Ragam  

Tips Cara Mengatasi Agar Komputer/Laptop Ngebut Anti Lemot (Lelet) Ala Pasleners

Avatar

Paslen.com – Pada postingan kali ini kita akan berbagi tips seputar komputer/laptop yang lemot dan cara mudah mengatasinya. Pada saat komputer/laptop yang kita gunakan tiba-tiba ngeleg dan loading saat mebuka aplikasi, membuka file dan berbagi data lainnya, tentunya akan sangat menghambat pekerjaan dan membuat kita jengkel dan malas untuk melanjutkan pekerjaan kita bukan? So pasti, maka dari itu penting buat kita untuk tahu cara mengatasinya agar bisa kembali berjalan normal seperti sedia kala.

Tips yang akan kami bagikan ini mudah-mudahan bisa pasleners lakukan sendiri dalam mengatasi komputer/laptop yang lemot dan loading saat menjalankan aplikasi atau membuka file pada Sitem Operasi Windows. Namun pada dasarnya hampir semua sistem operasi memiliki menu atau fitur yang bisa digunakan untuk mengatasi komputer/laptop yang lemot atau loading nya lama.

Berikut ini tips cara yang bisa kamu coba dan lakukan untuk mengatasi komputer/laptop yang lemot (lelet / loading lama) :

  1. Lakukan pembersihan file temporary (windows temp, atau clear cache semua aplikasi seperti web browser dan aplikasi lainnya, bisa menggunakan bantuan aplikasi tune up, CCleaner atau aplikasi sejenisnya),
  2. Melakukan defragment pada hardisk,
  3. Menscan full system dan semua drive dengan anti virus terupdate secara berkala,
  4. Menghapus aplikasi yang tidak dipergunkan,
  5. Tidak menginstall aplikasi yang fungsinya sama (seperti Adobe photoshop dengan Photoshop CC dan aplikasi lain sejenisnya) jadi silakan gunakan salah satunya saja,
  6. Hanya menginstall aplikasi yang dibutuhkan saja (yang paling sering digunakan),
  7. Mematikan start up aplikasi yang tidak dibutuhkan,
  8. Mematikan automatic update sistem operasi,
  9. Mematikan thema yang terlalu berat (gunakan yang paling ringan),
  10. Melakukan install ulang sistem operasi (biar lebih fresh),
  11. Melakukan perawatan secara hardware (seperti membersihkan debu kotoran yang menempel pada perangkat),
  12. Menambah memori secara hardware (upgrade ram) dan Apabila masih menggunakan hardisk versi lama, silakan bisa beralih ke SSD untuk kinerja yang power full.

Itulah tips yang bisa pasleners coba untuk mengatasi masalah komputer/laptop lemot atau loading lama. Semoga tipa yang kami bagikan ini bermanfaat ya, jangan sungkan untuk membagikan tips ini apabila dirasa bermanfaat melalui media sosial Instagram, Facebook, Twitter, Telegram, WhatsApp dan media sosial lainya. Sampai jumpa di pembahasan dan tips-tips berikutnya dari kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: