juga bisa ditemukan di Hindia Barat, terutama di dekat lembah sungai dataran rendah.

Inilah Tanaman Janda Bolong Yang Viral Ternyata Punya Banyak Manfaat

Memperbaiki Kualitas Udara

Manfaat tumbuhan janda bolong yang pertama yaitu dapat memperbaiki kualitas udara. Jika diletakkan di dalam rumah, tanaman hias ini dapat menyerap berbagai zat beracun dari udara. Misalnya benzena, formaldehida, trichloroethylene, xylene, dan amonia. Bisa disimpulkan, janda bolong dapat membersihkan dan memperbaiki kualitas udara di sekitarnya.

Menyegarkan Mata Lelah

Duduk di dekat tumbuhan janda bolong sambil menikmati keindahan daunnya dapat membantu menyegarkan mata yang lelah. Memandang tumbuhan hijau setelah bekerja di depan layar komputer selama berjam-jam bisa menyegarkan mata kembali.Selain menyegarkan mata, tanaman janda bolong ini juga dapat menyerap kandungan bahan kimia yang sering menyebabkan sakit kepala, pusing, iritasi mata, gangguan saluran pernapasan, dan reaksi alergi.

Mudah Dirawat

Sebenarnya janda bolong berharga mahal bukan karena sulit dicari atau membutuhkan perawatan rumit. Tanaman ini cukup mudah dipelihara. Tidak membutuhkan banyak sinar matahari, relatif tahan serangan hama, dan tidak mudah layu.

Memberikan Kesan Elegan

Salah satu kelebihan utama janda bolong adalah daunnya yang berbentuk unik. Meletakkan tanaman ini di sudut rumah bisa memberikan sentuhan elegan pada rumah.

Bernilai Investasi

Mengingat harganya yang sedang tinggi dan banyak dicari, memiliki tanaman janda bolong bisa menjadi bentuk investasi. Walaupun begitu, jangan mudah tergiur untuk membeli tanaman ini dengan harga terlalu tinggi. Pasalnya jika janda bolong sudah banyak dibudidayakan, harganya bisa menurun drastis.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: