Cara Mudah Menggunakan Aplikasi ZOOM Cloud Meetings 2020

  • Share

Menggunakan Aplikasi ZOOM Cloud Meetings Untuk Belajar Online (Daring) Atau Rapat Kerja Pada Smartphone Android/iPhone Dan Laptop

Paslen.com – Kali ini paslen.com akan mengulas bagaimana cara menggunakan aplikasi ZOOM Cloud Meetings untuk belajar online (Daring) atau Rapat Kerja pada Smartphone dan Laptop. Semenjak terjadinya pandemi COVID-19 pemerintah menetapkan pembelajaran untuk sementara dilaksanakan secara full online (Daring) dan tentunya bagi sebagian orang ini terasa sulit dan tidak terbiasa dengan pembelajaran daring ini (pembelajaran jarak jauh). Dilaksanakannya pembelajaran secara daring untuk meminimalisir risiko penularan COVID-19 yang sedang mewabah di Dunia khususnya di negara kita Indonesia.

Akan tetapi meski pembelajaran tidak dapat dilakukan secara tatap muka disekolah/kampus, pembelajaran harus tetap berjalan. Seiring berkembanagnya zaman dan teknologi, pembelajaran dapat dilakukan melalui video conference dengan bantuan aplikasi dan teknologi internet. Salah satu aplikasi yang bisa digunkan untuk melakukan video conference adalah aplikasi ZOOM Cloud Meetings.

Zoom Cloud Meeting adalah sebuah aplikasi atau software yang dapat digunakan untuk media komunikasi jarak jauh dengan fitur berupa konferensi video, rapat online, hingga chating. Dengan bantuan software ini, memungkinkan kita untuk mengadakan pertemuan tanpa harus berada di ruangan yang sama dengan banyak orang.

Saat ini telah banyak user yang menggunkan aplikasi ZOOM Cloud Meetings ini, seperi para guru dan siswanya, dosen dan mahasiswanya, bahkan para pegawai baik itu pegawai pemerintah ataupun swasta banyak yang menggunakan aplikasi ini untuk keperluan rapat atau pertemuan secara virtual. Karena pemerintah menghimbau untuk saat ini tidak boleh melakukan tatap muka atau mengadakan pertemuan secara fisik, maka aplikasi ZOOM Cloud Meetings ini adalah salah satu alternatif untuk mengadakan pertemuan virtual.

Selain memiliki fungsi untuk video conference, aplikasi ZOOM juga memiliki fitur share layar yang dan mampu menampung peserta hingga 100 orang di virtual meeting tersebut, serta dukungan Google Drive dan Dropbox untuk berbagi dokumen. Pengguna juga bisa mengundang partisipan untuk bergabung ke video conference melalui nomor handphone dan email.

Pengguna juga bisa melakukan presentasi langsung dengan menggunkan dokumen Power Point dan membagikan tampilan layar laptop ke seluruh partisipan. Berikut ini langkah- langkah cara menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings untuk video conference di Komputer / Laptop maupun di Smartphone Android / iPhone.

Cara menggunkan ZOOM Cloud Meetings di Komputer atau Laptop

  1. Masuk ke situs https://zoom.us/. Buat akun terlebih dahulu menggunakan akun email atau Facebook.
  2. Setelah registrasi, masuk ke laman utama dan klik My Profile. Di sana ada data Personal Meeting ID yang bisa digunakan untuk mengundang partisipan ke video conference.
  3. Copy Meeting ID dan kirim teman yang akan diundang ke video conference yang kamu buat. Atau bisa juga menggunakan link untuk di Copy-Paste di browser.
  4. Partisipan yang diundang ke dalam sebuah meeting di Zoom tidak perlu memiliki akun. Mereka cukup Copy-Paste link atau Meeting ID untuk bergabung ke dalam conference yang telah dibuat Host.
  5. Apabila link tersebut diklik, maka partisipan akan secara otomatis mendapatkan tawaran untuk bergabung ke dalam video conference.
  6. Klik Join a Meeting dan tadaaa… ruangan virtual meeting sudah siap digunakan.

Cara menggunkan ZOOM Cloud Meetings di Smartphone Android atau iPhone

  1. Download aplikasi Zoom di Google Play Store untuk pengguna smartphone Android atau di Apple Apps Store untuk pengguna iPhone.
  2. Sign Up akun menggunakan email atau profil Facebook.
  3. Masuk ke Setting atau Pengaturan, kemudian temukan Personal Meeting ID yang bisa digunakan untuk mengundang partisipan ke video conference.
  4. Copy Meeting ID dan kirim teman yang akan akan diundang ke video conference yang kamu buat. Atau bisa juga menggunakan link untuk di Copy-Paste di browser.
  5. Seperti di Komputer atau Laptop, jika kamu adalah partisipan yang diundang ke dalam sebuah meeting di Zoom, kamu tidak perlu memiliki akun. Kamu cukup Copy-Paste link atau Meeting ID untuk bergabung ke dalam conference yang telah dibuat Host.
  6. Apabila link tersebut diklik, maka partisipan akan secara otomatis mendapatkan tawaran untuk bergabung ke dalam video conference.
  7. Partisipan juga bisa Copy-Paste Meeting ID milik Host untuk bergabung ke conference, kemudian klik Join a Meeting, dan tadaaa… ruangan virtual meeting sudah siap digunakan.

Fitur-Fitur Untuk Melakukan Video Conference

  1. SCHEDULE A MEETING

Fitur ini mengizinkan Host untuk menjadwalkan meeting yang akan berlangsung.

  1. JOIN A MEETING

Dengan menekan fitur ini, kamu dapat bergabung bersama rekan lain yang sudah diundang lewat Copy Paste Meeting ID atau Personal Link dari Host.

  1. HOST A MEETING

Zoom mengizinkan salah satu orang dalam peserta meeting untuk menjadi Host atau pimpinan meeting. Jika kamu menjadi Host, kamu bisa menyetel meeting ini dengan tiga model, yaitu with video off atau tanpa video, with video on atau dengan menggunakan video dan Screen Share only atau menampilkan tampilan layar pada laptop atau smartphone untuk presentasi.

Kelebihan Dan Kekurangan Aplikasi ZOOM Cloud Meetings

  1. Kelebihan Aplikasi ZOOM Cloud Meetings
  • Kapasitas Ruang Besar

Sebuah aplikasi pertemuan virtual tentu harus bisa menampung banyak partisipan dalam satu sesi konferensi. Seperti rapat pada umumnya, rapat virtual biasanya memiliki jumlah peserta yang cukup banyak.

Nah, aplikasi ZOOM Cloud Meeting diklaim dapat menampung hingga 1.000 partisipan serta 10.000 penonton dalam suatu grup atau ruang live video. Angka tersebut tentunya sudah sangat besar karena rata-rata orang mengadakan rapat online paling banyak pesertanya berjumlah ratusan saja.

  • Kualitas video dan suara terbaik

Suatu pertemuan online tentu akan menjadi sangat buruk jika kualitas suara dan resolusi video yang ditampilkan bukan yang terbaik. Bisa-bisa, kita tidak bisa menangkap apa yang lawan bicara ucapkan. Salah satu kelebihan ZOOM Cloud Meeting adalah mampu menghadirkan kualitas video yang jernih dan suara yang jelas sehingga akan memudahkan saat sedang berkomunikasi.

  • Tersedia berbagai fitur menarik

Kelebihan yang tak kalah menakjubkan dari aplikasi ZOOM Cloud Meeting ialah tersedia berbagai macam fitur-fitur menarik. Anda bisa merekam dan menyimpan video selama meeting berlangsung, mencerahkan warna kulit wajah Anda, mengubah background sesuai dengan yang diinginkan, hingga menjadwalkan pertemuan online. Fitur-fitur ini mungkin hanya akan tersedia pada aplikasi Zoom saja.

  • Mendukung presentasi

Bagi Anda yang ingin menjelaskan atau memahami sebuah materi secara lebih dalam, di dalam aplikasi ZOOM Cloud Meeting Anda bisa mempresentasikan file materi kepada partisipan lainnya. Baik partisipan maupun pemateri bisa mencoret-coret presentasi tersebut sehingga akan lebih mempermudah pendalaman materi.

  • Fitur on/off video

Jika di dalam sebuah meeting Anda tidak lagi membutuhkan wajah dan suara Anda untuk ditampilkan, maka Anda bisa mengatur untuk mematikan video dan audio. Kelebihan ini tentu saja akan menjaga privasi Anda tanpa menganggu jalannya sebuah rapat.

  • Tersedia di berbagai macam perangkat

Bagi Anda yang hanya mempunyai ponsel, jangan khawatir. Sebab, aplikasi ZOOM Cloud Meeting dapat dijalankan di berbagai perangkat diantaranya Smartphone Android, iPhone, Komputer ataupun laptop.

  1. Kekurangan Aplikasi ZOOM Cloud Meetings
  • Tidak tersedia bahasa Indonesia

Aplikasi ZOOM Cloud Meeting menggunakan bahasa Inggris didalamnya, sehingga akan cukup menyulitkan bagi Anda yang kurang memahami bahasa Inggris. Namun ini bukan suatu masalah serius, sebab dengan adanya Google Translate Anda bisa memahami kalimat bahasa Inggris dengan baik.

  • Boros kuota

Biasanya, aplikasi yang menampilkan video akan lebih banyak menguras kuota. Begitupun ZOOM Cloud Meeting, jangan heran jika nantinya paket internet Anda berkurang signifikan setelah melangsungkan sesi video conference.

  • Kurang aman

Belakangan ini, aplikasi ZOOM Cloud Meeting tengah menjadi pusat perhatian dikarenakan bocornya data-data pengguna ke publik. Bukannya menyimpan rapat-rapat detail pribadi penggunanya, aplikasi ini malah menyerbarluaskan data sensitif seperti wajah, lokasi pengguna, hingga jam login pengguna.

Tak hanya itu saja, ZOOM disinyalir juga dapat dengan mudah diakses oleh hacker dengan bantuan software tertentu. Tentunya ini menjadi sebuah kekurangan terbesar ZOOM Cloud Meeting, banyak pengguna yang mulai meninggalkannya dikarenakan kekurangan ini.

Demikian informasi tentang cara menggunakan ZOOM Cloud Meetings untuk pembelajaran Daring dan Rapat pada Smarphone Android / iPhone atau Laptop, serta fitur, kelebihan dan kekurangan dari Aplikasi Zoom Cloud Meeting, semoga bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung di paslen.com, sampai jumpa di artikel berikutnya.

BACA JUGA :

Cara Transfer Gopay Ke Ovo Terbaru 2020
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: