Inilah Cara Alami Mengatasi Anak Demam (Panas), Batuk, Pilek (Flu)

  • Share

Paslen.com – Hai Pasleners dimanapun berada semoga selalu diberikan kesehatan dan kelancaran dalam setiap aktivitasnya. Ngomongin tentang kesehatan, tentunya kesehatan ini adalah anugrah rezeki yang sangat berharga dan paling utama, terlebih bagi kita sebagai orang tua yang memliki buah hati. Pasti akan sangat khawatir ketika terjadi sesuatu hal terhadap buah hati kita, misalnya tiba-tiba anak demam (panas), batuk, pilek (flu). Sebagai orang tua tentu kita ingin melakukan apapun agar buah hati kita segera kembali sehat dan bisa beraktivitas seperti biasanya.

Maka dari itu apabila terjadi demam, batuk atau pilek jangan dulu panik ya bun, bunda bisa lakukan tahap awal penanganan dengan cara-cara alami ya. Berikut akan kami bahas cara atau langkah mengatasi demam (panas), batuk, pilek (flu) pada anak dengan cara alami dan bahan alami herbal tradisonal.

Obat panas batuk pilek anak alami atau herbal banyak sekali jenisnya. Seperti diketahui, anak-anak usia balita yang sedang dalam masa pertumbuhan memang mudah sekali terserang penyakit seperti demam (panas) yang disertai batuk dan pilek (flu).

Daya tahan dan sistem imunitas bayi memang masih sangat lemah. Karena itulah anak-anak balita sangat rentan terkena serangan bakteri dan kuman penyakit. Tak jarang orang tua dibuat bingung dan panik saat buah hatinya sakit. Beberapa jenis penyakit yang paling serang dialami bayi antara lain demam (panas), batuk, dan pilek (flu). Apalagi jika terjadi pergantian musim, tak hanya anak, tak sedikit pula orang dewasa yang sering mengalami flu dan demam.

Akan tetapi untuk meredakan dan mengatasi balita yang sedang sakit tidak boleh dilakukan dengan memberikan obat sembarangan. Salah dalam memberikan obat justru bisa merugikan kesehatan anak.

Pengobatan tradisional untuk anak-anak ini ternyata masih terus diwariskan. Seperti saat kita masih kecil dulu, para orang tua kita lebih mengandalkan bahan obat tradisional untuk meredakan dan mengatasi anak-anaknya yang sakit. Banyak keutamaan menggunakan obat panas batuk pilek anak alami ketimbang obat kimia. Selain risikonya yang lebih kecil, herbal ini lebih terbukti secara turun temurun dalam pengobatan tradisional.

Sebenarnya banyak sekali obat panas batuk pilek anak yang dijual di apotek atau toko obat. Namun sebaiknya bunda teliti dalam memilih obat ya. Kalaupun harus membeli, sebaiknya pilih obat herbal yang jauh lebih aman. Indonesia dikenal dengan kekayaan herbal dan tanaman berkhasiat obat. Nenek moyang kita juga pandai meramu herbal untuk dijadikan sebagai obat tradisional, termasuk untuk mengatasi sakit pada bayi dan anak-anak.

Baca Juga : Inilah Makanan dan Minuman Penambah Imun Tubuh

Inilah Obat Demam (Panas), Batuk, Pilek (Flu) Anak Alami yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Seperti telah dibahas di atas, kondisi anak (balita) yang demam (panas), batuk, ataupun pilek (flu) adalah reaksi sistem imunitas tubuh karena adanya serangan dari luar. Termasuk jika buah hati Anda mengalami panas tinggi.

Untuk membantu sistem imun tubuh, sebagai orang tua sebaiknya tidak menggunakan obat kimia sebagai pertolongan pertama. Sebaliknya, sangat disarankan memilih menggunakan herbal alami.

Pemanfaatan bahan herbal berguna dalam membantu meningkatkan daya tahan tubuh dalam mengatasi gangguan. Berikut ini bahan obat demam (panas), batuk, pilek (flu) anak alami yang bagus dan bisa dibuat sendiri di rumah.

  • Berikan ASI dan Banyak Cairan
    Air susu ibu atau ASI merupakan asupan makan terbaik bagi bayi berumur kurang dari 6 bulan. ASI juga bisa diberikan meski anak telah berumur lebih setahun, khususnya untuk meredakan sakit demam yang disertai batuk dan pilek.

    Selain nutrisinya yang lengkap dan berkualitas, ASI juga dapat meningkatkan imunitas tubuh saat anak mengalami serangan bakteri atau kuman penyakit. Anda juga bisa memberikan banyak cairan yang akan membantu daya tahan tubuhnya.
  • Bawang Merah
    Bawang merah dikenal kaya dengan kandungan minyak atsiri dan berbagai ensi fitokomia yang sngat penting untuk tubuh. Diantaranya metilaliin, sikloaliin, kuersetin, kaemferol, dan floroglusin yang efektif sebagai obat panas batuk pilek anak.

    Untuk menyiapkannya cukup mudah. Tinggal kupas 5 buah bawang merah lalu parut atau iris tipis-tipis. Tuangkan minyak kelapa secukupnya dan aduk. Balurkan ke seluruh tubuh khususnya bagian perut dan dada.
  • Bawang Putih
    Jika bayi Anda terserang demam yang disertai batuk dan pilek sebaiknya Anda tak perlu cemas. Anda bisa menggunakan bawang putih untuk memberikan pertolongan pertama dan meredakan panas.

    Untuk menggunakannya Anda bisa membakar bawang putih dengan dipanggang sampai kering. Siapkan selembar kain dan bungkus bawang putih yang sudah dingin. Kemudian usapkan secara perlahan di dada bayi.
  • Minyak Herbal
    Saat ini tersedia banyak sekali minyak herbal yang banyak dijual di pasaran. Seperti minyak kayu putih, minyak kelapa, minyak zaitun, minyak peppermint, minyak rosemary, atau yang lainnya.

    Minyak tradisional ini juga berkhasiat sebagai obat panas batuk pilek anak maupun untuk mengatasi berbagai gangguan yang sering dialami anak-anak balita. Tinggal oleskan minyak ini ke tubuh dan dada bayi.
  • Jeruk Nipis dan Madu
    Untuk balita yang sudah berumur di atas satu tahun yang mengalami batuk dan pilek, Anda bisa mencampurkan perasan jeruk nipis dan madu. Herbal ini dikenal mampu melegakan tenggorokan dan merangsang keluarnya pilek bayi.
  • Rempah Kunyit
    Kunyit sangat kaya dengan kandungan minyak atsiri, turmeron, curcumin, dan zingiberen. Fitokimia ini bersifat antioksidan, anti inflamasi, dan anti bakteri yang sangat berguna untuk membantu mengatasi gangguan penyakit. Kunyit juga merupakan herbal multi khasiat yang sangat baik untuk meredakan berbagai jenis penyakit dan gangguan kesehatan. Termasuk sebagai obat panas batuk pilek anak alami yang ampuh.

    Untuk cara membuat ramuan ini dari herbal ini tinggal memarut rempah ini lalu tuangkan setengah gelas air panas dan aduk hingga rata. Dinginkan sebentar dan peras untuk diambil sarinya. Kemudian tambahkan madu secukupnya dan minumkan untuk anak dua kali sehari. Bisa juga sari kunyit ditambahkan dalam minuman susu anak agar lebih enak rasanya.
  • Daun Bunga Sepatu
    Herbal obat panas batuk pilek anak alami selanjutnya yang juga dianjurkan adalah daun kembang sepatu (Hibiscus rosa sinensis). Herbal ini diketahui banyak mengandung polifenol, flavonoida, dan saponin.

    Untuk membuat ramuannya Anda perlu memanaskan beberapa lembar daun kembang sepatu, daun sirih, dan daun kapuk hingga lemas. Kemudian remas dan tambahkan minyak kelapa lalu kompreskan ke jidat dan dada anak.
  • Rimpang Temulawak
    Temulawak telah dikenal dan digunakan sejak lama sebagai herbal yang sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh dan penurun panas serta meredakan pilek. Untuk membuatnya tinggal diparut setelah dicuci terlebih dahulu. Tuangkan air panas secukupnya ke dalam hasil parutan rimpang dan aduk hingga rata. Setelah agak dingin saring atau diperas airnya. Tambahkan madu dan minumkan kepada bayi Anda.
  • Daun Sambiloto
    Sambiloto (Andrographis paniculata) termasuk jenis herbal yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional di Indonesia. Herbal ini sangat berkhasiat sebagai obat panas batuk pilek anak.

    Untuk membuat ramuan ini Anda bisa merebus beberapa lembar daun sambiloto dan kunyit. Setelah airnya tinggal setengah lalu angkat dan saring. Setelah agak hangat minumkan pada anak Anda 2 hingga 3 kali sehari.

Itulah obat herbal tradisonal yang bisa bunda buat sendiri dirumah, untuk tahap awal penanganan anak ketika demam (panas), batuk, pilek (flu), tidak hanya obat herbal tradional, para bunda juga biasanya melakukan tahap awal dengan kompres kening anak menggunkan kain/handuk yang sudah di kasih air hangat untuk membantu meredakan panasnya. Namun apabila kondisi anak (balita) tidak membaik setelah dua hari sebaiknya segera diperiksakan ke dokter ya bun. Semoga informasi ini bermanfaat ya bun, sampai jumpa dipembahasan dan informasi-informasi berikutnya dari kami.

Artikel Lainnya :

Mengatasi Anak Sakit Panas ala TQN Suryalaya Sirnarasa
Inilah Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil
Apakah Boleh Ibu Hamil Makan Mie Instan dan Amanakah Untuk janin?
Berapa Kali Ibu Hamil Boleh Makan Mie Instan ?
Tips Meningkatkan Imunitas Dengan Liburan
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: