Apakah Boleh Ibu Hamil Makan Mie Instan dan Amanakah Untuk janin?

  • Share

Paslen.com – Hai pasleners ibu hamil hehe, dimasa pandemi ini angka kehamilan meningkat banyak yah bund, semoga ibu ibu hamil yang dimasa pandemi ini selalu sehat yah dan dijauhkan dari wabah panemi ini. Bukan rahasia lagi yah ibu ibu kalo tengah malam suka ingin makan mie instan, mau mie kuah ataupun mie goreng. Numun ada kehawatiran yang terlintas dipikiran , “Apakah boleh ibu hamil makan mie instan dan apakah aman untuk janin?” gituh kan yah ibu ibu? iya apa iya? heheh

Saat pandemi, jumlah ibu hamil di Indonesia meningkat. Ibu hamil pun perlu memperhatikan apa saja yang dimakan agar bayinya sehat. Saat barang-barang menjadi mahal dan tidak ada kemampuan untuk membelinya, terkadang mi instan menjadi pilihan.

Beginilah penjelasan menurut alodokter.com , Bolehkah ibu hamil makan mie instan dan amankah untuk janin yang ada di perut ibu hamil?

Bolehkah Mie Instan Dikonsumsi Ibu Hamil?
Mie instan memang bisa menjadi solusi cepat untuk ibu hamil yang sering lapar. Namun, ingat bahwa makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil secara langsung dan tidak langsung dapat memengaruhi pertumbuhan janin. Kandungan garam atau sodium yang tinggi pada mie instan dapat memicu terjadinya hipertensi. Saat hamil, peningkatan tekanan darah dapat berbahaya bagi ibu maupun janin.

Tidak ada literatur pasti yang menjelaskan seberapa sering ibu hamil boleh mengonsumsi mie instan. Jika ibu hamil sangat ingin menikmati mie instan, boleh saja, asalkan tidak terlalu sering. Bila ingin makan mie instan, berikut ini beberapa tips yang dapat Bumil lakukan dalam mengolah mie instan agar lebih sehat:

  • Kurangi jumlah bumbu yang dipakai. Gunakan setengahnya atau Anda bisa membuat bumbu sendiri.
  • Tambahkan protein, seperti telur, seafood, atau daging.
  • Tambahkan sayuran, seperti wortel, tomat, sawai, brokoli, atau bayam. Pastikan semuanya harus dimasak hingga matang.

    Mie instan merupakan makanan olahan. Oleh karena itu, konsumsinya harus dibatasi. Makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil adalah makanan yang sehat dan alami. Semua ibu pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, ‘kan? Jadi, perhatikan apa yang Bumil makan, karena semua yang dikonsumsi ibu hamil akan mempengaruhi bayi di dalam kandungan.

Diatas adalah penejelasan dari situs web alodoketr.com, adan adapun bahasan dari ahli giji yang sudah admin paslen kutip dari kompas.com bolehkan ibu hamil makan mie instan ?

Penjelasan ahli gizi Toto menjelaskan bahwa sumber karbohidrat ada banyak macamnya. Sementara itu makanan pokok di Indonesia adalah beras, lalu tepung terigu atau gandum, ubi, singkong, ketela, kentang dan seterusnya.Dia mengatakan semua itu merupakan bentuk makanan pengganti, jika tidak ada nasi atau beras sesungguhnya boleh mengonsumsi itu.

Tambahnya, apalagi mi. Menurutnya mi itu cukup baik, tapi ada syaratnya. “Sepanjang dia mengonsumsi tidak terlalu ekstrim, mie terus, tetap baik nggak ada masalah. Selain itu harusnya seorang ibu hamil mengonsumsi ditambah telur, sayuran, dan sebagainya,” kata dia saat dihubungi Kompas.com, Selasa (23/6/2020). Lanjutnya, mi aman dikonsumsi jika disertai protein hewani dan sayuran lengkap. Pelengkap mi tersebut seperti tomat, wortel, telur, caesim, udang, dan sebagainya. “Saya jamin aman. Saya merekomendasikan sebagai ahli gizi. Yang penting ada protein hewani, sayur,” kata dia menegaskan.

Bahkan ketika pagi-pagi ibu hamil ingin mengonsumsi mi instan, dia memperbolehkan, dengan syarat diiringi dengan makanan berserat lain dalam satu mangkuk. “Yang jadi bahaya ketika mengonsumsi hanya mi instan saja,” ujar dia. Lanjutnya, sajian mi instan sebanyak 35-40 gram atau satu kemasan, mengandung 190 sampai 200 kalori. Jadi tidak bahaya. Lalu, menurutnya tidak ada batasan mengonsumsi mi instan per hari atau per minggu.

Mengenai perlu tidaknya membuang air yang digunakan untuk merebus mi instan, menurutnya itu tidak wajib. Tujuan orang-orang membuang air bekas rebusan mi adalah untuk mengurangi natrium benzoat yang terkandung di dalamnya. “Tapi sebenarnya tidak ada masalah (jika tidak dibuang), karena sebagian garamnya akan direduksi oleh sayur (saat memasak mie dengan sayur),” kata dia.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: