Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Online 2021

  • Share

Paslen.com – Hai pasleners yang menjadi pengusaha ofline dan ingin berubah haluan ataupun mau menambah usaha online adapun beberapa kelebihan dan kekurangan yang akan di bahas oleh paslen.com.

Perkembangan teknologi informasi yang cepat didukung dengan semakin mudah dan murahnya akses internet membuat komunikasi dapat berjalan tanpa hambatan ruang dan waktu.

Memang tidak bisa dipungkiri kalau bisnis adalah salah satu cara kita untuk menghasilkan pendapatan. Disamping kita bekerja sebagai karyawan, guru, dosen polisi dan sebagainya bisnis merupakan side income atau penghasilan sampingan kita.

Saat ini bisnis sedang banyak ragamnya dipadukan dengan teknologi mampu menghasilkan bisnis baru yang unik. Jangan lupa bahwa dalam bisnis ada pula kelebihan dan kekurangan yang harus kita ketahui. Terutama dalam bisnis online, banyak yang harus kita ketahui terlebih dahulu sebelum memulai bisnis online.

Tenang Paslen.com tidak akan memaparkan secara keseluruhan kelebihan dan kekurangan bisnis online namun yang akan dibahas adalah kelebihan dan kekurangan yang sering dialami dan sering kita abai terhadap hal itu. Tak perlu panjang lebar ayo kita mulai pembahasannya.

Persiapan yang bisa dikatakan sederhana inilah yang semakin mendorong maraknya bisnis online. Selain dari kemudahan dalam persiapannya, bisnis online ini juga menawarkan berbagai kelebihan, seperti:

Kelebihan Bisnis Online

  • Bisa Dikerjakan di Mana Saja dan Kapan Saja

Dengan perkembangan teknologi saat ini bisnis online merupakan sebuah terobosan baru dalam dunia bisnis. Bagi kalian yang seorang pekerja kantoran atau pegawai swasta pasti sama pemahamannya dengan yang lain sulit untuk memulai bisnis.

Tapi dengan adanya bisnis online kita dapat menjalankan bisnis kita dengan sangan mudah. Tak terbatas waktu bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja selagi kita memiliki smartphone atau laptop dengan tambahan koneksi internet.

  • Bisnis online Tak Memerlukan Biaya yang Besar

Dulu ketika belum ada bisnis online kita perlu memiliki modal besar untuk memulainya. Sebagai contoh ketika kita akan memulai bisnis pakaian, minimal kita harus punya kios atau ruangan tak terpakai untuk membuka toko dan pakaian yang akan kita jual.

Sekarang dengan adanya bisnis online cukup menggunakan smartphone dan koneksi internet kita bisa melakukan bisnis online dengan cara melakukan negosiasi dengan yang punya toko glosir untuk kita ajak jion. Setelah adanya kesepakatan kita bisa melakukan pengambilan gambar pakaian yang akan dijual lalu kita posting di internet.

  • Menjangkau Lebih Banyak Orang

Tepat sekali, bisnis online membantu kita dalam memasarkan produk dan bisa menjangkau lebih banyak orang untuk melihat produk kita tak hanya lingkup nasional namun juga bisa lingkup internasional. Sangat berbeda dengan bisnis offline yang jangkauannya hanya terpaku kurang lebih di daerah sekitaran kita membuka toko.

Kekurangan Bisnis Online

  • Membutuhkan Banyak Pengetahuan dan Skill

Saat membuka toko offline kita hanya memerlukan modal besar untuk terus mengembanykan bisnis. Berbeda halnya dengan bisnis online kita membutuhkan banyak pengetahuan dan skill untuk memulai bisnis. Bisa dilakukan dengan cara kita mengikuti pelatihan, workshop dan seminar tentang bisnis online.

  • Persaingan Pasar Sangat Ketat

Dengan internet memudahkan kita melakukan bisnis tapi ini juga bisa menjadi bumerang bagi kita untuk memulai bisnis online. Karena dengan adanya internet yang menjangkau banyak orang akan berbanding lurus dengan pelaku bisnis online yang sama ingin melakukannya.

Maka mau tidak mau kita harus mempelajari secara digital yang bisa memamerkan produk dan meningkatkan penjualan produk.

  • Kasus Penipuan Sangat Marak

Bagi orang yang sudah memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan kemungkinan ini akan sangat kecil. Namun bagi yang awa dengan bisnis online kemungkinannya akan sangat besar karena bagi orang yang mempunyai niat jahat akan terus mencoba untuk mencari cara agar bisa mendapatkan uang dengan mudah salah satu caranya adalah dengan menipu. Maka berhati – hatilah dalam memulai bisnis online saat ini.

Itulah beberapa manfaat yang bias Anda dapatkan jika menjalankan bisnis secara Online. Perkembangan zaman harus tetap kita ikuti jangan sampai kita ditenggelamkan oleh masa yang terus berubah. Semoga bermanfaat.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: