Peluang Bisnis Saat Ramadan

  • Share

Paslen.com – Pasleners kamu ingin menjadi seorang pembisnis yang berhasil dan sukses, pastinya setiap seorang pembisnins memiliki keinginan sukses. dan tahukah kamu bisnis itu apa ? Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat.

Sebagian dari kita mungkin tengah mencari peluang usaha yang bisa dilakukan untuk menyambung hidup, bahkan terpaksa keluar rumah sebelum wabah mereda. Biasanya, saat ramadhan muncul berbagai peluang bisnis musiman yang bisa menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit. Masalahnya, saat ini mungkin banyak orang yang terhambat untuk memulai bisnis karena pertimbangan modal yang kecil.

Nah, ternyata ada jenis usaha saat ramadhan yang bisa di lakukan dengan modal kecil dan juga tetap bisa stay at home. Usaha apa sajakah itu? Yuk kita bahas satu persatu.

Catering Sahur & Buka Puasa yang Higienis

Pasleners untuk kamu yang menyukai dengan dunia masak memasak kamu bisa membuat bisnis kecil-kecilan ataupun bisa langsung besar besaran, diawali dengan bismillah mau bisnis semoga di lancarkan dan dilariskan. Walaupun telah di berlakukan PSBB dan juga himbauan untuk Work From Home, tetapi diam di rumah bukan berarti liburan. Orang-orang tetap harus bekerja, belajar dan melakukan aktifitas lainnya walaupun di rumah saja. Oleh karenanya pasti ada saja orang-orang yang tidak sempat memasak untuk makanan sahur ataupun berbuka puasa.

Tetapi dilematisnya, saat ini kita tidak bisa sembarangan membeli makanan jadi di luar. Sehingga banyak orang yang memilih makanan yang higienis dan sehat untuk di pesan. Nah ini bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda. Makanan higienis dan sehat bisa Anda pasarkan melalui bahan, proses mengolahnya maupun packagingnya.

Hanya saja, salah satu tantangan berbisnis catering adalah Anda harus cerdik dalam mengatur menu-menu yang berbeda saat sahur dan buka puasa. Hal ini supaya pelanggan tidak bosan dan tetap membeli catering Anda. Walaupun dengan modal awal yang kecil Anda bisa tetap menjual catering sahur dan buka puasa dengan menawarkannya lewat group whatsapp ataupun menjadi mitra gofood dan grabfood.

Jual Aneka Ta’jil di Rumah atau Delivery

Saat saat ramadan minuman yang bikin nyegerin adalah minuman yang banyak disukai oleh yang puasa, pasleners bisa memulai bisnis ini dari teman ke teman, dari group wa ke wa dan media sosial yang lainnya. Sama hal nya dengan usaha catering sahur dan buka puasa, menjual aneka ta’jil di bulan ramadhan adalah satu usaha yang kemungkinan akan tetap ramai di tengah pandemi. Karena ta’jil sangat di gemari masyarakat Indonesia sebagai makanan pembuka sebelum memakan makanan berat pada buka puasa.

Selain itu menjual ta’jil tidak perlu modal yang besar. Kolak pisang, es buah, es campur dan masih banyak ragam ta’jil yang bisa di jual. Anda bisa mencocokan jenis ta’jil yang ingin dijual dengan modal yang ada. Jika dulu para pelanggan ta’jil biasanya bisa mengantri dan berkerumun untuk membelinya, tapi saat ini hal tersebut sangatlah tidak aman.

Dibanding mengundang banyak orang ketempat Anda yang belum tentu tidak saling menularkan virus corona lebih baik memanfaatkan teknologi digital seperti menjadi mitra gofood atau grabfood. Jika tidak ingin menjadi mitra gofood atau grabfood Anda bisa menyediakan tempat duduk yang berjauhan untuk pelanggan.

Kemudian buat tulisan di sebuah kertas karton besar yang berisi aturan untuk berbaris dengan physical distancing untuk mengantisipasi adanya kerumunan.Anda juga menawarkan ta’jil di group whatsapp tetangga atau teman-teman sewilayah dengan ketentuan minimal pembelian dan menggunakan jasa ojol barang untuk mengantarkan ta’jil.

Menjual Minuman Rempah Kekinian

Selain berbuka dengan sop duah atau minuman buah buahan, ada juga yang suka dengan minuman rempah rempah yang menyegarkan dan menghangatkan, pasleners juga bisa menggunakan ide jualan bisnis ini.

Selain makanan yang higienis dan sehat, minuman rempah juga sangat diminati di masa pandemi. Hampir semua orang kini ingin agar imunitasnya tetap terjaga dan terhidar dari corona. Salah satu caranya adalah dengan meminum minuman herbal tradisional yang kaya manfaat untuk tubuh dan menjaga imun agar tetap kuat. Ada banyak sekali jenis minuman rempah seperti wedang jahe, bajigur, wedang uwuh, bir pletok, bandrek dll.

Apalagi saat berpuasa ramadhan, minuman herbal bisa jadi salah satu alternatif minuman ta’jil saat berbuka maupun di minum saat setelah santap sahur. Nah, saat ini Anda bisa mengemas minuman rempah/herbal dengan gaya kekinian. Misalnya mulai dari packaging yang menggunakan botol atau gelas plastik kekinian disertai logo dan nama-nama yang unik untuk minuman rempah tradisional yang Anda jual.

Dengan begitu, orang-orang akan lebih tertarik dan membantu pemasarannya agar lebih cepat. Karena selain manfaat di dalam minumannya, packaging dan nama merek yang kekinian membuat orang lebih cepat mengingatnya. Misalnya saja minuman jeruk nipis yang khas dari UKM di Kuningan Jawa Barat terkenal dengan nama Jeniper (Jeruk Nipis Peras). Anda juga bisa menamai minuman rempah Anda dengan nama yang unik.

Jualan Kurma Kiloan

Pasleners kamu ingin memulai bernisnis di bulan ramadan? kali ini kamu bisa menjadi enterprener yang menjual kurma kiloan. Kurma adalah buah yang sangat identik saat Ramadhan di Indonesia. Karena merupakan sunnah Nabi yang dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan apalagi saat berpuasa. Anda bisa menjual kurma kiloan dengan membelinya dari pedagang kurma besar. Biasanya harganya akan lebih murah.

Tidak perlu terlalu banyak, sesuaikan saja dengan modal yang Anda miliki. Anda bisa menambah stok kurma seiring larisnya kurma Anda. Mengenai cara penjualannya, Anda bisa menjualnya secara offline maupun online. Anda bisa berjualan kurma secara offline di rumah saja karena berjualan kurma secara offline kemungkinan tidak akan seramai berjualan ta’jil karena kurma bisa di beli langsung untuk stok.

Tapi di sisi lain karena pelanggannya tidak terlalu ramai secara offline maka menawarkan kurma lewat media sosial bisa jadi alternatif.Sedangkan untuk pengirimannya bisa menggunakan layanan antar barang ojol atau paket logistik.

Baca Juga

Usaha Kue Kering Online Sesuai Permintaan

Tidur Setelah Sahur Boleh Nggak Sih ?

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: