Ragam  

8 Cara Memulai Bisnismu Sendiri

Paslen.com- Hai pasleners cara memulai bisnis sendiri memang perlu untuk diketahui. Pasalnya dengan kondisi pandemi saat ini, masyarakat dituntut untuk dapat mencari peluang bisnis sebagai penghasilan yang utama. Dalam berbisnis diperlukan sedikit wawasan atau teori untuk memulai atau melakukannya.Setiap orang memiliki cara sendiri untuk sukses. Tentu saja langkah yang diambil juga beragam sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Bagi kamu yang merasa punya keinginan untuk sukses dengan buat usaha sendiri di rumah, tentu saja harus didukung dengan kemauan dan kemampuan. Tapi sebagai langkah awal, kamu perlu tahu cara membuka usaha sendiri di rumah agar memiliki pandangan bagaimana memulainya dari nol.

Tak hanya sekedar menyiapkan modal dan tahu akan berbisnis apa, ada hal lain yang perlu disiapkan untuk memulai bisnis. Apalagi jika Anda memulainya dari nol atau tak memiliki pengalaman sebelumnya. Jadi perlu untuk mengatahui cara memulai bisnis sendiri agar dapat berkembang dan sukses.

Mungkin sebagian dari kamu akan bertanya mengenai cara memulai usaha baru bagi pemula, cara memulai bisnis dari nol, cara memulai usaha dengan modal kecil, usaha apa yang bagus untuk pemula, usaha apa yang jarang tapi dibutuhkan, usaha apa yang cocok untuk di rumah, modal 300 ribu bisa usaha apa, hingga model 50 ribu bisa usaha apa. Namun, semua pertanyaan tersebut tak akan terjawab jika kamu tidak pernah memulai usaha.

Berikut ini adalah prosedur 8 cara memulai bisnis yang bisa Anda ikuti. Tak hanya sekedar cara untuk bisnis Anda supaya bisa berdiri saja, melainkan tahapan yang bisa membuat bisnis Anda berpotensi sukses. Simak caranya berikut.

Cari Ide

Ketika kita mau memulai bisnis hal yang pertama yang harus diperhatikan dan harus kamu pilih dengan hati, sesuatu jenis bisnis yang kamu pilih dengan hati akan kamu kerjakan dengan hati takan pernah cape dan takan pernah mengeluh, ketika seseorang sedang memulai bisnis dari nol selalu sabar dan bersyukur dengan pencapaian. jadi pilihlah jenis usaha apa yang akan kamu pilih Daftar Bisnis Online Tanpa Modal 2021 Yang Harus Kamu Tahu

Siapkan Model Bisnis

Dilansir dari Investopedia, business model adalah sebuah model dasar yang menjelaskan bagaimana sebuah bisnis dapat menghasilkan keuntungan. Melalui komponen ini, bisnis tidak akan berjalan tanpa arah. Sebab, mereka sudah mengetahui apa produk yang ia ciptakan serta target pasar yang akan dituju.

Business model berbeda dengan business plan. Komponen ini lebih fokus kepada bagaimana mendapatkan profit atau keuntungan dari bisnis yang sedang dijalankan.Tidak hanya itu, adanya model bisnis juga membuat bisnis kamu berbeda dengan bisnis kompetitor.

Oleh karena itu, selain menentukan produk yang ingin diciptakan, seseorang juga akan mengetahui value atau nilai apa yang akan diberikan kepada pelanggan. Dengan begitu, otomatis pelanggan akan menyukai produk atau layanan yang ditawarkan dari sebuah bisnis.

Menurut Bplans, secara sederhana model bisnis dapat digambarkan menjadi tiga bagian:

  • jenis produk yang dihasilkan dan ketersediaan tenaga kerja dalam membuat produk tersebut
  • strategi pemasaran yang dilakukan, distribusi, pengiriman, hingga proses penjualan
  • strategi harga yang digunakan serta metode pembayaran dari pelanggan

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa business model sangat penting dibuat oleh bisnis baru.

Baca Juga : Ide Bisnis Online dan Kelebihan serta Contoh Bisnis Digital di Indonesia

Cari CO-FAUNDER yang satu visi

Seorang co-founder dapat melengkapi keterampilan Anda sambil mengisi celah di area lain. Anda juga dapat menyuarakan ide satu sama lain, mendapatkan perspektif baru dan mendekati keputusan dari berbagai sudut pandang. Menurut Anthony Rose, pendiri dan CEO SeedLegals, setiap startup baru membutuhkan tiga peran inti: – ahli domain: seseorang yang mengenal audiens dan mampu menyampaikan visi perusahaan – delivery person: seseorang yang dapat membangun dan men-delivery produk (seperti chief technical officer) – money person: seseorang yang akan menghasilkan pendapatan dan membuat bisnis dapat diinvestasikan “Jarang sekali satu orang mencakup ketiga peran itu,” kata Rose. Dia merekomendasikan untuk memutuskan dulu mana dari ketiganya yang cocok dengan Anda, atau apakah Anda mencakup lebih dari satu area. Lalu temukan co-founder untuk mengisi peran lain sebagai pelengkap untuk bisnis.

LAUNCING pruduk

Product launch juga kerap dijadikan sebagai salah satu strategi pemasaran yang ampuh untuk menarik konsumen dalam jumlah yang banyak dan juga untuk meningkatkan penjualan produk.

Selain itu, product launch juga bisa digunakan untuk memperkenalkan fitur baru, perubahan, kemasan baru, ataupun inovasi lanjutan dari suatu produk ataupun layanan.

Dalam dunia bisnis, perusahaan harus bisa menggunakan berbagai strategi yang mampu memaksimalkan penjualan produknya. Untuk itu, perusahaan harus mau menghabiskan waktu yang banyak dalam meluncurkan suatu produk.

Dalam lingkungan persaingan yang kompetitif ini, perusahaan harus menggunakan berbagai strategi yang mungkin untuk memaksimalkan penjualan produk mereka, mulai dari melakukan komunikasi pemasaran, branding, dll.

Dalam melakukan product launch, terdapat beberapa elemen yang harus dipersiapkan oleh perusahaan agar strategi ini bisa berhasil. Beberapa elemen tersebut adalah sebagai berikut:

  • Segmen dan target pasar yang akan dituju dilayani.
  • Positioning produk dan juga key message-nya.
  • Fitur dan fungsi produk sesuai yang sesuai dengan kebutuhan, keinginan dan harapan pasar
  • Dampak yang bisa ditimbulkan dari kegiatan tersebut
  • Tujuan
  • Waktu dan juga tempat yang tepat.

Baca Juga : 3 Rahasia Besar Sukses Bisnis Ala Tionghoa

Cari INVESTOR

Bagi seorang pemula, untuk menjalankan sebuah usaha tidak selalu berhasil karena banyaknya kompetitor yang ada dan modal usaha yang terbatas.

Ada banyak calon-calon pengusaha yang memiliki banyak ide kreatif untuk memulai sebuah bisnis yang sukses tetapi mereka tidak berani mengambil risiko yang tinggi.

Sebenarnya ide-ide tersebut bisa berjalan dengan lancar jika bisa mendapatkan modal dari investor, tetapi mencari seorang investor tidaklah mudah.

Perlu dilakukan beberapa cara agar bisa mendapatkan seorang investor yang tertarik dengan bisnis Anda dan berani menanamkan modalnya.

Bentuk TEAM yang Solid

Berbicara tentang tim yang solid dalam sebuah organisasi, tidak lepas dari karakteristik yang membangun soliditasnya. Menurut Burn (2004), tim didefinisikan sebagai sebuah kelompok kerja yang terdiri dari beberapa orang dengan kompetensi yang setara, di mana mereka bekerja secara interdependen/ketergantungan dalam melaksanakan pekerjaan di suatu organisasi. Sedangkan soliditas mencakup tiga hal, yaitu: pikiran, perasaan dan tindakan. Artinya dalam sebuah tim yang solid terdapat kesepahaman dalam pemikiran, keterikatan perasaan dan tindakan nyata untuk mencapai tujuan.
Tim yang solid bukan hanya memerlukan keahlian dan wawasan, akan tetapi juga memerlukan kemampuan setiap anggotanya membangun hubungan emosional dan didukung oleh karakteristik sebagai berikut:

  1. Visi yang sama
    Visi yang sama dibentuk sebelum tim mulai bekerja sama. Visi ibarat peta dengan arah yang jelas dan menuntun anggota tim ke mana harus berjalan. Walaupun dalam perjalanannya anggota tim mengerjakan tugas yang berbeda-beda, akan tetapi pencapaian akhir akan menuju satu tujuan yang sama.
  2. Saling menghargai
    Keberagaman dan perbedaan dalam tim menjadi dasar utama anggota tim untuk saling menghargai. Keberagaman dan perbedaan menyebabkan cara pandang yang berbeda dalam berbagai permasalahan. Saling menghargai dalam wujud sikap toleransi akan memperkuat persatuan dalam tim. Keberagaman dan perbedaan bahkan menjadi modal utama tim untuk lebih dinamis dan adaptif dengan berbagai perubahan yang terjadi.3. Komunikasi efektif
    Komunikasi efektif ditandai dengan adanya saling pengertian, meningkatnya hubungan baik, dan pada akhirnya menimbulkan suatu tindakan positif dari setiap anggota tim. Komunikasi efektif antara pemimpin dengan anggota tim dan antara anggota tim satu dengan yang lain, akan menumbuhkan rasa saling percaya dan kerja sama yang baik. Semua anggota tim diberikan kesempatan untuk berpendapat, berpartisipasi dalam pengambilan keputusan, dan diberikan umpan balik. Komunikasi efektif juga ditandai dengan keterbukaan informasi, yang akan membuat lingkungan kerja tim menjadi lebih sehat.
  3. Kepercayaan satu sama lain
    Dampak dari komunikasi efektif adalah rasa saling percaya antar anggota tim. Saling percaya dibangun melalui proses interaksi yang intens antar anggota tim. Anggota tim mempunyai kepercayaan satu sama lain untuk menyelesaikan tugas bersama. Anggota tim juga mempunyai kepercayaan kepada pemimpinnya untuk membawa mereka pada tujuan yang telah ditentukan. Partisipasi semua anggota tim, pendapat, gagasan, ide-ide, kreativitas dan inovasi dihargai sebagaimana mestinya untuk kemajuan tim.5. Kemauan bekerja sama
    Kerja sama membuat tim mampu menyelesaikan tugas sesuai target yang telah ditentukan. Semua anggota tim berkontribusi aktif dalam tugas sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Anggota tim dapat saling bantu dan saling melengkapi kekurangan satu sama lain. Kerja sama juga membuat tim lebih kuat mengatasi berbagai rintangan. Anggota tim yang paling lemah sekalipun dapat diberdayakan untuk membantu tim mencapai tujuan.
  4. Rasa tanggung jawab
    Anggota tim harus memahami dan bertanggung jawab terhadap tugasnya masing-masing. Tanggung jawab merupakan bentuk komitmen yang kuat terhadap tim dan tugas yang diberikan. Semua anggota tim berperan aktif sesuai tugas dan fungsinya masing-masing. Rasa tanggung jawab menghindarkan anggota tim dari sikap saling menyalahkan ketika terjadi masalah. Tanggung jawab menyebabkan beban yang dipikul tim menjadi lebih ringan, karena semua orang mengambil bagian untuk memikulnya.7. Disiplin, integritas dan kejujuran
    Kualitas kinerja tim diukur dengan keberhasilan pencapaian target, yang berlandaskan pada nilai-nilai disiplin, integritas dan kejujuran. Nilai-nilai ini akan membuat tim lebih akuntabel, sehingga dapat mempertanggungjawabkan tugas-tugasnya dengan baik. Tim dapat menyelesaikan tugas dengan tepat waktu, dan mengelola sumber daya dengan efektif dan efisien. Tim akan berjalan di jalur yang semestinya dengan taat azas dan taat aturan.
  5. Mendukung kemajuan bersama
    Anggota tim bisa jadi memiliki kompetensi yang setara, tetapi memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Perbedaan itu semestinya dapat membuat anggota tim saling mendukung kemajuan bersama. Anggota tim yang kuat akan mendukung anggota tim yang lemah, untuk bisa survive dan meningkatkan kapasitasnya. Transfer knowledge antar anggota tim dan berbagai kegiatan pelatihan dapat dilakukan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas bersama. 9. Jiwa kepemimpinan
    Tim yang solid tidak lepas dari peran pemimpin yang mempunyai jiwa kepemimpinan. Pemimpin ibarat nakhoda yang akan membawa tim menuju satu tujuan. Pemimpin membentuk visi dari mulai awal tim bekerja sama. Membagi tugas secara proporsional, serta melakukan monitoring dan evaluasi. Menerima umpan balik dari semua anggota untuk perbaikan dan memberikan keputusan atas semua permasalahan. Merangkul semua anggota tim untuk maju dan mencapai tujuan bersama.
  6. Adaptasi dengan perubahan
    Tim yang solid mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan yang mempengaruhi tim, baik yang disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal. Faktor internal berasal dari dalam tim sendiri, misalnya terjadi pergantian personel atau perubahan tugas. Sedangkan faktor eksternal berasal dari luar tim misalnya terjadi perubahan pada organisasi, aturan, jejaring kerja dan lain-lain. Adaptasi dengan perubahan menyebabkan tim mampu berkompetisi secara sehat. Adaptasi dengan perubahan juga menyebabkan tim survive menghadapi berbagai tantangan.

Jual Produk

Memulai bisnis online bisa menghasilkan keuntungan yang amat menjanjikan, baik sebagai pekerjaan utama, atau hanya sebagai pekerjaan sampingan Anda. Namun, sering kali pebisnis online kesulitan mencari produk jualan yang mampu mengembalikan waktu, tenaga, dan uang yang telah dikeluarkan sejak awal dengan keuntungan setinggi mungkin.

Hasilkan Cuan

Hasilkan cuan dari bisnis yang kamu mulai dan berkemabanglah dalam setiap perkembangan dan maslah, bisnis bukan hanya cuan akan tetapi pasti ada aja ruginya, tetep sabar dan semangat dalam menjalani bisnis yang kamu mulai jangan menyerah buatlah inovasi yang akan membuat bisnimu meledak

Leave a Reply

%d bloggers like this: