Hukum Tidur Setelah Saur atau Seleteh Solat Subuh

  • Share

Paslen.com- Pasleners Tahu nggak sih hukum tidur setelah sahur atau setelah solat? Bloekalo setelah solat kata orangtua kita bilang nanti rezekinya di patokin ayam loh, pernah kan teman teman di bilangin gitu sama orang tua, tapi itu semata mata orang tua itu sayang sama kita agar kita punya energi fresh dan semangat terus dan menurut kesehatanpun nggak baik katanya.

Baca Juga Tidur Setelah Sahur Menurut Medis

Tidur adalah cara manusia untuk meningkatkan atau mengembalikan energi setelah seharian beraktivitas, terlebih saat ini memasuki bulan puasa. Kebiasaan yang terjadi, ada beberapa umat Muslim yang kembali tidur setelah selesai melakukan makan sahur. Atau, setelah menunaikan ibadah shalat Subuh, mereka kembali menarik selimut untuk memejamkan mata.

Terus, bagaimanakah hukum tidur setelah makan sahur dan shalat subuh?

Hukumnya makruh

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Surakarata Musta’in Ahmad mengatakan, tidur setelah shalat subuh sebenarnya tidak dilarang dan diperbolehkan. Namun, tidur setelah shalat Subuh sebaiknya tidak dilakukan karena hal itu termasuk makruh.

“Tidur setelah shalat Subuh hukumnya makruh atau sebaiknya dihindari,” kata Musta’in saat dihubungi Kompas.com, Minggu (10/5/2020). Lalu, mengenai tidur setelah makan sahur, Musta’in juga memaparkan bahwa hal itu tidak baik untuk kesehatan. Pasalnya, tidur setelah sahur sama dengan tidur setelah makan. “Bila sahurnya telah larut, maka dikhawatirkan Subuhnya kesiangan,” ujar Musta’in. dikutip dari kompas.com

Beberapa dalilnya

Rasulullah SAW bahkan secara khusus mendoakan waktu pagi kepada umatnya. Rasulullah SAW bersabda, “Ya Allah berkahilah untuk umatku waktu pagi mereka.” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa’i, Ibnu Majah).

Sementara itu, Ibnul Qayyim Al Jauziyah juga berkata tentang keutamaan awal hari dan makruhnya menyia-nyiakan waktu dengan tidur. Beliau berkata: “Termasuk hal yang makruh bagi mereka – yaitu orang shalih – adalah tidur antara shalat subuh dengan terbitnya matahari, karena waktu itu adalah waktu yang sangat berharga sekali.

” Dalam sebuah hadis riwayat al-Baihaqi dan Ibnu Hibban, suatu saat Rasulullah SAW mendapati Fatimah tengah tiduran usai shalat Subuh. Lalu Rasul berkata,”Wahai Fatimah bangun dan saksikanlah rezeki Tuhanmu dan jangan sampai masuk golongan orang lalai, karena sesungguhnya Allah membagi rezeki hamba-Nya sejak habis munculnya waktu fajar hingga terbit matahari.”

Baca Juga

Tidur Setelah Sahur Boleh Nggak Sih ?

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: