Paslen.com – Bulan Ramadan adalah bulan yang suci dan bualan yang penuh ampunan serta kebaikan dilipat gandakan. untuk pasleners yang menjalankan ibadah puasa adapun amalan yang paling utama dibulan ramadan yang bisa kamu lakukan saat menjali ibadah pusa.

Secara hakikat, Ramadhan adalan bulan untuk membakar semua dosa-dosa. Di bulan ini umat Islam diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh. Barang siapa yang mengerjakannya didasari iman dan ihtisab (mengharap pahala dari Allah) maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

Di bulan ini, pahala amal ibadah juga dilipatgandakan. Orang yang mengerjakan ibadah sunnah pahalanya diganjar pahala ibadah wajib. Sedangkan pahala ibadah wajib ganjarannya dilipatgandakan.

Ustaz Farid Nu’man Hasan mengemukakan ada banyak amalan sunnah yang bisa dikerjakan di bulan Ramadhan dan ganjaran pahalanya berlipat ganda. Di antaranya termasuk sunnah qauliyah dan fi’liyah. Berikut amalan-amalan Sunnah di bulan Ramadhan.

Inilah Amalan Utama di Bulan Suci Ramadan

Saur

Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘laihi wa sallam bersabda: “Bersahurlah kalian, karena pada santap sahur itu ada keberkahan.” (HR Al-Bukhari No. 1923, Muslim No. 1095) Rasulullah SAW juga bersabda:

السَّحُورُ أَكْلُهُ بَرَكَةٌ، فَلَا تَدَعُوهُ، وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جُرْعَةً مِنْ مَاءٍ، فَإِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

Artinya : “Makan sahur adalah berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya, walau kalian hanya meminum seteguk air, karena Allah ‘Azza wa Jalla dan para malaikat mendoakan orang yang makan sahur. (HR. Ahmad dari Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiallahu ‘anhu)

Perbanyak i’tikaf

hai pasleners untuk kamu yang lagi menjalankan ibadah puasa , yuk belajar itikap di mesjid dan berniat untuk tolabul ilmi, I’tikaf berasal dari bahasa Arab akafa yang berarti menetap, mengurung diri atau terhalangi. Pengertiannya dalam konteks ibadah dalam Islam adalah berdiam diri di dalam masjid dalam rangka untuk mencari keridhaan Allah dan bermuhasabah atas perbuatan-perbuatannya. Orang yang sedang beriktikaf disebut juga mu’takif.

Amalan di bulan Ramadan yang dianjurkan pertama adalah dengan memperbanyak i’tikaf. Menghabiskan waktu luang selama menjalankan ibadah puasa dengan berdiam diri di Masjid dan memperbanyak doa, ibadah, tak hanya membantu memperteguh keimanan tapi juga menjauhkanmu dari perbuatan-perbuatan yang tak baik.

Solawat Tarawih

Sholat tarawih adalah ibadah sholat sunnah yang dilaksanakan saat bulan Ramadhan. Ibadah ini termasuk sunnah muakad yang dapat dikerjakan secara berjamaah ataupun sendiri-sendiri. Karena sholat tarawih hanya dapat dilaksanakan saat bulan Ramadhan. Ibadah salat tarawih berjamaah merupakan sunnah yang juga akan menambah pahala. Untuk itu, jangan malas-malasan untuk menunaikan salah Tarawih sehabis berbuka puasa.

Hidupkan Malam Lailatul Qadar

Malam lailatul qadar adalah malam turunnya ayat-ayat pertama Al-Quran kepada nabi umat Islam, Muhammad. Mengutip Encyclopedia Britannica, lailatul qadar adalah malam ketika Tuhan (Allah SWT) pertama kali menurunkan wahyu berupa ayat-ayat Al-Quran kepada Nabi Muhammad melalui malaikat Jibril. Menurut tradisi Islam, Muhammad mendapat wahyu ayat-ayat Al-Quran pertama kali setelah melalui periode perenungan dalam pengasingan. Dalam salah satu malam perenungannya, ketika lailatul qadar, malaikat Jibril menampakkan diri kepada Muhammad dan memerintahkan sebuah kata “Iqra!” yang artinya bacalah.

Malam Lailatul Qadar biasanya berada di 10 malam terakhir di Bulan Ramadan, terutama malam-malam ganjil. Pada malam ini, pahala yang di dapat akan lebih besar dibandingkan malam-malam lainnya di Bulan Ramadan.

Membaca Al-Quran

Amalan Bulan Ramadan yang dianjurkan selanjutnya adalah menunaikan tadarus Al-Quran. Dengan mengaji selama Bulan Ramadan, kamu tak hanya bisa mendapatkan berkah tetapi juga mampu meningkatkan ketagwaan dan iman untuk menjalani ibadah Puasa di Bulan Ramadan.

Perbanyak Sedekah

Sedekah adalah salah satu kewajiban umat Muslim baik di Bulan Ramadan ataupun tidak. Namun, mengingat berkah bulan Ramadan lebih berlipat ganda, ada baiknya Pasleners tak melewatkan momentum Ramadan untuk bersedekah dan menunaikan zakat. Tapi ingat, bersedekah harus didasari dengan niat yang ikhlas dan tulus, ya.

Umroh bagi yang Mampu

Ibadah Umroh adalah salah satu anjuran Rasullulah SAW dan bagi Toppers yang mampu baik dari segi materi dan moril, sangat baik untuk menunaikan ibadah Umroh di Bulan Suci Ramadan.

Perbanyak Istigfar

Amalan ibadah puasa selanjutnya adalah dengan memohon pengampunan kepada Allah SWT dengan tulus. Pada bulan Ramasan, Allah SWT memberikan pengampunan bagi dosa-dosa hambanya. Sehingga sudah seharusnya Pasleners menggunakan momen ini untuk mengakui dosa dan memohon ampun. Dan jangan lupa untuk tidak mengulanginya lagi, ya.

Taubat

Meneruskan amalan istigfar, pintu pengampunan selama bulan Ramadan selalu terbuka lebar. Itulah sebabnya banyak orang yang bertubat dan kembali ke fitrah di Bulan Ramadan ini.

Dakwah

Berdakwah di Bulan Ramadan memiliki pahala yang besar karena siapapun yang menunjukkan kebaikan, baginya pahala pahala sebagaimana orang yang mengamalkannya. Dan berdakwah disini tak harus melulu berbicara di masjid. Kamu bisa melakukannya dalam kegiatan sehari-hari dengan memberikan nasihat kepada teman yang membutuhkan, mengingatkan waktu salat, hingga memberikan contoh-contoh dan teladan untuk melakukan kebaikan.

Demekianlah amalan utama di bulan ramadan yang insyaallah mudah mudahan kamu bisa menjalaninya dengan baik dan iklas,dan semoga kamu selalu dalam lindungan allah swt, serta di berikan kesehatan dipanjangkan umurnya serta dilancarkan rezekinya.

Baca Juga

Makanan Yang Pas Banget Sama Bulan Ramadan

Shares