Akankah Pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK 2021 ini di undur atau berjalan sesuai jadwal awal?

  • Share

Paslen.com – Saat ini para pelamar CPNS dan PPPK 2021 yang sudah lulus seleksi administrasi menunggu kepastian pelaksanaan seleksi SKD bagi CPNS dan Seleksi Kompetensi untuk PPPK. Mungkin diantara pasleners juga salah satunya yang sudah lulus seleksi administrasi dan sedang menunggu kapan pelaksanaannya apakah akan berjalan sesuai jadwal dari surat edaran, apa akan di undur?

Tidak bisa kita pungkiri sampai saat ini pandemi Covid-19 yang melanda negeri ini masih belum usai, tentunya ini bisa membuat pelaksanaan seleksi CPNS 2021 dan PPPK terancam mundur lantaran Badan Kepegawaian Negara (BKN) masih menunggu surat rekomendasi dari Tim Gugus Tugas Covid-19 (Satgas Covid-19).

Di kalangan peserta, beredar kabar bahwa seleksi CPNS 2021 dan PPPK akan loncat pada September.

“Belum bisa cetak kartu ujian keterangannya menunggu masa sanggah. Padahal saya mendaftar di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA),” kata salah satu peserta seleksi CPNS 2021 yang enggan disebutkan namanya kepada JPNN.com, Kamis (19/8).

Untuk mengisi dan mencetak kartu deklarasi sehat juga, lanjutnya belum bisa dilakukan. Dia menduga, jadwal seleksi kompetensi dasar atau SKD CPNS 2021 pada 25 Agustus akan mundur lagi.

Ketua Guru Tenaga Kependidikan Honorer Nonkategeri usia 35 tahun ke atas (GTKHNK35 ) Jawa Barat Sigid Purwo Nugroho mengungkapkan, mereka sudah bisa menduga jadwal seleksi akan mundur. Apalagi saat ini PPKM level 4 diperpanjang. “Sepertinya bakal mundur lagi,” ucapnya.

Baca Juga : Beginilah Kata Bkn Jadwal SKD CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK Tunggu Izin Satgas

Apalagi kata Sigid, sejak awal pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK sudah dipenuhi dengan masalah. Jadwalnya terus berubah-ubah tidak sesuai dengan yang disosialisasikan pemerintah.

Sekretaris Umum Forum Honorer Nonkategeri Dua Persatuan Guru Honorer Republik Indonesia (FHNK2 PGHRI) Candra Permana mengatakan, melihat perkembangan di lapangan sepertinya seleksi CPNS 2021 dan PPPK bakal loncat September.

Apa tanggapan BKN? Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen mengatakan, sampai 19 Agustus rekomendasi dari Tim Gugus Tugas Covid-19 (Satgas Covid-19) belum turun.

Padahal setiap hari BKN selalu menanyakan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku ketua Satgas Covid-19.

“Jawabannya masih sama, katanya suratnya masih di meja kepala BNPB. Yah mudah-mudahan secepatnya turun karena ini makin mepet waktunya,” ucapnya.

Sesuai SE Kepala BKN Nomor 5587/B-KS.04.01/SD/K/2021 tertanggal 28 Juni 2021 telah menjadwalkan pelaksanaan tes CPNS 2021 dimulai 25 Agustus sampai 4 Oktober. Sedangkan tes PPPK nonguru dilaksanakan setelah pelaksanaan SKD CPNS 2021 selesai di masing-masing titik lokasi. Untuk pengumuman hasil SKD CPNS 2021 dilakukan 17 sampai 18 Oktober.

Baca Juga : Jangan Ikuti Tips ini atau Kamu Bisa Lulus Seleksi PPPK Guru 2021

Jadwal tersebut bisa terealisasi bila rekomendasi Satgas Covid-19 sudah ada. Tanpa itu, menurut Deputi Suharmen, BKN belum bisa mengeksekusi pelaksanaan seleksi CPNS 2021 dan PPPK.

“Satu-satunya alasan pelaksanaan seleksi CPNS 2021 dan PPPK diundur atau tidak ialah rekomendasi Satgas Covid-19,” tegas Deputi Suharmen.

Senada, Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi (PPSS) BKN, Mohammad Ridwan menyebutkan jadwal pelaksanaan SKD menunggu izin dan persetujuan dari BNPB.

“PPSS BKN juga tengah membuat penjadwalan SKD rinci terhadap peserta CASN yang dinyatakan lulus administrasi pascasanggah, termasuk menyangkut titik lokasi (Tilok),” terangnya.

Semoga saja segera ada rekomendasi dari Tim Gugus Tugas Covid-19, kita tunggu saja sambil terus belajar dan berlatih serta tidak lupa terus berdoa memohon yang terbaik buat kita semuanya. Kita lakukan semaksimal mungkin persiapan kita dalam menghadapi seleksi baik itu yang ikut seleksi CPNS maupun PPPK 2021, mudah-mudahan kita bisa lulus sesuai harapan menjadi ASN Tahun 2021. Tetap sabar dan tawakal ya pasleners, kita serahkan saja semuanya kepada Alloh SWT, pasti akan memudahkan dan memberikan yang terbaik buat kita semuanya. Aamiin.

Informasi Terkait Lainnya :

Benarkah Pelaksanaan SKD CPNS dan Seleksi PPPK 2021 Tergantung Rekomendasi Gugus Covid-19? Kapan dan Dimana?
Inilah Penjelasan BKN Terkait Lokasi Tes Seleksi untuk CPNS dan PPPK 2021

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: