Apa itu NFT? Mengapa Bisa Membuat Ghozali Everyday Jadi Miliarder?

Avatar

Paslen.com – Hallo pasleners yang sedang mencari artikel tentang NFT (Non-Fungibel Token) yang baru-baru ini boom akibat salah seorang pemuda asal Indonesia sukses menjual NFT berupa foto selfienya sendiri seharga $3 perfoto sebanyak 933 foto terjual habis hanya dalam waktu 3 hari saja.

Berdasarkan info yang kami dapatkan dari channel youtube podcastnya Om Dedi Corbuzier bersama narasumber Ghozali Ghozalu atau lebih dikenal dengan Ghozali Everyday dan Chef Arnold Poernomo, pada awalnya Ghozali juga tidak menyangka fotonya akan laris manis dan terjual habis. Bahkan ia pun agak syok tidak percaya ko ada orang yang mau beli foto selfienya.

Salah satu pembeli NFT foto selfienya Ghozali yaitu Chef Arnold, ia bersama komunitas NFT Indonesia lainnya untuk membeli NFT milik Ghozali sebagai bentuk apresiasi terhadap produk NFT local dimana Ghozali Everyday telah konsisten dari usia 18-22 atau mulai tahun 2017-2021 mengumpulkan foto selfienya.

Pemuda bernama lengkap Sultan Gustaf Al Ghozali saat ini ramai diperbincangkan diseluruh media sosial dari mulai TikTok, YouTube, Instagram, Berita Televisi dan media sosial lainnya. Ghozali berhasil menjual foto selfie atau swafoto non fungibel token (NFT) senilai Rp1,5 miliar di platform OpenSea.

Mengapa penghasilan Ghozali fantastis padahal awalnya dia hanya menjual perfoto selfienya $3, ternyata sebagai pemilik awal NFT dia akan memperoleh royalti maksimal sebesar 10% tiap kali foto selfienya berpindah kepemilikan (terjual dari pemilik satu ke pemilik yang lainnya).

Jadi tidak heran saat ini Ghozali memiliki penghasilan yang fantastis bukan? Itu semua tidak terlepas dari kerja keras, kesabaran dan konsistensi dia selama bertahun-tahun, walaupun awalnya banyak cacian, makian, hinaan, banyak rintangan membentang namun tak jadi masalah dan tak jadi beban pikiran bagi Ghozali Everyday, pada akhirnya buah itu telah matang dan sudah bisa dipanen saat ini. Selamat buat Bro Ghozali Everyday semoga berkah dengan pencapaiannya.

NFT merupakan aset digital yang telah menarik minat investasi masyarakat Indonesia dalam hal mata uang kripto. NFT digunakan sebagai bukti kepemilikan barang yang dapat dibeli dengan mata uang kripto. Adapun OpenSea merupakan platform tempat jual-beli barang dengan menggunakan NFT.

Bagaimana cara kerja NFT? Pertama perlu diketahui bahwa sebagian besar NFT adalah bagian dari blockchain Ethereum. Ethereum adalah cryptocurrency, seperti bitcoin atau dogecoin. Bisakah saya membeli NFT dengan cryptocurrency? Ya. Mungkin. Banyak pasar menerima Ethereum. Tetapi secara teknis, siapa pun dapat menjual NFT, dan mereka dapat meminta mata uang apa pun yang mereka inginkan.

Apa saja barang yang dijual di supermarket NFT? Sebenarnya barang apa saja bisa diletakkan dan dijual di Supermarket NFT. Misalnya gambar, musik, pemikiran, dan lain sebagainya. Hanya saja saat ini orang tertarik dengan seni digital. Swa foto Ghozali pun dinilai sebagai barang bernilai tinggi. Apakah orang benar-benar berpikir ini akan menjadi seperti koleksi seni? Ini masih menjadi perdebatan. The Verge menilai beberapa orang berharap untuk mengoleksi seni yang terdapat di pasar NFT.

Hal itu nampak dari beberapa orang yang rela membayar hampir US$390.000 untuk video 50 detik oleh Grimes, termasuk foto selfi Ghozali. Apa gunanya NFT? Itu sangat tergantung pada dari peran yang diambil seseorang di NFT. Apakah Anda seorang seniman (penjual), pembeli atau kolektor. Jika seorang seniman, NFT mungkin berguna buat Anda karena NFT memberi Anda cara untuk menjual karya yang mungkin tidak terlalu diminati pasar.

Anda menemukan ide stiker digital yang sangat keren, anda tidak bisa menjual di sembarangan tempat karena pasti tidak laku. Namun di NFT, anda bisa menjual karya seni apapun dan biarkan khalayak yang menilai karya Anda. Selain itu, NFT memiliki fitur yang dapat Anda aktifkan yang akan membayar Anda persentase setiap kali NFT dijual atau berpindah tangan, memastikan bahwa jika pekerjaan Anda menjadi sangat populer dan bernilai tinggi, Anda akan melihat beberapa manfaatnya.

Jika Anda seorang pembeli. Salah satu manfaat nyata dari membeli karya seni NFT adalah memungkinkan Anda secara finansial mendukung artis yang Anda sukai. Dengan membeli NFT juga biasanya Anda memiliki hak penggunaan dasar karya seni, seperti dapat memposting gambar secara online atau mengaturnya sebagai gambar profil Anda. Jika Anda seorang kolektor, mungkin NFT dapat bekerja seperti aset spekulatif lainnya, di mana Anda membelinya dan berharap nilainya naik suatu hari, sehingga Anda dapat menjualnya untuk mendapatkan keuntungan.

Siapa yang akan membayar ratusan ribu dolar untuk apa yang pada dasarnya hanya kartu perdagangan? Beberapa orang memperlakukan NFT seakan NFT adalah masa depan koleksi seni rupa (sebagai taman bermain bagi orang kaya), dan beberapa orang memperlakukannya seperti kartu Pokémon (di mana mereka dapat diakses oleh orang normal tetapi juga taman bermain untuk orang-orang kaya). Apakah NFT mainstream sekarang?

Tidak semua orang memiliki NFT sekarang hanya orang-orang tertentu saja. Di Amerika Serikat, The New York Times mewawancarai beberapa remaja di bidang NFT, dan beberapa mengatakan mereka menggunakan NFT sebagai cara untuk membiasakan diri mengerjakan proyek dengan tim, atau hanya untuk mendapatkan uang belanja. Apakah artikel dijual juga sebagai NFT? Secara teknis apa pun digital dapat dijual sebagai NFT.

Apa saja nama supermarket NFT? Ada beberapa pasar yang muncul di sekitar NFT, yang memungkinkan orang untuk membeli dan menjual diantaranya OpenSea, Rarible, dan Grimes, Nifty Gateway, dan lain- lainnya. Apakah karya seni di NFT bisa dicuri? Bagian menarik dari blockchain adalah Blockchain menyimpan catatan setiap kali transaksi terjadi, membuatnya lebih sulit untuk dicuri daripada, katakanlah, lukisan yang tergantung di museum.

Apakah seni digital NFT bisa rusak, misalnya dalam 500 tahun? Mungkin. Pembusukan bit adalah hal yang nyata: kualitas gambar memburuk, format file tidak dapat dibuka lagi, situs web mati, orang-orang lupa kata sandi dompet mereka. Tetapi seni fisik di museum juga sangat rapuh.

Itulah pembahasan seputar NFT yang saat ini ramai diperbincangkan dan bisa membuat kaya raya bagi yang bisa memanfaatkannya, salah satunya Ghozali Everyday yang tiba-tiba namanya melambung dan dikenal diseluruh jagat maya khususnya masyarakat Indonesia bahkan sampai ke mancanegara, karena pembelinya benar-benar dari berbagai negara yang diawali dari negara tercinta Indonesia, Singapura, Cina, dan negara-negara yang lainnya.

Semoga ini bisa menjadi motivasi buat pasleners para konten kreator yang bisa menjual karya-karya NFT nya baik berupa gambar, foto, video, musik, animasi atau apapun itu, sehingga dapat menjadi pundi-pundi penghasilan yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan sesama. Sampai jumpa di pembahasan dan informasi-informasi terupdate berikutnya. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: