Benarkah Pelaksanaan SKD CPNS dan Seleksi PPPK 2021 Tergantung Rekomendasi Gugus Covid-19? Kapan dan Dimana?

  • Share

Paslen.com – Pembahasan kali ini seputar pelaksanaan seleksi SKD CPNS dan Tes Seleksi PPPK 2021, akan seperti apakah pelaksanaannya dan akan dilaksanakan kapan serta dimana? Bagi para pelamar CPNS dan PPPK yang sudah lulus seleksi administrasi ini adalah hal yang mereka tunggu dan ingin kepastian kapan dan dimana serta seperti apa pelaksanaannya, daring kah apa luring ditempat yang dekat sesuai domisili atau tetap dilaksanakan dipusat/provinsi yang dituju?

Badan Kepegawaian Negara (BKN) hingga saat ini belum mendapatkan rekomendasi Tim Gugus Covid-19, sebagai dasar pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2021 dan kompetensi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK. Menurut Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen, satu-satunya yang bisa membuat jadwal tes CPNS 2021 dan PPPK mundur atau tidak adalah rekomendasi Tim Gugus Tugas Covid-19.

Baca Juga : Inilah Penjelasan BKN Terkait Lokasi Tes Seleksi untuk CPNS dan PPPK 2021

Dikutip dari jpnn, “Sampai malam (15/8) tadi, kami belum mendapatkan rekomendasi tersebut. Kami masih menunggu rekomendasi tersebut,” kata Deputi Suharmen kepada JPNN.com, Senin (16/8). BKN selaku ketua panitia seleksi nasional (Panselnas) calon aparatur sipil negara (CASN) 2021 bahkan sudah mengingatkan soal jadwal pelaksanaan SKD CPNS dan kompetensi PPPK. “Namun, sampai sekarang masih belum dijawab surat saya,” ucap Suharmen.

BKN berharap Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk segera memberikan kepastian pelaksanaan seleksi CPNS 2021 dan PPPK.  Sebab, BKN akan salah kalau tetap melaksanakan seleksi tanpa ada rekomendasi dari Tim Gugus Tugas Covid-19. 

Apalagi sekarang masih dalam kondisi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM Level 4. Baca Juga: Pengumuman Masa Sanggah CPNS 2021 Diundur, PPPK Nonguru Bagaimana? Ini Jawaban BKN Suharmen menuturkan pekan lalu BKN sudah membahas bersama Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan BNPB.

Dalam rapat tersebut BKN sekaligus meminta kepastian pelaksanaan seleksi CASN 2021 ini.  “Namun, jawabannya yang berwenang memberikan rekomendasi adalah Tim Ahli Covid-19, makanya kami menunggu itu sekarang,” terangnya. Suharmen berharap keputusan dari Tim Gugus Tugas Covid-19 segera turun. 

Baca Juga : Jangan Ikuti Tips ini atau Kamu Bisa Lulus Seleksi PPPK Guru 2021

Mengingat waktu pelaksanaan seleksi tinggal 10 hari lagi dihitung dari 16 Agustus. Dia juga menyatakan banyak agenda nasional yang tidak bisa dieksekusi dan tergantung Tim Gugus Tugas Covid-19. “Jadi, meski BKN sudah mengeluarkan jadwal tetapi harus ada rekomendasi Tim Gugus Tugas Covid-19 karena situasi sekarang masih PPKM Level 4,” kata Suharmen. 

BKN dalam Surat Edaran Kepala BKN Nomor 5587/B-KS.04.01/SD/K/2021 tertanggal 28 Juni 2021 telah menjadwalkan pelaksanaan tes CPNS 2021 dimulai 25 Agustus sampai 4 Oktober. Tes PPPK nonguru dilaksanakan setelah pelaksanaan SKD CPNS 2021 selesai di masing-masing titik lokasi.  Untuk pengumuman hasil SKD CPNS 2021 dilakukan 17 sampai 18 Oktober.

Jadi kesimpulan nya, BKN sudah memberikan surat edaran dan rencana pelaksanaan seleksi SKD CPNS dan PPPK 2021, namun tetap BKN menunggu rekomendasi dari Tim Gugus Tugas Covid-19 dan akan mengikuti sesuai arahan yang diberikan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19.

Untuk selanjutnya kita berdoa saja yang terbaik, semoga kita semuanya bisa mengikuti seleksi CPNS maupun PPPK 2021 dengan lancar tanpa halangan dan bisa lulus sesuai harapan menjadi ASN Tahun ini. Mudah-mudahan doa dan harapan kita dikabulkan oleh Allah SWT. Aamiin.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: