Syarat Syarat Bisnis Online dan Cara Bisnis Online Sukses

  • Share

Paslen.com – Bisnis online sekarang bisa menjadi bisnis utama , karena sekarang jualan online dengan pasar yang luas bisa sangat mudah meraih keuntungan yang besar. adapun syarat syarat bisnis online bagi pemula agar bisnis online berjalan dengan sukses.

Bisnis Online, sekarang sudah banyak orang yang menggantungkan hidup dari sektor ini. Bukan hanya sebagai bisnis sampingan, tetapi sudah menjadi bisnis utama. Bagaimana sebenarnya cara sukses melakoni usaha bisnis online, baik cara sukses bisnis online shop, cara bisnis online di Facebook, atau bahkan banyak juga pertanyaan tentang bagaimana melakoni bisnis online gratis tanpa modal.

Untuk bisa sukses bermain Bisnis Online di internet sebenarnya anda tidaklah harus memiliki keahlian yang sangat khusus. Karena saat ini telah banyak perusahaan yang menawarkan Bisnis Online dengan program sangat sederhana yang tentunya akan sangat mudah untuk dipahami dan dijalankan oleh semua orang baik itu para pemula/newbi sekalipun.

Hal ini dibuat untuk membantu para pemula yang ingin menghasilkan Uang dari internet untuk segera action dan sukses bersama mereka. Untuk melakukan suatu pekerjaan dengan benar, maka kita harus terlebih dahulu mengetahui syarat-syarat agar kita bisa mengerjakan pekerjaan yang dimaksud. Setelah syaratnya terpenuhi baru kita mencari cara, agar apa yang kita kerjakan bisa membuahkan hasil yang memuaskan.

Begitu juga dengan Bisnis Online, selain kita harus menguasai ilmu Internet Marketing, kita juga dituntut untuk mengetahui syarat dan cara cara untuk dijadikan pedoman dalam kita melakukan Bisnis Online.Beberapa syarat dan peralatan yang wajib dikerjakan saat kita memulai bisnis online agar mendapat hasil yang maksimal. Berikut adalah Syarat untuk memulai bisnis online:

Baca Juga : Jenis Jenis Bisnis Online Terbaru

Inilah Syarat Syarat Bisnis Online dan Cara Bisnis Online Sukses

Niat dan Kemauan

Tidak hanya untuk bekerja online, kerja apapun yang kita lakukan haruslah didahuli dengan niat dan kemauan sematang mungkin. Kenapa disini saya memakai kata kemauan? Karena kata “ingin” itu sendiri terlalu sempit dan tidak memberikan arti untuk merealisasikan keinginan kita tersebut. Namun ketika kita memkai terma kemauan maka pengertiannyapun lebih luas dan mencakup adanya usaha untuk merealisasikan keinginan kita.

Baiklah, kita kembali ke persoalan, kenapa niat dan kemauan disini mejadi syarat pertama? adalah dalam bekerja didunia maya tidaklah jauh berbeda dengan kita bekerja didunia nyata. Yaitu meluangkan waktu, pikiran dan sedikit tenaga. Tidak benar jika ada yang mengatakan bahwa kita bisa mendapatkan uang dalam waktu singkat tanpa melakukan apapun didunia maya, walaupun yang dimaksud dengan kerja disini tidaklah sesulit kerja didunia nyata.

Sejauh yang saya ketahui seorang Pemula rentan sekali dengan putus asa dan akhirnya meninggalkan bisnis ini. Ini lebih dikarenakan kurang ditatanya niat dari awal dalam menjalankan pekerjaan ini.Bagi anda yang memang benar-benar berkemauan untuk mendapatkan income yang maksimal, maka tidak ada cara lain kecuali kesungguh-sungguhan dan sebaliknya jika anda tidak bersungguh-sungguh maka jangan salahkan penulis, karena kunci kesuksesan ada ditangan anda sendiri.

Keberanian

Anda sebagai seorang Pekerja Online harus berani memulai bisnis anda, Anda harus berani bereksperimen sendiri, Anda harus berani gagal dan Anda harus berani meluangkan waktu dan sedikit biaya untuk memperlajari dan menjalankan bisnis ini . karena jika anda lebih mengedepankan rasa takut anda, maka anda tidak akan pernah mendapatkan apaapa.

Masih ingatkah anda ketika awal mula masuk Taman kanak-kanak. Anda takut untuk berangkat, harus ditemani orang tua dan lain-lain, tapi orang tua anda selalu memberikan motivasi kepada anda untuk tidak takut berangkat sendiri dan sekarang see anda kemanakemana sendiri dan rasa takut itupun telah hilang.

Anda lihat ada tumpukan air pegunungan yang dikemas dalam botol plastik? Jika kita piker bagaimana air putih bisa dijual dengan harga yang hampir sama dengan BBM? Orang lain berpikir dan menertawakan betapa gilanya pemilik ide menjual air pegunungan dalam kemasan. Namun buktinya air putih itu hingga kini dijual laris dan bahkan menjadi satu kebutuhan masyarakat dunia, dan coba bayangkan berapa income yang didapatkan oleh sipemilik ide sekarang.

Akses Internet

Kita berbisnis di dunia Internet, maka sudah menjadi syarat mutlak keberadaan internet itu sendiri bagi pekerja online. Dan saya rasa syarat inilah yang kemudian akan membutuhkan banyak dana, karena sejauh penulis ketahui bahwa belum ada layanan internet yang diberikan secara gratis dimanapun, kecuali bagi anda yang saat ini mendapatkan fasilitas internet di tempat anda bekerja (Jadi tidak ada biaya kan?).

Alat Pembayaran Online

Alat Pembayan online ini juga tidak kalah pentingnya dalam dunia bisnis online, bahkan penulis mewajibkan kepemilikan alat pembayaran ini harus anda. Logikanya, kita bekerja secara online dan barang tentu sistem pembayarannya pun juga melalui Online. Ibarat dalam dunia nyata, Alat Pembayaran online ini berfungsi sebagai bank, dompet ataupun brangkas besi, dan kalau tidak ada terus mau dikemanakan komisi kita?

Untuk jenis Alat pembayaran online yang direkomendasikan untuk segera dimiliki oleh pebisnis online adalah Paypal dan Alertpay. Namun untuk pemula, saya menganjurkan kepemilikan Paypal terlebih dahulu. Kenapa? karena untuk saat ini, transaksi pembayaran online internasional mayoritas menggunakan Paypal. Tinjau cara daftar Paypal dan Alertpay. Syarat ini bisa anda acuhkan, jika konteks bisnis online yang akan anda kerjakan dalam lingkup Indonesia saja, karena untuk Indonesia dibayar dengan rupiah dan ditransfer langsung kerekening anda tanpa melalui Paypal lebih dahulu.

Kartu Rekening Bank

Keberadaan rekening bank disini dimaksudkan untuk witdraw/mutasi uang anda dari rekening Pembayaran online(Paypal, Gopay, Link Aja, Ovo, Dana dan yang Lainnya) kerening anda. Untuk jenis bank yang dimaksud adalah semua bank lokal Indonesia. Perlu diketahui juga bahwa keberadaan bank ini juga bisa menjadi alat pembayaran online bagi anda yang berbisnis dalam lingkup Indonesia saja, tapi untuk go internasional penulis katakan tidak dan tidak.

Ingat, keberadaan rekening rekening bank ini sangatlah wajib baik anda yang bertarung online dalam ataupun internasional. Jika anda masih dalam wiliyah dibawah umur maka anda bisa memakai kartu rekening orang tua anda. Ok, gampangkan.

Blog/Web Blog atau website

Sebenarnya persyaratan kepemilikan Blog, Web Blog atau website ini tidak lah begitu ditekannkan, namun pada hakikatnya, Blog, Web Blog atau website sangatlah diperlukan dalam dunia bisnis online. Ketika anda mendapatkan terma pasif income dalam bisnis online, disinilah letaknya. Karena dengan Blog, Web Blog atau website itu penghasilan akan mengalir dengan sendiri ke rekening anda. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa untuk mengurus Blog, Web Blog atau website tersebut juga membutuhkan biaya dan tenaga serta waktu.

Namun jika anda enggan untuk memiliki Blog, Web Blog atau website tidaklah mengapa, karena anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari internet tanpa keberadaannya. Namun hasil yang anda dapatkan tentu tidaklah sebesar ketika anda mempunyai Blog, Web Blog atau website pribadi.

Untuk mendapatkan Blog, Web Blog atau website sendiri tidaklah sulit, bahkan anda bias mendapatkan gratis misalnya dengan memakai blogspot dan wordpres(untuk saat ini wordpress tidak mengijinkan dipakai untuk berbisnis) atau dengan hosting dan domain gratis. Bagi anda sebelumnya telah mempunyai blog ataupun website pribadi, maka kini bias dipastikan anda telah mempunyai peluang besar untuk mendapatkan penghasilan dari internet.

Selain sebagai kantor maya anda, fungsi blog atau Website pribadi juga sebagai tempat dimana kita mendapatkan penghasilan. Yaitu dengan memasang iklan(adsense, banner, affiliate dll) yang mana anda akan dibayar setiap pengunjung yang mengklik iklan itu. Selain itu, anda juga bisa memasarkan produk pribadi anda dengan blog, Web Blog atau Website ini.

Sekarang setelah anda mengetahui syarat-sayartnya, berarti saat ini anda sedang dalam babak penyisihan, dalam artian siapkah anda melakukan syarat syarat itu. Jika anda merasa belum siap menjadi pebisnis online saat ini, maka tugas anda sekarang adalah segera melengkapi persyaratan itu dan kemudian berkata lantang saya telah siap!!!!. Selamat bekerja, semoga sukses.

Baca Juga : Pengertian Internet Marketing dan Manfaatnya

Belajar Cara Bisnis Online bagi Pemula

Memulai bisnis online memang tidak mudah, tapi bukan hal yang mustahil. Setidaknya ada sembilan langkah utama dalam memulai dan belajar bisnis online gratis. Berikut sembilan langkah cara bisnis online:

Temukan Masalah yang Dihadapi Pasar

Dalam menentukan tujuan ini, anda harus terlebih dahulu memikirkan sebuah tujuan, tentang sektor bisnis online apa yang akan hendak dilakoni.Sebagai contoh bisnis online jualan baju lewat Facebook, bisnis online membuat Blog, bisnis online melalui Twitter dan lain sebagainya. Dengan memantapkan tujuan bisnis online, tentunya akan mempengaruhi keberhasilan usaha online yang akan anda jalani nantinya.

Produk adalah komponen vital dalam bisnis online. Dengan produk yang sesuai kebutuhan pasar, Anda masih punya potensi untuk memenangkan pasar. Apa yang terjadi jika Anda menyediakan produk yang tidak dibutuhkan pasar? Kemungkinan besar gagal!

Riset Pasar

Memulai bisnis online sesuai minat merupakan hal yang baik. Dan akan lebih baik jika sebelumnya diikuti dengan riset. Melakukan riset pasar adalah cara untuk mengendus seberapa baik potensi pasar. kira-kira ada tidak orang yang membutuhkan, jika ada berapa banyak yang membutuhkan, dimana mereka berada, produk seperti apa yang mereka butuhkan, dll . jika langkah ini tidak dilakukan maka bisnis online kita tidak akan punya arah dan besar kemungkinan tidak berhasil karena yang butuh sedikit misalnya.

Setelah memilih satu masalah yang punya potensi bisnis, kini saatnya untuk mulai fokus riset di bidang tersebut. Kenapa harus riset pasar terlebih dahulu? Karena ini merupakan salah satu cara terbaik untuk menemukan ide bisnis online. Anda membutuhkan data yang objektif sebagai fondasi bisnis online yang kuat. Melalui riset pasar ini, Anda bisa mendapatkan data-data tersebut. Jadi Anda bisa mengambil keputusan yang didasari data-data objektif, bukan sekadar asumsi dan opini.

Analisis Kompetitor dan Jangan Ditunda

Kiranya pepatah di atas cocok diaplikasikan ketika Anda memulai bisnis online. Untuk bisa mengalahkan kompetitor, Anda harus mempelajari mereka terlebih dahulu. Apa kelebihan mereka, bagaimana cara mereka mendekati konsumen, sampai apa kekurangan mereka.

Jika anda sudah mempunya tujuan bisnis online maka segera lakukan, laksanakan. Jangan ditunda-tunda. Sebab sering kejadian sesuatu yang ditunda akhirnya tidak jadi dilaksanakan. Apalagi kalau sudah punya ide, langsung laksanakan jangan ditunda.

Cari Model Bisnis dan Lakukan bertahap

Riset Anda tak berhenti di target pelanggan dan produk yang akan dijual. Selanjutnya, Anda perlu memilih bisnis model mana yang paling menguntungkan. Karena meski Anda menjual produk yang sama, cara menjualnya bisa berbeda-beda.

Supaya lebih paham, kita langsung bicara contoh saja. Katakanlah Anda tertarik untuk menjual tablet khusus untuk membaca ebook. Jika Anda memiliki modal yang cukup, Anda bisa menyetok beberapa produk fisik untuk dijual lewat website atau marketplace.

Lain halnya ketika Anda belum memiliki modal. Anda perlu bekerja sama dengan supplier yang menjual tablet, lalu menjual tablet tersebut melalui sistem dropship. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir dengan stok produk dan inventorinya.

Skenario lain tak melibatkan penjualan produk fisik. Jika Anda merasa nyaman menjadi blogger dan bekerja sama dengan brand untuk mempromosikan produk, maka bisa jadi anda cocok untuk terlibat dalam skema affiliate marketing atau menjadi publisher via Google Adsense.

Dengan program afiliasi, Anda akan mendapatkan link atau kode spesifik yang dipakai calon pelanggan untuk berbelanja. Jika calon pelanggan berbelanja lewat link atau menggunakan kode spesifik dari Anda, maka Anda akan mendapatkan komisi dari transaksi tersebut.

Menjalankan bisnis online bukan kerja semalam. Namun merupakan kerja yang membutuhkan konsistensi dan dilakukan secara terus menerus. Pebisnis online selalu punya langkah lanjutan untuk membuat bisnis onlinenya lebih sukses.

Baca Juga : Pengertian Bisnis Online Menurut Para Ahli

Tentukan Target Pasar dan Perluas Jaringan

Riset pasar dan analisis kompetitor yang sudah Anda lakukan di atas menjadi dasar untuk langkah selanjutnya, yaitu menentukan target pasar. Target pasar adalah sekelompok orang dengan karakteristik yang sama dan kemungkinan membeli produk yang Anda buat. 

Setiap produk punya pasarnya masing-masing. Misalnya, meskipun sama-sama jam tangan, Rolex dan Casio punya target pasar yang berbeda. Rolex lebih menyasar pasar di kalangan high-class, sedangkan Casio menyasar pasar kelas menengah.  Dengan target pasar yang lebih spesifik, Anda bisa mengembangkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah dalam menyusun strategi marketing. 

Teman, kawan dan jaringan merupakan kepanjangan tangan dari pengaturan rejeki yang sudah diatur oleh Tuhan. Makin banyak jaringan yang kita miliki, makin banyak pintu rejeki akan mengalir pada anda.

Buat Produk dan marketing

Setelah melakukan riset pasar, analisis kompetitor, dan penentuan target pasar, kini Anda tinggal menentukan produk yang akan Anda jual. Nah, produk apa sih yang bisa Anda jual secara online?

Pertanyaan itu tentu hanya bisa dijawab berdasarkan data dari riset pasar, analisis kompetitor, dan target pasar Anda. Pastikan produk yang Anda buat sesuai dengan kebutuhan target pasar.

Berikut adalah beberapa contoh jenis produk yang biasa dijual via online:

  • Produk fisik atau digital – Handphone, furniture, snack, alat kesehatan, oleh-oleh, ebook, atau software.
  • Jasa – Pemesanan tiket, booking hotel, pengiriman barang, atau layanan online marketing.
  • Apapun pilihannya, produk atau jasa yang Anda tawarkan harus punya unique selling points (UPS) untuk bisa bersaing dengan kompetitor.

Buat Website Resmi dan Berani Ambil Resiko

Yang namanya resiko disetiap kegiatan apapun selalu ada, baik resiko terbaik maupun resiko terburuk. Tinggal bagaimana kita memandang resiko terutama resiko yang buruk. Kata para ahli orang yang sukses adalah orang yang berani ambil resiko. Memulai bisnis online belum afdol jika belum membuat website. Ibarat berjualan secara offline yang membutuhkan toko, bisnis online pun butuh “toko”. Kenapa harus website? Mengapa harus membuat website untuk bisnis online Anda?

Karena pelanggan yang menginginkannya. Menurut survei Verisign, sebanyak 56 persen orang tidak percaya pada bisnis online yang tidak punya website. Apa yang terjadi jika pelanggan tidak percaya pada bisnis online Anda? Ya pasti mereka mencari alternatif lain. Ingat, ada banyak kompetitor di luar sana yang bisa merebut pelanggan Anda.

Jika Anda tidak ingin pelanggan lari ke kompetitor, Anda harus meyakinkan mereka bahwa bisnis online Anda benar-benar ada dan bukan tipu-tipu belaka. Nah, salah satu cara paling efektif untuk meyakinkan pelanggan adalah dengan mempunyai website resmi.

Pasarkan Produk dengan Strategi yang Tepat dan Harus Fokus

Jangan mudah berpindah arah. Tetap fokus dengan bisnis online anda. Ada banyak “godaan” di bisnis online, dan di sini FOKUS kita diuji.Kini saatnya memasarkan bisnis online yang sudah Anda bangun. Pemasaran bisnis online tidak bisa asal-asalan. Anda perlu strategi yang tepat untuk bisa memasarkan bisnis online ke target pasar yang tepat dengan pesan marketing yang sesuai.

Pertahankan Pelanggan Setia dan Jangan Bosan

Mungkin ada saatnya anda mengalami kebosanan saat harus menjalankan ini itu agar bisnis online anda tetap berjalan. Bosan merupakan sifat yang sangat manusiawi. Namun untuk berhasil anda harus bisa mengalahkan sifat mudah bosan.Anda bisa saja terus menargetkan untuk mendapatkan pelanggan baru. Tapi jangan lupa, pelanggan lama juga sama pentingnya.

Dedikasikan Customer Support untuk pelanggan. Sebuah penelitian menyebut “tidak diapresiasi” sebagai alasan pelanggan tak mau lagi membeli sebuah produk. Padahal akan ada saatnya produk atau pelayanan Anda kurang prima. Akan ada kalanya juga pelanggan Anda memiliki pertanyaan atau komplain soal brand.

Loyalty card. Loyalty card adalah salah satu cara mengajak pelanggan untuk terus membeli dan menggunakan sebuah brand. Sistem loyalty card pada umumnya memberikan poin tertentu yang ditabung hingga nilai tertentu. Kemudian, pelanggan akan mendapatkan hadiah atau produk gratis.

#Semoga Bermanfaat ***

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: