Ragam  

Kegiatan Positf Pada Saat Ramadan

Paslen.com – Pasleners apakah kamu seseorang yang kalo lagi puasa tidur tiduran terus? jika ia dan kamu merasa sangat bosan tidak ada kegiatan lagi paslen.com sekarang akan mengulas terkait dengan kegiatan positif saat ramadan. jadi menghadapi ramadan dengan kegiatan yang positif. selamat berpuasa buat kalian yang menjalankan ya Pasleners. Berpuasa disaat pandemi virus corona yang mengharuskan kita #dirumahaja ini mungkin akan terasa membosankan ya Pasleners. Nah, kali ini kita akan membahas kegiatan bermanfaat apa saja yang bisa kita lakukan dalam mengatasi kebosanan itu.

Bulan ramadhan sudah selayaknya diisi dengan kegiatan yang positif, halal, berpahala, dan bermanfaat untuk orang lain dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah dan menyempurnakan ibadah, bukan bulan yang dijadikan alasan untuk bersantai dan bermalasan, menurut berbagai sumber syariat islam berikut 7 kegiatan positif selama bulan Ramadhan yang bisa kita lakukan.

Inilah Kegiatan Positf Pada Saat Ramadan

  1. Tadarus
    Saat melaksanakan ibadah puasa, kegiatan bertadarus adalah pilihan yang tepat. Kalian bisa menghabiskan banyak waktu untuk bertadarus dan memahami Al Quran di waktu yang senggang. Kalian bisa memulainya dengan membuat daftar mengaji, hal itu dilakukan agar kalian dapat mengetahui jadwal rutin saat akan melakukan tadarus Al Quran. Kalian juga bisa mencatat, apa saja yang sudah dipelajari dalam Al Quran setiap harinya. Hal ini bukan hanya dapat menghabiskan waktu luang di rumah secara positif, tetapi kita juga bisa mendapatkan pahala karena telah melaksanakannya. Kalian bisa mengisi waktu tadarus setelah sholat subuh, sehabis dzuhur atau setelah sholat ashar. Kapanpun bisa kalian manfaatkan untuk melakukannya.
  1. Perbanyak Sholat Sunnah
    Saat kalian memiliki banyak waktu di rumah, ada baiknya untuk memperbanyak kegiatan sholat sunnah. Kalian bisa memulai dengan melakukan sholat sunnah dhuha sebanyak 2 rakaat, lalu besoknya bisa ditambah lagi 2 rakaat hingga batas kemampuan yang kalian miliki. Kalian juga bisa memulai untuk melakukan sholat tahajud di malam hari saat sebelum sahur. Bila terasa berat kalian bisa memulai dengan 2 rakaat terlebih dahulu. Masih banyak sholat sunnah yang dapat dilakukan sehari-hari selama melaksanakan ibadah puasa. Selain dapat mengisi waktu, kita juga akan mendapatkan pahala lebih dari Allah SWT bila mengerjakannya.
  2. Belajar Ilmu Agama dari Rumah
    Untuk memperdalam kembali kegiatan tadarus serta ibadah sholat, kita dapat mulai untuk belajar agama dari rumah. Banyak cara belajar agama dari rumah, dengan membaca buku atau mendengarkan ceramah dari ustadz-ustadz terkenal yang ada di media sosial. Sudah banyak ceramah yang online yang dilakukan oleh para ustadz-ustadz terbaik yang ada di Indonesia. Dengan mengisi kegiatan belajar ilmu agama, kita dapat mendapatkan ilmu lebih untuk memperdalam ibadah kita kepada Allah SWT.
  3. Bersih-Bersih Rumah
    Kebersihan sebagian dari iman, Allah SWT suka dengan hambanya yang bersih, Nabi Muhammad SAW pun menyukai kebersihan. Kita dapat melakukan kegiatan bersih-bersih rumah saat melaksanakan ibadah puasa. Bersih-bersih yang dimaksudkan di sini adalah membersihkan rumah secara menyeluruh ya Mboers. Kalian bisa menjemur sofa, mencuci gorden atau membersihkan rak-rak yang terlihat berdebu. Tak perlu dilakukan secara bersamaan, kalian bisa mencicil satu demi satu setiap harinya. Seperti hari ini kalian bisa memulai dengan menjemur sofa dan membersihkannya. Kalian juga bisa mengolesi minyak bila kursi tamu kalian terbuat dari kayu, agar terlihat baru kembali. Lalu hari selanjutnya, kalian bisa mencuci semua gorden yang ada di rumah agar tidak berdebu dan rumah terlihat bersih. Banyak hal yang bisa kalian bersihkan di rumah untuk menghabiskan waktu luang yang kalian miliki.
  4. Olahraga Ringan
    Kalian bisa lari-lari kecil di dalam rumah atau melakukan peregangan badan untuk mengeluarkan keringat. Kalau yang bisa yoga juga dapat melakukan gerakan yoga secara ringan dan tidak terlalu berlebihan. Kalian bisa melakukan olahraga pada pagi hari saat berjemur atau kalian bisa berolahraga saat sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa.
  5. Berkebun di Pekarangan Rumah
    Kalian bisa menanam dan merawat tanaman hias seperti kaktus, sukulen, bunga mawar, bunga matahari, dsb. Kalian juga bisa menanam dan merawat tanaman buah yang bisa ditanam di pot/polybag/pekarangan seperti stroberi, tomat, cabai, dsb. Kalian juga bisa menanam beberapa jenis sayuran seperti sawi, kangkung, bayam, dan sayuran lainnya, baik itu ditanam di tanah pekarangan rumah atau kalian juga bisa mencoba menanamnya secara hidroponik ya Mboers. Untuk tutorial menanam sayuran secara hidroponik sudah ada di postingan sebelumnya (beberapa bulan lalu) ya Mboers. Untuk kalian yang belum pernah mencoba menanam sayuran secara hidroponik, kalian bisa mempelajarinya melalui postingan sebelumnya ya Mboers. Kegiatan berkebun ini selain untuk mengatasi kebosanan kalian, tapi juga untuk mengeluarkan keringat kalian agar lebih sehat dan juga dapat mempercantik pekarangan rumah kalian serta kalian bisa mendapatkan buah dan sayur yang terjamin kebersihannya.
  6. Mencoba Resep Masakan
    Biasanya saat puasa nafsu makan dalam diri kita bertambah, ingin mencoba ini, ingin mencoba itu yang akhirnya saat mencari takjil semua diborong habis. Tetapi karena pandemi yang sedang terjadi, untuk membeli takjil atau melakukan kegiatan ngabuburit akan sangat sulit. Maka dari itu, untuk mengisi waktu luang kalian selama melaksanakan ibadah puasa, kalian bisa mencoba resep masakan-masakan baru yang ingin kalian lakukan. Selain dapat mengusir rasa bosan selama bulan puasa, kalian juga dapat memberikan makanan sehat untuk keluarga yang pasti terjamin kebersihannya.
  7. Berbagi Takjil
    Aktivitas terakhir yang dapat kita lakukan di saat melaksanakan ibadah puasa adalah dengan berbagi takjil. Walaupun sedang physical distancing, tetapi kita masih bisa kok berbagi dengan sesama. Dengan cara membagikan masakan yang telah kalian masak ke masjid-masjid yang ada di dekat rumah. Dengan begitu kalian bisa berbagi kepada orang-orang yang mencari bukaan di masjid-masjid, kalian juga bisa berbagi kepada penjaga dan juga marbot masjid. Memberikan makanan untuk seseorang yang berpuasa, pahalanya besar loh Mboers. Walaupun dalam keadaan seperti ini, kalian masih bisa berbagi kepada siapapun. Kalian juga bisa membagikan makanan yang kalian buat kepada para tetangga yang ada di sekeliling kalian.

Leave a Reply

%d bloggers like this: