Perlengkapan Yang Pas Banget Untuk di Bawa Saat Liburan

  • Share

Paslen.com – Hai pasleners untuk kamu yang mau liburan, atau treveling terkadang suka bingung apa yang harus di bawa saat liburan. kali ini paslen akan mengingatkan kamu agar liburan kamu pas banget dan tanpa harus lupa bawa ini bawa itu, semoga tips dari paslen membatu kamu saat liburan.

Liburan jadi tambah enak kalo nggak ada yang ketinggalan, tanpa harus mampir dulu ke toko untuk mengharuskan apa yang harus kita beli , misalnya anduk nggak kebawa kan repot, haru beli dulu , ngantri dulu dan lain lainnya. jadi sebelum kamu bener bener pergi liburab harus di persiapkan dulu dari 1 hari sebelium keberangkatan , biar pas mau berangkat nggak riweh gituh yah.

Inilah Perlengkapan Yang Pas Banget Untuk di Bawa Saat Liburan

Uang dan Dokumen untuk keperluan tak terduga

Lengkapi dokumen kamu seperti KTP dan SIM, paspor dan visa jika dibutuhkan, tiket pesawat dan transportasi lainnya, serta bukti reservasi hotel. Jangan lupa juga untuk membawa salinan dokumen-dokumen tersebut dan simpan pada tempat terpisah. Pastikan kamu membawanya dengan aman, ada baiknya jika membawa tas kecil yang selalu melekat dengan kamu, untuk mempermudah pengawasan. Selain membawa dokumen fisik, kamu bisa scan dokumen tersebut menjadi digital dan menyimpannya di e-mail agar lebih praktis.

Selain itu, kamu juga harus membawa uang tunai lebih, untuk mencegah mencari ATM yang terlalu jauh dari lokasi kamu berada. Jadi jangan terlalu mengandalkan kartu ATM atau kartu kredit, karena nggak semua tempat menerima pembayaran dengan kartu kredit atau debit. Lebih baik menghindari daripada mengobati kan?

Tas / Koper / Ransel untuk semua perlengkapan

Memang semua orang yang berlibur sudah pasti akan membawa koper atau tas untuk menyimpan baju dan perlengkapan lainnya. Tapi, pastikan kamu memilih jenis tas atau koper yang sesuai dengan acara dan tujuan kamu berlibur.

Tentukan tas model apa yang kamu butuhkan selama traveling. Jenis tas ini ditentukan dari tipe, tujuan dan berapa lama waktu perjalanan kamu. Jika kamu berencana untuk backpacker, lebih baik membawa tas ransel dengan ukuran yang disesuaikan. Atau jika kamu memilih untuk menggunakan koper atau tas jinjing, sesuaikan juga dengan banyaknya barang bawaan kamu. Jangan lupa untuk menyisipkan tas lipat untuk digunakan saat ekplorasi tempat wisata.

Apapun tasnya, ada baiknya kamu memilih tas dengan warna terang supaya tas gampang untuk dikenali di pengambilan bagasi.

Pakaian Sesuai Musim Tujuan Liburan

Kenali lokasi tujuan kamu, sesuaikan pakaian yang kamu bawa dengan cuaca di sana. Biasanya jika akhir tahun beberapa bagian negara akan mengalami musim dingin, jadi persiapkan sweater, jacket, atau baju lengan panjang untuk melindungi tubuh kamu dari cuaca dingin, atau saat bepergian di malam hari.

Kamu juga bisa melengkapi pakaian musim dingin kamu dengan membawa syal, sarung tangan, kaos kaki, kupluk, atau pelindung telinga.

Namun jangan membawa pakaian terlalu banyak, yang pada akhirnya tidak sempat digunakan. Pilih pakaian dengan model dan warna yang dapat di mix & match. Pakaian tidur biasanya dapat digunakan untuk beberapa malam. Untuk pakaian dalam, kamu dapat membeli pakaian dalam disposable untuk mengurangi barang bawaan.

Sandal atau Sepatu nyaman

Kemana pun liburannya, pastikan kamu nggak lupa untuk membawa sandal atau sepatu nyaman cadangan. Bayangkan jika kamu ingin melihat-lihat dan harus berjalan jauh dengan menggunakan sepatu stylish yang sama sekali nggak nyaman?

Kamu hanya akan membebani diri kamu sendiri dan jalan-jalan pun nggak akan terasa asik ketika kamu terganggu seperti ini. Di pikiranmu pasti hanya ingin kembali ke hotel atau mampir ke supermarket untuk membeli sandal baru.

Nah, daripada membuang uang seperti ini lebih baik kamu bawa sandal cadangan dari awal. Apalagi kalau tempat yang kamu kunjungi melibatkan banyak pasir, bebatuan, atau hutan lindung. Berinvestasi pada sepatu yang bagus merupakan pilihan bijak.

Kamera

Untuk mengabadikan moment bahagia, jangan lupa untuk membawa kamera. Kamu bisa mengambil gambar di tempat mana saja yang kamu sudah datangi. Foto-foto tersebut bisa kamu simpan sebagai kenangan tersendiri untuk kamu di masa depan nanti. Jika kamu membawa kamera digital atau kamera SLR, jangan lupa untuk membawa perlengkapannya, seperti kabel penambah daya dan battery.

Namun jika kamu hanya mengandalkan kamera smartphone, jangan lupa juga untuk membawa perlengkapannya, seperti tongsis, handgrip shutter, under water case. Agar selfie atau wefie kamu tambah seru dan aman.

Travel Charger, Power Bank, Car Charger

Ketika sedang packing, ini mungkin adalah perlengkapan pertama yang kamu ingat. Bagaimana nggak? Kalau nggak ada charger, kamu nggak akan bisa memainkan HP kamu dengan leluasa.

Powerbank sangat dibutuhkan saat baterai handphone kamu habis di tengah perjalanan wisata mu dan tidak ada listrik untuk charger. Car Charger dibutuhkan jika kamu berwisata mengendarai mobil pribadi, alat ini diperlukan untuk mengisi daya baterai handphone kamu melalui daya listrik dari aki mobil.

Travel Charger juga sangat diperlukan, karena tidak semua colokan selalu universal atau support dengan device atau smartphone kamu. Apalagi terkadang hotel mempunyai jenis colokan yang tidak universal. Maka dari itu, kamu harus selalu membawa alat ini ketika kamu sedang berlibur, dimana pun itu.

Perlengkapan Sanitasi / Keperluan Pribadi

Untuk meringankan barang bawaan, kamu dapat memanfaatkan toiletries yang disediakan oleh beberapa hotel. Namun jika hotel yang dituju tidak menyediakan toiletries, kamu dapat membawa alat-alat sanitasi seperti sabun mandi, shampoo, sikat gigi, sabun pencuci muka dan lainnya dalam ukuran kecil dan ditempatkan pada satu tempat tahan air.

Bawa kosmetik dan aksesoris sesuai dengan kebutuhan kamu, simpan dalam kantong terpisah agar mudah diambil saat dibutuhkan. Untuk para wanita, jangan lupa untuk membawa pembalut wanita, untuk berjaga-jaga jika siklus kamu bergeser. Simpan semua keperluan pribadi dalam sebuah kantong terpisah agar lebih mudah dan praktis.

Obat-Obatan Pribadi

Jangan lupa juga untuk membawa obat-obatan pribadi, terlebih jika kamu memiliki penyakit khusus, seperti alergi atau asma. Selain itu lengkapi juga dengan obat anti-alergi, pereda nyeri, suplemen, P3K, serta minyak angin atau balsam. Meskipun kamu merasa sedang dalam kondisi fit, namun sebaiknya tetap membawa obat-obatan untuk berjaga-jaga.

Kacamata Hitam, biar tetap cool

Nah, ini dia perlengkapan yang perlu kamu bawa kemana saja tanpa membedakan apapun cuacanya. Memang kacamata hitam mampu melindungi kamu dari silaunya sinar matahari, tapi apakah kamu tahu kalau salju pun memantulkan 80% dari cahaya ultraviolet yang bisa merusak matamu? Bagi kamu yang ingin berlibur ke tempat bersalju seperti pegunungan di Papua, pastikan kamu juga membawa kacamata hitam.

Nggak hanya itu saja, kacamata hitam bisa kamu gunakan untuk melindungi kamu dari debu ketika kamu sedang berkendara. Kamu juga bisa mencegah sakit kepala dan migrain dengan kacamata hitam jika cuaca sedang terik-teriknya.

Headset, karena kamu butuh musik untuk menemanimu

Ini adalah salah satu perlengkapan wajib bawa ketika kamu sedang naik pesawat, apalagi kalau kamu melakukan penerbangan panjang. Daripada bosan merenung selama berjam-jam, lebih baik kamu isi waktumu dengan mendengarkan lagu di pesawat.

Kegunaan headset tidak hanya terbatas di pesawat saja, kamu bisa menggunakan headset ketika kamu sedagn melihat-lihat tempat sekitar. Mungkin kalau tidak ada perlengkapan ini kamu bisa merasa sangat bosan selama perjalanan kamu berganti area.

JANGAN LUPA TERSENYUM

WAJIB DIBAWA SAAT TRAVELING

Agar traveling semakin menyenangkan, semuanya haruslah dipersiapkan terlebih dahulu. Sesuaikan barang bawaan dengan tujuan dan kebutuhan selama traveling. Berikut adalah beberapa barang yang wajib dibawa.

TAS TRAVEL

Pastikan Anda memilih jenis tas yang sesuai. Jika berlibur lebih dari satu tempat, sebaiknya gunakan backpack. Jika membawa banyak peralatan seperti kamera, pakailah tas duffel. Jika hendak liburan cantik dengan membawa banyak pakaian dan sebagainya, gunakanlah koper beroda. Jangan lupa juga menyisipkan tas kecil untuk digunakan saat menjelajahi tempat wisata.

PAKAIAN

Bawalah pakaian yang sesuai dengan cuaca di tempat tujuan. Pilih pakaian dengan model dan warna yang dapat di mix & match. Pakaian tidur dapat digunakan beberapa malam. Bawa pakaian dalam secukupnya. Jangan lupa membawa jaket, sweater atau syal untuk mengantisipasi cuaca dingin. Tetapi ingat, jangan membawa pakaian terlalu banyak.

PERLENGKAPAN SANITASI

Alat-alat sanitasi seperti sabun, shampoo, sikat dan pasta gigi, sabun muka, atau sisir. Peralatan ini harus menjadi prioritas karena kebersihan di setiap tempat berbeda-beda. Simpan dalam tempat tahan air. Bawa kosmetik dan aksesoris sesuai dengan kebutuhan, simpan dalam kantong terpisah agar mudah diambil saat dibutuhkan.

OBAT-OBATAN

Obat-obatan seperti obat anti alergi, pereda nyeri, minyak angin, atau P3K sebaiknya dibawa meskipun Anda merasa fit untuk berjaga-jaga. Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi jika memiliki penyakit khusus.

PERANGKAT ELEKTRONIK, KAMERA & CHARGER

Ponsel dan kamera sebaiknya selalu dibawa untuk mengabadikan momen perjalanan Anda. Bawa juga charger, powerbank, dan plug converter jika pergi ke luar negeri. Maksimalkan fungsi smartphone untuk urusan pekerjaan, sebisa mungkin tidak perlu membawa laptop.

DOKUMEN

KTP, SIM, paspor dan visa (jika ke luar negeri), tiket perjalanan, bukti reservasi hotel, dan dokumen lainnya yang dirasa penting jangan sampai tertinggal. Jika perlu, buat salinan semua dokumen tersebut dan simpan di tempat terpisah. Untuk pengawasan lebih, ada baiknya disimpan dalam tas kecil yang selalu Anda bawa.

UANG TUNAI, KARTU ATM & KARTU KREDIT

Perhitungkan dengan cermat biaya yang dibutuhkan selama perjalanan. Uang tunai harus selalu dipersiapkan karena tidak di semua daerah terdapat mesin ATM. Jika pergi ke luar negeri, ada baiknya membawa mata uang negara yang dituju.

SANDAL ATAU SEPATU

Tidak ada salahnya untuk membawa sandal atau sepatu cadangan yang nyaman saat traveling. Apalagi jika tempat yang dikunjungi melibatkan banyak pasir, bebatuan, atau hutan. Sepatu sangat bermanfaat dalam kondisi ini. Namun jika hanya berjalan-jalan di perkotaan, pilihan sandal atau sepatu kets dirasa tepat.**

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: