Ragam  

Inilah Cara Daftar PPG DALJAB Tahun 2022 Beserta Tanggal Pentingnya!

Paslen.com – Hallo pasleners para Guru yang belum memiliki sertifikat pendidik, saat ini sertifikat pendidik sangatlah penting terkhusus bagi para guru/dosen. Karena salah satu penunjang bahwasanya guru/dosen profesional tentunya harus memiliki sertifikat pendidik.

Selain itu sertifikat pendidik juga sangat bermanfaat dan membantu bagi pasleners yang mengikuti seleksi CPNS/PPPK Guru, karena bisa menjadi kartu AS mendapatkan afirmasi Nilai Kompetensi Teknis 100%.

Wah ko bisa dapat 100% Why? Karena untuk mendapatkan sertifikat pendidik (Serdik) tidaklah mudah, harus memenuhi persyaratan dan mengikuti pretes ppg daljab terlebih dahulu. Kalau sudah memenuhi persyaratan dan lulus pretes barulah ada panggilan untuk mengikuti ppg daljab.

Kabar gembira buat pasleners yang belum memiliki sertifikat pendidik (serdik) tahun ini pemerintah akan membuka ppg daljab, jadi pastikan pasleners tidak ketinggalan informasi untuk mengikuti ppg dengan cara cek akun SIMPKBmu secara berkala, siapa tahu pasleners salah satu guru yang terpanggil untuk mengikuti ppg daljab.

Pendaftaran PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 kabarnya akan dibuka mulai tanggal 7 Februari 2022. Info ini merupakan kabar gembira bagi para rekan guru yang menantikan kehadiran seleksi PPG Daljab Tahun 2022 yang akan dimulai dengan seleksi administrasi dan seleksi tes akademik atau yang dikenal dengan Pretest PPG.

Jadi, sebelum Pretest PPG, para guru harus lolos dulu seleksi administrasi. Masih ingat kan dengan pemutakhiran data calon peserta PPG 2022 kemarin? Pemutakhiran data ini untuk memastikan kesesuaian data pasleners di Pusdatin agar dapat mengikuti PPG Daljab 2022 sesuai linieritas ijasah dengan mata pelajaran yang diampu.

TANGGAL PENTING PENDAFTARAN PPG DALJAB TAHUN 2022

Berikut adalah tanggal-tanggal penting pendaftaran PPG Daljab Tahun 2022 berdasarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek :

  1. Pengumuman Pendaftaran : 3 Februari 2022
  2. Pendaftaran dan Pengiriman Berkas : 10 – 23 Februari 2022
  3. Perbaikan Berkas : 10 – 25 Februari 2022
  4. Verval oleh petugas : 10 – 28 Februari 2022
  5. Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi : 4 Maret 2022

INILAH CARA PENDAFTARAN PPG DALJAB TAHUN 2022

Berikut adalah tatacara pendaftaran PPG Daljab Tahun 2022 (Seleksi Administrasi) :

1. Mendaftar dan mengirim berkas sesuai persyaratan melalui laman ppg.kemdikbud.go.id (login dengan akun SIMPKB masing-masing)

2. Unggah hasil pindai (scan) ijazah asli S-1/D-IV dan syarat administrasi lainnya

3. Menetapkan/memilih bidang studi linier

4. Mengisi nama Perguruan Tinggi (PT) dan Program Studi sesuai ijazah S-1/D-IV yang dimiliki

5. Tunggu pengumuman kelulusan seleksi administrasi di laman ppg.kemdikbud.go.id (login dengan akun SIMPKB masing-masing)

6. Cek status kelulusan seleksi administrasi dengan kriteria sebagai berikut :

  • Disetujui, jika berkas lengkap dan bidang studi PPG linier dengan ijazah S-1/D-IV
  • Ditolak (Perbaikan), jika berkas tidak lengkap dan bidang studi/prodi tidak linier (tetapi dimungkinkan adanya perbaikan)
  • Ditolak (Permanen), jika berkas tidak memenuhi syarat, bidang studi PPG yang dipilih tidak linier dengan ijazah S-1/D-IV, dan tidak dimungkinkan adanya perbaikan

Guru yang lolos verifikasi dan validasi yang berstatus “disetujui” dinyatakan lolos seleksi administrasi PPG Daljab Tahun 2022.

Itulah informasi seputar ppg daljab tahun 2022, semoga bermanfaat dan para guru bisa terpanggil untuk mengikuti ppg daljab, jangan lupa untuk selalu mengecek akun SIMPKB nya ya, karena peserta yang terpanggil akan langsung terlihat diakun masing-masing. Sampai jumpa di pembahasan dan informasi-informasi berikutnya dari kami. Terimakasih.

sumber : ppg.kemdikbud.go.id

Leave a Reply

%d bloggers like this: