Siap Siap Seleksi Kompetensi PPPK Tahap 2 Inilah Jadwal, Alur, Passing Grade

  • Share

Paslen.com – Hai pasleners siap siap untuk seleksi kompetensi pppk tahap 2, Inilah Jadwal,Alur, Passing Grade. Dikutip dari suara.com Kemendikbudristek telah melakukan pelaksanaan seleksi kompetensi Tahap I PPPK Guru dilaksanakan pada tanggal 13 hingga 17 September 2021. Rencananya kemudian akan dilanjutkan seleksi kompetensi PPPK tahap 2.

Kapan seleksi kompetensi PPPK tahap 2 dilaksanakan? Simak informasi berikut tentang seleksi kompetensi PPPK tahap 2 mulai dari jadwal, alur, hingga passing grade.

Ketentuan Seleksi Kompetensi PPPK tahap 2

Menurut surat Pengumuman nomor : 4661/B/GT.01.00/2021 tentang penyampaian jadwal tahapan pelaksanaan seleksi Guru ASN-PPPK tahun 2021, pengumuman dan pemilihan formasi PPPK Tahap 2 akan dilaksanakan pada 9-15 Oktober 2021. Jadwal tersebut ditunda dan masih belum ada pengumuman baru. Oleh karena itu, para peserta diharapkan dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi kedua yang akan segera dilaksanakan.

Berikut kami ringkaskan informasi mengenai seleksi kompetensi PPPK Tahap 2 Guru 2021, dari segi ketentuan Peserta Seleksi PPPK Tahap 2 dari gurupppk.kemdikbud.go.id, yang antara lain sebagai berikut:

  1. Dapat memilih kembali formasi dalam instansi kewenangan yang sama.
  2. Guru non-ASN yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh instansi daerah dan terdaftar sebagai guru di Dapodik yang tidak lulus seleksi kompetensi I.
  3. Tenaga Honorer Eks Kategori II sesuai database Tenaga Honorer Badan Kepegawaian Negara yang tidak lulus seleksi kompetensi I.
  4. Guru Swasta yang mengajar di Satuan Pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat dan terdaftar sebagai guru di Dapodik.
  5. Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang belum menjadi guru dan terdaftar di database lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemdikbudristek.

Jadwal Seleksi Kompetensi PPPK Tahap 2

Berdasarkan informasi yang tertera di gurupppk.kemdikbud.go.id, jadwal seleksi kompetensi PPPK tahap 2 adalah sebagai berikut.

  1. Pengumuman dan Pemilihan Formasi: 9 – 15 Oktober 2021
  2. Pengumuman daftar peserta, waktu dan tempat seleksi: 22 Oktober 2021
  3. Cetak kartu peserta: 22 – 25 Oktober 2021
  4. Pelaksanaan Ujian: 26 – 30 Oktober 2021
  5. Pengumuman hasil Seleksi Kompetensi II: 5 November 2021
  6. Masa sanggah II (masa pengajuan sanggah): 5 – 8 November 2021
  7. Jawaban sanggah II (tanggapan sanggah) 8 – 15 November 2021
  8. Pengumuman pasca masa sanggah II: 15 November 2021

Alur Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2021

Untuk mengikuti seleksi kompetensi PPPK tahap 2 guru 2021, peserta harus dapat mengikuti alur pendaftaran sebagai berikut.

  1. Peserta wajib rapid test antigen dengan hasil non reaktif/negatif yang dilakukan maksimal sehari sebelum mengikuti Seleksi Kompetensi. Rapi test antigen akan difasilitasi oleh Dinas Kesehatan setempat, sehingga peserta tidak perlu mencari sendiri. Cukup ikuti arahan dan datang ke lokasi rapid tes antigen yang telah ditunjuk oleh Dinas Kesehatan.
  2. Saat menjalani tes, peserta wajib menggunakan masker 3 lapis (3-ply) dan ditambah masker kain di bagian luar (double masker), menjaga jarak (physical distancing) minimal 1 (satu) meter, mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer. Peserta tidak boleh melepas masker selama proses seleksi, baik ketika di luar maupun di dalam ruangan.
  3. Peserta dilarang membawa buku, catatan lainnya, kalkulator, telepon genggam (HP), kamera dalam bentuk apapun, jam tangan, makanan, minuman, senjata api/tajam atau sejenisnya ke dalam ruangan.
  4. Peserta hanya boleh membawa alat tulis pribadi.

Passing Grade Seleksi Kompetensi PPPK Tahap 2

Untuk Anda ketahui, nilai ambang batas atau passing grade PPPK Guru 2021 Menurut Keputusan Menpan Nomor 1127 Tahun 2021adalah sebagai berikut.

  1. Seleksi Kompetensi Teknis

Nilai kumulatif maksimal: 500

Jumlah soal: 100

Durasi:

120 menit (umum)
150 menit (penyandang disabilitas sensorik netra)

  1. Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural

Jumlah soal:

25 (Manajerial)
20 (Sosial Kultural)
Durasi:

40 menit (umum)
55 menit (penyandang disabilitas sensorik netra)
Nilai passing grade: 130

Nilai kumulatif maksimal: 200

  1. Seleksi wawancara:

Jumlah soal: 10

Durasi:

10 menit (umum)
15 menit (penyandang disabilitas sensorik netra)
Nilai passing grade: 24

Nilai kumulatif maksimal: 40

Demikian informasi tentang seleksi kompetensi PPPK tahap 2 yang perlu Anda ketahui baik tentang jadwal, alur, dan jua nilai passing gradenya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *