Proses Komunikasi Pada Jaringan Komputer dan Telepon (TLJ)

Paslen.com – Pada pembelajaran kali ini kami akan menyajikan materi Proses Komunikasi Pada Jaringan Komputer dan Telepon pada Mata Pelajaran Teknologi Layanan Jaringan (TLJ). Bagi kamu yang akan mempelajari berikut ini pembahasannya, selamat belajar.

I. Proses Komunikasi Pada Jaringan Komputer

Perangkat jaringan komputer merupakan komponen-komponen yang di perlukan untuk membuat sebuah jaringan komputer. Komponen yang di maksud adalah media hardware.

  1. Cara Kerjanya adalah Sinyal listrik maupun sinyal dalam bentuk gelombang elektromagnetik pada suatu jaringan komputer merambat/ memancar dengan prinsip kerja jaringan komputer, agar suatu jaringan dapat saling bertukar informasi data, diperlukan suatu alat yang disebut modem (modulator demodulator) yang berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital, maupun sebaliknya.
  2. Ada 4 komponen utama jaringan komputer
    • Sender (Pengirim)
    • Protokol (aturan)
    • Media transmisi
    • Receiver (Penerima)

Pertama tama sender mengirimkan sinyal informasi menuju receiver melalui protokol encode yang mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog kemudian sinyal melalui media transmisi dan melalui protokol kedua di decode kembali menjadi sinyal digital sebelum masuk ke receiver.

II. Proses Komunikasi Pada Jaringan Telepon

  1. Cara Kerja Jaringan Telepon Kabel

Telepon kabel menggunakan sistem wireline. sehingga membutuhkan kabel supaya dapat berfungsi .
Cara kerja telepon kabel antara lain :

  • Suara dari pengirim diterima oleh alat yang disebut microphone
  • Microphone mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik kemudian disalurkan oleh perangkat telepon
  • Sinyal tersebut disalurkan melalui kabel ke pusat telekomomunikasi
  • Dari pusat telekomunikasi, sinyal tersebut diteruskan kepada penerima
  • Setelah sampai ke penerima, maka sinyal tersebut diubah lagi menjadi gelombang suara oleh alat yang disebut speaker
  1. Cara Kerja Jaringan Telepon Seluler

Telepon seluler menggunakan sistem wireless. pengirim dan penerima harus tetap tercakup BTS (Base Transceiver Station ). BTS adalah peralatan yang memfasilitasi komunikasi secara wireless antara pengguna telepon seluler. Cara kerja telepon seluler wireless antara lain :

  • Suara dari pengirim diterima oleh alat yang disebut microphone
  • Microphone mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik dan kemudian dipancarkan oleh pnsel ke bts terdekat
  • Sinyal tersebut diterima oleh bts dan sinyal tersebut diteruskan ke pusat telekomunikasi
  • Dari pusat telekomunikasi sinyal diteruskan kepada bts terdekat kemudian diteruskan ke si penerima
  • Setelah sampai kepada penerima , maka sinyal tersebut diubah lagi menjadi gelombang suara oleh alat yang disebut speaker.

III. Perangkat Jaringan Komputer dan Telepon

  1. Perangkat Jaringan Komputer
    •  Jaringan computer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer- komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya (printer, CPU), berkomunikasi (surel, pesan instan), dan dapat mengakses informasi (peramban web). 
    • Tujuan dari jaringan komputer yaitu agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).
    • Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server)

Perangkat Jaringan Komputer antara lain :

  • Modem -> perangkat yang menghubungkan kita ke internet
  • PC (Personal Computer)
  • Network Internet Card (NIC) -> sebagai penghubung antar komputer dengan sebuah jaringan
  • Kabel UTP -> media penghubung antara komputer dengan komputer atau komputer dengan perangkat jaringan lainnya
  •  Konektor -> alat yang menghubungkan kabel dengan network adapter
  • Hub -> perangkat yang digunakan untuk menyatukan kabel-kabel network dari tiap workstation, server atau perangkat lain
  • Switch -> Switch tidak hanya sekedar mengurusi sinyal listrik tapi juga harus memproses informasi pada lapisan atau layer data link, informasi yang dicek oleh switch adalah alamat MAC address dari setiap perangkat dan komputer yang tersambung dengan dirinya.
  • Repeater ->  Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal dengan cara menerima sinyal dari suatu segmen jaringan lalu memancarkan kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen kabel yang lain.
  • Bridge -> Bridge dapat menghubungkan jaringan yang menggunakan metode transmisi yang berbeda. Misalnya bridge dapat menghubungkan Ethernet baseband dengan Ethernet broadband.
  • Router -> sebagai perangkat dalam jarinan komputer yang digunakan sebagai penghubung antara jaringan atau network.
  1. Perangkat Jaringan Telephone
    Pada dasarnya pesawat telepon standar merniliki bagian-bagian antara lain:
    • Network block, terdiri dari rangkaian yang memisahkan antara input dari mikropon dan output ke speaker serta rangkaian antiside tone.
    • Standar dial, yaitu papan dial yang digunakan untuk memilih alamat tujuan yang akan dihubungi. Papan dial ini terdiri dari jenis push button maupun rotary dial.
    • Ringer, terdiri atas ranghaian bel yang akan berbunyi saat telepon dihubangi.
    • Handset, yaitu tempat meletakkan komponen mikropon dan speaker.
    • Hook switch, switch yang berfungsi untuk mengaktifkan telepon. Hook switch berhubungan dengan peletakan handset.

      Mikropon sebagai alat input sinyal suara dan speaker sebagai alat output untuk mendengar suara lawan bicara diletakkan pada handset telepon. Kemudian keduanya dihubungkan ke network block. Network block terdiri dari rangkaian anti sidetone dan rangkaian induksi (duplex coil). Rangkaian antiside tone berfungsi sebagai peredam agar suara pembicara tidak terdengar lebih besar dari suara lawan bicara. Sedangkan rangkaian induksi digunakan untuk mencegah tegangan DC 48V masuk ke mikropon dan speaker serta sebagai konversi duplex. Ringer dan rangkaian dial dihubungkan secara paralel ke line telepon. Hook switch diletakkan agar dapat mendeteksi saat kondisi on hook maupun off hook.

      Disamping itu perangkat-perangkat jaringan telepon juga antara lain:
    • Router
    • Brixerbox ip pbx
    • Ip fwt
    • Usb phone
    • Soft phone
    • Ip phone
    • ATA
    • Analog telepon

IV. Perangkat Jaringan Telepon


1. BTS (Base Transceiver Station)

Base Transceiver Station atau disingkat BTS adalah sebuah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator.
2. BSC (Base Station Controller)

Peralatan untuk mengontrol BTS. BSC itu seperti otak/commander dari BTS-BTS. BSC menyediakan fungsi pengaturan pada beberapa BTS yang dikendalikannya. Dinataranya fungsi handover, konfigurasi cell site, pengaturan sumber daya radio, serta tuning power dan frekuensi pada suatu BTS. BSC merupakan simpul (konmsentrator) untuk menghubungkan dengan core network. Dalam jaringan GSM umumnya sebuah BSc dapat mengatur 70 buah BTS. 
3. MSC (Mobile Switching Center)

Mobile Switching Center (MSC) adalah merupakan titik penyampaian atau penyambungan utama untuk teknologi GSM, bertanggung jawab untuk menghandle beberapa panggilan suara dan SMS sebaik mungkin dengan layanan – layanan yang lain (seperti conference calls, FAX dan circuit switched data).
MSC membangun dan merealisasikan hubungan end-to-end , mengatur pergerakan pengguna and permintaan handover selama panggilan berlangsung dan melakukan penghitungan dari biaya dan juga monitorig dari pencatatan penggunaan layanan. MSC berfungsi melakukan fungsi switching dan bertanggung jawab untuk melakukan pengaturan panggilan, call setup, release, dan routing.
MSC juga melakukan fungsi billing (terhubung ke billing system) dan sebagai gateway ke jaringan lain. VLR berisi informasi user yang bersifat dinamis yang sedang “attach” berada pada jaringan mobile, termasuk letak geografis. Biasanya VLR terintegrasi dengan MSC. Dari MSC sebuah jaringan seluler berkomunikasi dengan jaringan luar, misalnya : jaringan telepon rumah/Public Switched Telephone Network (PSTN), jaringan data Integrated Services Digital Network (ISDN), Circuit Switched Public Data Network (CSPDN), dan Packet Switched Public Data Network(PSPDN).

4. SMSC (Short Message Service Center)

Short message service centre adalah kombinasi perangkat keras dan perangkat lunak yang bertanggung jawab memperkuat, menyimpan dan meneruskan pesan pendek antara SMS dan piranti bergerak. SMSC harus memiliki kehandalan , kapasitas pelanggan, dan throughput pesan yang tinggi.

SMSC berfungsi menerima SMS yang dikirim, menyimpannya untuk sementara, dan memforward (mengirimkan) SMS tersebut ke mobile subscriber (MS) ataupun tujuan. SMSC mempunyai peran penting dalam arsitektur sms. SMSC berfungsi menyampaikan pesan sms antar Mobile Station(MS)/ HP, dan juga melakukan fungsistore-and-forwarding sms jika nomor penerima sedang tidak dapat menerima pesan. Didalam jaringanya sebuah operator dapat mempunyai lebih dari satu perangkat SMSC, sesuai besar trafik sms jaringan tersebut. 

V. Transmisi Data

Transmisi Data merupakan proses pengiriman data dari sumber ke penerima data dengan menggunakan komputer ataupun media elektronik lainnya. Dimana sumber sebagai awal proses transmisi dengan menggunakan media transmisi yang dapat berupa kabel, dan radiasi elektronik kepada alat elektronik lain yang berfungsi sebagai penerima. Media transmisi ini berfungsi sebagai jalur transmisi dari data yang dikrimkan. Terkait media transmisi yang tersedia saat ini adalah dengan menggunakan media kabel, dan radiasi elektromagnetik.

VI. Tipe Channel Transmisi


-> Simplex (satu arah)
Dalam channel transmisi. Simplex hanya dapat melakukan komunikasi / transmisi satu arah saja seperti yang terdapat pada pemancar televisi atau pemancar radio.

-> Half Duplex (dua arah, tidak bersamaan)Dapat melakukan komunikasi / transmisi data dengan dua arah, akan tetapi tidak dapat melakukan transmisi data secara bersamaan, namun untuk melakukan transmisi data dua arah (Half Duplex) ini harus bergantian. Contoh alat yang menggunakan transmisi data model Half Duplex ini adalah Walkie-Talkie.

-> Full Duplex (dua arah, Bersamaan)Dimana kedua alat yang terhubung dapat melakukan transmisi data bersamaan. Pada saat komunikasi tengah terjadi, masing masing unit dapat melakukan pengiriman dan penerimaan data sekaligus. Contoh alat yang menggunakan Full Duplex adalah Handphone, Telephone.

VII. Media Transmisi Data

A. Media Kabel

Copper media merupakan media transmisi yang menggunakan tembaga. Biasanya media transmisi ini dalam bentuk kable dan data yang dikirim berbentuk sinyal listrik digital. Ada beberapa jenis kabel yang digunakan dalam transmisi.

-> Coaxial Cable adalah kabel yang dibungkus dengan metal lembek, kabel ini memiliki tingkat transmisi data yang lebih tinggi dibandingkan dengan kabel biasa, namun harganya relatif lebih mahal dibandingkan kabel biasa.

-> Fiber Optic Cable adalah jenis kabel yang terbuat dari serabut kaca (optical Fibers) yang tipis dengan diameter sebesar rambut manusia. Fiber optic cable memiliki tingkat kecepatan pengiriman data sepuluh kali lipat lebih besar dari Coaxial Cable.

-> STP & UTP Cable

  • a). UTP (Unshielded Twisted Pair) merupakan kabel penghantar yang terbuat dari bahan tembaga kemudian di isolasi atau dibungkus dengan menggunakan bahan dari plastik guna melindungi terjadinya kerusakan fisik pada penghantar
  • b). STP (Shielded Twisted Pair) memiliki penutup jepitan jalinan tambahan atau foil logam yang membungkus setiap pasang konduktor yang terisolasi.

B. Media Radiasi Elektromagnetik

Bila sumber data dan penerima berada dala jarak yang jauh, media transmisi menggunakan media radiasi elektromagnetik yang dipancarkan melalui udara terbuka, yang dapat berupa gelombang mikro (microwave), sistem satelit dan sistem laser.
-> Microwave

Merupakan gelombang radio frekuensi tinggi yang dipancarkan dari sebuah pemancar ke pemancar lainnya, microwave juga merupakan gelombang yang tidak boleh terhalang (line of sight) oleh bangunan, bukit, dan gunung. jangkauan yang dicapainya yaitu 30-50 meter, dan dibutuhkan stasiun relay untuk memperkuat sinyal.

-> Satellite System
Keterbatasan microwave yang tidak boleh terhalang dan cakupan yang tidak luas. Maka stasiun pemancar microwave di bumi pada lokasi satu memancarkan sinyalnya ke satellite di luar angkasa, yang berfungsi sebagai stasiun relay, untuk kemudian mengirimkannya kembali ke stasiun microwave di bumi pada lokasi lainnya yang ingin dituju. Gelombang mikro ini pula mampu menembus ruang hampa udara.

-> Sistem Laser
Teknologi sinar laser saat ini sudah digunakan dan masih membutuhkan pengembangan, akan tetapi dimasa yang akan datang para ahli teknologi informasi meramalkan penggunaan sinar laser akan lebih optimal daripada media transmisi yang ada sekarang ini.

C. Network

adalah sebuah sistem operasi yang terdiri dari beberapa komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja sama dalam mencapai suatu tujuan yang sama.

D. Komponen Network

adalah node dan link, node adalah titik yang dapat menerima input data ke dalam network atau menghasilkan output informasi atau bahkan keduanya. sedangkan Link adalah channel atau jalur transmisi atau carrier untuk membawa arus informasi atau data diantara node.

E. Koneksi Jaringan dan Internet

merupakan jaringan komunikasi data yang terbangun dari komputer individual atau kumpulan-kumpulan jaringan komputer skala kecil yang saling terintegrasi (interkoneksi).


1. LAN (Local Area Network)

LAN (Local Area Network) merupakan suatu jenis jaringan komputer dengan mencakup wilayah Lokal. Dengan menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana dan populer, seperti menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya.

2. MAN (Metropolitan Area Network)
MAN (Metropolitan Area Network) merupakan jenis jaringan komputer yang lebih luas dan lebih canggih dari jenis jaringan komputer LAN. Disebut Metropolitan Area Network karena jenis jaringan komputer ini bisa digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya. Untuk dapat membuat suatu jaringan MAN, biasanya diperlukan adanya operator telekomunikasi untuk menghubungkan antar jaringan komputer.

3. WAN (Wide Area Network)
WAN (Wide Area Network) merupakan jenis jaringan komputer yang lebih luas dan lebih canggih daripada jenis jaringan komputer LAN dan MAN. Teknologi jaringan WAN biasa digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan dengan negara lain atau dari satu benua ke benua yang lainnya. Jaringan WAN bisa terdiri dari berbagai jenis jaringan komputer LAN dan MAN karena luasnya wilayah cakupan dari jenis jaringan komputer WAN. Jaringan WAN, biasanya menggunakan kabel fiber optic serta menanamkannya di dalam tanah maupun melewati jalur bawah laut.

4. Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang global atau mendunia. Karena Internet Merupakan jaringan-jaringan komputer yang terhubungsecara mendunia, sehingga komunikasi dan transfer data atau file menjadi lebih mudah. Internet bisa dikatakan perpaduan antara berbagai jenis jaringan komputer beserta topologi dan tipe jaringa yang saling berhubungan satu sama lain.

5. Wireless (Tanpa Kabel)
Wireless merupakan jenis jaringan komputer yang menggunakan media transmisi data tanpa menggunakan kabel. Media yang digunakan seperti gelombang radio, Inframerah, bluetooth, dan microwave. Wireless bisa difungsikan kedalam jaringan LAN, MAN, WAN. Wireless ditujukan untuk kebutuhan mobilitas yang tinggi.

F. Topologi Jaringan 

  • 1) Topologi Ring
    Pada topologi ini setiap node saling berhubungan dengan node lainnya sehingga membentuk cincin.
Topologi Ring (pelampil.com)
  • 2). Topologi Bus
    Topologi ini disebut juga dengan linear bus karena dihubungkan hanya melalui satu kabel yang linier. kabel yang umum figunakan adalah kabel Coaxial. pada awal dan akhir kabel digunakan terminator.
Topologi Bus (laptopsiipat.com)
  • 3). Topologi Star
    Topologi yang berbentuk bintang. Hubungan antar node diperantari dengan menggunakan HUB atau Concentrator. Tiap node dihubungkan dengan kabel ke HUB.
Topologi Star (medium.com)
  • 4). Topologi Tree
    Topologi jaringan berbentuk tree (pohon) merupakan bentuk gabungan dari sistem topologi bus dan star, di mana jaringan topologi bus menjadi konektor utama beberapa topologi star. Jika diibaratkan dengan bentuk seperti pohon, topologi bus adalah batang utama yang menghubungkan beberapa topologi star sebagai rantingnya. 
Topologi Tree (steemitimages.com)
  • 5). Topologi Mesh
    Topologi jaringan mesh atau jala adalah sistem topologi di mana koneksi antar komputer saling terhubung secara langsung satu sama lain. Koneksi antar komputer secara langsung seperti ini disebut dedicated link. (Singkatnya Topologi Mesh yaitu suatu bentuk hubungan atar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan.)
Topologi Mesh (ad-net.com.tw)

Itulah sekilas pembahasan tentang Proses Komunikasi Pada Jaringan Komputer dan Telepon, Perangkat Jaringan, Transmisi Data, Tipe Channel Transmisi, Media Transmisi, Topologi Jaringan pada mata pelajaran Teknolgi Layanan Jaringan (TLJ). Semoga bermanfaat, sampai jumpa di pembahasan dan materi-materi berikutnya. Terimakasih.

Leave a Reply

%d bloggers like this: