Ragam  

6 Etika Dalam Hidup Yang Harus Kamu Jalani

Paslen.com – Secara bahasa kata ‘etika’ lahir dari bahasa Yunani ethos yang artinya tampak dari suatu kebiasaan. Dalam hal ini yang menjadi perspektif objeknya adalah perbuatan, sikap, atau tindakan manusia. Pengertian etika secara khusus adalah ilmu tentang sikap dan kesusilaan suatu individu dalam lingkungan pergaulannya yang kental akan aturan dan prinsip terkait tingkah laku yang dianggap benar.

Sedangkan pengertian etika secara umum adalah aturan, norma, kaidah, ataupun tata cara yang biasa digunakan sebagai pedoman atau asas suatu individu dalam melakukan perbuatan dan tingkah laku. Penerapan norma ini sangat erat kaitannya dengan sifat baik dan buruknya individu di dalam bermasyarakat. Dengan begitu, Etika adalah ilmu yang mempelajari baik dan buruknya serta kewajiban, hak, dan tanggung jawab, baik itu secara sosial maupun moral, pada setiap individu di dalam kehidupan bermasyarakatnya. Atau bisa dikatakan juga bahwa etika mencakup nilai yang berhubungan dengan akhlak individu terkait benar dan salahnya.

Etika merupakan suatu perilaku yang dilakukan seseorang berdasarkan aturan maupun prinsip kepada sesama. Etika bukan hanya mencangkup terhadap sesama akan tetapi setiap melakukan apapun dikehidupan ini harus mempunyai etika. Seperti etika dengan sesama dan etika dalam berbisnis. Semua itu membutuhkan etika karena dengan etika kepada sesama menjadikan seseorang berperilaku baik terhadap sesama. Dan dengan adanya etika dalam bisnis seseorang akan mengetahui prosedur-prosedur dan larangan apa yang tidak diperbolehkan dalam berbisnis. Maka dari itu etika itu sangat penting bagi kehidupan manusia. Berikut ini saya akan menjelaskan mengenai 6 etika dalam hidup yaitu:

1. Sebelum bicara – dengarkan

Kenapa sebelum berbicara kita harus mendengarkan, karena dengan mendengarkan kita tidak akan mudah berburuk sangka terhadap orang lain. Ketika kita tidak mau mendengarkan penjelasan dan hanya mendengarkan ucapan orang lain yang belum pasti benarnya itu semua hanya akan menimbulkan masalah. Maka dari itu sebelum berbicara maka dengarkanlah dari orang pertama secara langsung.

2. Sebelum belanja – hasilkan

Kenapa sebelum belanja kita harus menghasilkan, karena ketika kita belanja dan belum bisa menghasilkan maka semua akan sia-sia. Ibarat kita memikirkan keinginan dari pada kebutuhan atau kita belanja duluan dari pada menabung untuk masa depan.

3. Sebelum menyerah – cobalah

Kenapa sebelum menyerah kita harus mencoba, karena setiap tujuan tidak akan berjalan dengan lurus sesuai keinginan kita, terkadang ada cobaan maupun kendala dengan sesuatu yang kita inginkan maka dari itu semua butuh perjuangan jika kita gagal dalam berjuang teruslah selalu mencoba jangan pernah menyerah sampai tujuan kita tercapai.

Baca Juga : 6 Tips Bisnis Ala Jack Ma

4. Sebelum menulis – pikirkan

Kenapa sebelum menulis harus dipikirkan karena jika kita menulis tanpa memikirkan apa tema yang akan kita tulis maka isi dari tulisan kita tidak akan bisa terstruktur dan terencana sesuai dengan tujuan

5. Sebelum istirahat – bekerjalah

Kenapa sebelum istirahat kita harus bekerja, karena dengan kita bekerja maka kita akan mendapatkan hasil dan setelah mendapatkan hasil kita akan beristirahat. Hal itu merupakan sesuatu yang patut di terapkan dalam bekerja karena dalam bekerja kita tidak boleh istirahat sebelum jam istirahat tiba

Baca Juga : 5 Karakter Seorang Pembisnis Menurut Bob Sadino

6. Sebelum mati – bermanfaatlah

Kenapa kita sebelum mati harus bermanfaat, karena ketika kita mati dan kita belum melakukan hal yang bermanfaat bagi sesama maka amal apa yang akan kita dapatkan di akhirat. Karena sesungguhnya di akhirat kelak adalah kehidupan

Leave a Reply

%d bloggers like this: