6 Cara Membantu Anak Belajar Berani

  • Share

Paslen.com – Berani termasuk salah satu ingredient penting untuk pertumbuhan. Keberanian membuat kita belajar apa saja. Mulai belajar matematika, kendatipun caranya tampak sulit akan tetapi dengan cara yang diajarkan dengan sabar dan dengan cara yang dia mengerti pelajaran matematika pun akan dirasa mudah. Keberanian dapat bersifat fisik , misalnya melompat dari papan diving di kolam renang. Juga bisa bersifat moral, misalnya mengerjakan sesuatu yang baik kendatipun di ejek ataupun ditertawakan. Boleh dikata, keberanian adalah salah satu bekal berharga yang harus diberikan orang tuanya kepada anak anaknya. Berikut, langkah langkah yang bisa dilakukan orangtuanya agar anak belajar berani.

Baca Juga : Inilah Tips Cara Pertolongan Pertama Mengatasi Diare pada Anak

Bangun Rasa Percaya Diri Anak

Kamu mungkin ingat ketika anak balita kamu sedang belajar beerjalan. Seringkali ia terjatuh akan tetapi ia tidak menyerah, tetep berusaha mencobanya sehingga berhasil. Anak anak punya dorongan alamiah untuk menguasai keterampilan keterampilan baru, sering kali mereka takut sakit. Semakin banyak anak kecil menghadapi tangtangan fisik, misalanya belajar lari ataupun memanjat, ia akan merasa semakin mampu dan semkain besar kemungkinan ia menerima tangtangan baru dimasa depan.

Cara membantu : Dorong anak supaya mandiri sedikit demi sedeikit. Puji anak kamu jika mencoba aktivitas baru. Biarkan anak kamu bermain sendiri setiap hari.

Mengatasi Rasa Takut Pada Anak

Jika anak mulai takut tentang hantu, monster atau takut gelap, pertanda kemampuan kemampuan kognitif mereka mulai berkembang. Mereka dapat membayangkan sesuatu yang tidak ada. Pada saat ini, keberanian mereka pelu peningkatan ekstra.

Cara membantu : Gunakan imajinasi mereka untuk membatu mereka mengatsi rasa takut. Kamu mungkin bisa memberi anak kamu yang takut dengan monster dengan semprotan monster atau cegah mempi buruk dengan mengarang lagu tanpa mimpi buruk ketika anak mau tidur. Bantu anak dengan menggunakan kata kata mengungkapkan rasa takutnya ketimbang menjadi lumpuh atau tidak berdaya. Misalnya dengan berkata “ mama…., saya takut karna anjingnya besar.”

Hadapi Ketidakpastian

Kemandirian anak yang terus berkembang membuatnya menghadapi hal hal yang tidak diinginkan. Ketika anak berjalan masuk ke kelas untuk pertama kalinya, dia mungkin menghadapi sejumblah ketidakpastian. Mulai dari apakah gurunya baik ? apakah akan mempunyai teman? apakah pelajaran sekolah sulit? ketika anak belajar mengatasi rasa takut ini, ia mendapatkan keberanian untuk menghadapi ketidakpastian.

Cara membantu: Baca cerita atau karang cerita tentang kejadian yang akan datang. Misalnya masuk sekolah, untuk mengenalkan tantangan tantangan kepada anak kamu. Jelaskan kepada anak kamu kemungkinan yang akan terajdi dan biarkan anak bercerita tentang cara caranya menangani masalah yang terjadi.

Baca Juga : Inilah Cara Mengatasi Anak Demam di Malam Hari

Berbuat Benar

Ketika anak mulai sadar atau bisa membedakan antara yang baik dan buruk, mereka akan membangun fondasi keberanian moral, dorongan untuk melakukan sesuatu yang benar atau baik kendatipun takut dengan konsekuensi negatif.

Cara membatu: Puji anak ketika mengembalikan mainan yang ditemukan kepada pemiliknya atau jika anak mengajak bermain anak yang tidak disukai dikelas. Role play- bermain peran – tentang apa yang harus dilakukan, jika ia melihat anak lain diganggu atau di gertak. latihan beberapa sekenario yang kemunginan bisa muncul ketika anak di desak atau di tekan oleh teman temannya untuk melakukan sesuatu yang menurutnya salah.

Beri Contoh Baik

Cerita kamu bertindak dapat mengembangketikan keberanian fisik dan moral anak kamu. Jika anak kamu jatuh atau disakiti, apakah kamu membantu menenangkannya atau kamu panik? cara ayah dan ibu mengatasi penyakit kehilanngan bisa berpengaruh pada anak anak kamu.

Cara membantu : Jika muncul kesulitan dalam kehidupan kamu sendiri, coba janganlah panik atau bingung. tarik napas dalam dalam dan bicara bangaimana kamu bisa menyelesaikan masalah. dan ketika kamu membela sesuatu yang benar, seringkali tidak populer, kamu memberi contoh yang akan diingan oleh anak kamu.

Baca Juga: Inilah 5 Cara Pertolongan Pertama pada Anak Demam (Sakit Panas)

Pahami Mengapa Keberanian Disembunyikan

Kadang, anak yang lebih tua mungkin tak bisa mempertahankan keberanian moral takut di tolak teman temannya. tapi, penting untuk disadari. bahwa moral keberanian itu tidak lenyap, hanya hibernasi. Dibawah permukaan yang tenang, anak anak sadar ketidakadailan hidup.

Cara Membantu : Puji anak jika kamu melihat dia mempertahankan rasa etisnya ketimbang mempertahankan popularitas. Misalnya dengan membela teman yang diganggu atau menghindari anak yang mencuri di toko. dorong anak untuk mengumpulkan uang untuk anak anak yang tidak beruntung atau negara yang hancur karena perang. jelaskan bahwa dengan bertahan hidup, anak anak ini menunjukan bahwa mereka adalah anak anak yang berani.

Diatas adalah 6 cara membatu anak berani, semoga bunda bunda dan ayah ayah sabar dalam menghadapai si kecil karena tingkahnya. semoga bermanfaat 🙂

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: